Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

 

Judul

Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

Nama Jurnal

Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi (JMLT)

Volume dan halaman

Volume 5 No 1

Tahun

Mei 2019

Penulis

1.     Syafrianita

2.     Bima Septyawan

Reviewer

1.     King Fatih Al-Yasyid (182230208)

2.     Ana Amatul Sahiba (182230184)

3.     Chalista Via Ananda (182230101)

4.     Simon Chrisnoel Siahaan (182230257)

5.     Muhammad Refanshah Manggus (182230203)

Tanggal

28 Januari 2024

Latar belakang

Adanya permasalahan dalam pendistribusian bahan baku dan barang jadi, terutama dalam konteks transportasi di kota besar yang memiliki jumlah jalan yang banyak. Hal ini membuat perusahaan harus merencanakan dan menentukan rute uuntuk kendaraan dalam melakukan perjalanan dari tempat asal (supply) ke tujusn (demand) sehingga dapat meminimalkan jarak tempuh dan memastikan kebutuhan konsumen terpenuhi tepat pada waktunya serta menghasilkan biaya yang minimum. PT. Bandung Ice, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industry es, menghadapi tantangan serupa dalam pendistribusian produk es kristal mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menemukan solusi optimal dalam pengiriman produk yang dilakukan oleh PT. Bandung Ice dengan memperhatikan kapasitas angkut kendaraan dan biaya transportasi pendistribusian barang dari pabrik hingga ke tangan konsumen atau pelanggan.

Tujuan penelitian

Untuk mengetahui rute optimal dalam pengiriman produk yang dilakukan oleh PT. Bandung Ice dengan memperhatikan kapasitas angkut kendaraan dan mengetahui biaya transportasi pendistribusian barang dari pabrik hingga ke tangan konsumen atau pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk membantu PT. Bandung Ice dalam mengoptimalkan proses distribusi mereka dengan meminimalkan biaya dan memastikan pengiriman tepat waktu sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Metode Penelitian

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep Vehicle Routing Problem (VRP) dan metode Saving Matrix serta Nearest Neighbour dalam pengolahan data. Langkah langkah metode Saving Matrix dan Nearest Neighbour yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:

1.     Mengidentifikasi Matriks jarak dengan menentukan jarak antara pabrik ke masing masing konsumen dan jarak antar konsumen dengan menggunakan Google Maps untuk mendapatkan rute terdekat.

2.     Mengidentifikasi matriks penghematan dengan menggabungkan antar konsumen ke dalam satu rute dengan jarak pabrik ke konsumen dan antar konsumen.

3.     Penentuan rute sesuai dengan kapasitas kendaraan. Menggabungkan lokasi setiap rute dengan memperhatikan batas kapasitas armada.

4.     Menghitunf total jarak dengan menentukan total jarak yang ditempuh dalam rute yang telah ditentukan untuk pengiriman produk.

Hasil penelitian

Hasil penelitian ini adalah penentuan rute optimal untuk pengiriman produk yang dilakukan oleh PT. Bandung Ice dengan memperhatikan kapasitas angkut kendaraan dan biaya transportasi pendistribusian barang. Dengan menggunakan metode Saving Matrix dan Nearest Neighbour, penelitian berhasil menemukan rute yang efisien dan meminimalkan biaya distribusi. Total jarak yang ditempuh dalam rute yang telah ditentukan adalah sebesar 255.43 km, dengan memenuhi permintaan setiap outlet per harinya. Selain itu, biaya distribusi yang dihasilkan dari penelitian ini sebesar Rp. 373,468.71 per pengiriman per hari, yang lebih efisien dibandingkan dengan biaya distribusi yang dikeluarkan oleh perusahaan sebesar Rp. 418,771.02 per pengiriman per hari. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat membantu PT. Bandung Ice dalam mengoptimalkan biaya distribusi mereka dan meningkatkan efisiensi dalam proses pendistribusian produk es kristal.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

1.     Penentuan rute yang dilalui untuk memenuhi seluruh permintaan tiap outlet yang dilakukan PT. Bandung Ice kepada pelanggan (customer) dapat dilakukan dengan efisien menggunakan metode Saving Matrix dan Nearest Neighbour.

2.     Dengan menerapkan metode tersebut, PT. Bandung Ice dapat mengoptimalkan biaya distribusi mereka. Hasil penelitian ini lebih efisien disbanding dengan biaya distribusi yang dikeluarkan oleh perusahaan sebelumnya.

Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Saving Matrix dan Nearest Neighbour dapat membantu PT. Bandung Ice dalam mengoptimalkan rute pengiriman dan meminimalkan biaya distribusi mereka, sehingga meningkatkan efisiensi dalam proses pendistribusian produk es kristal.

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari penelitian ini adalah penggunaan metode Saving Matrix dan Nearest Neighbour yang dapat membantu dalam menentukan rute optimal untuk pengiriman produk dengan memperhatikan kapasitas angkut kendaraan dan meminimalkan biaya distribusi. Dengan metode ini, peneliti berhasil menemukan solusi yang efisien dan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan efisiensi produk distribusi PT. Bandung Ice.

Selain itu, penelitian ini juga memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana pengolahan data dilakukan dengan mnenggunakan konsep Vehicle Routing Problem (VRP) dan metode Saving Matrix serta Nearest Neighbour. Hal ini dapat menjadi referensi yang berguna bagi perusahaan lain yang ingin meningkatkan efisiensi dalam proses distribusi mereka.

Dengan demikian, kelebihan utama dari penelitian ini adalah memberikan solusi konkret dan implementasi yang dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan rute distribusi mereka dan mengurangi biaya operasional secara signifikan.

Kekurangan

Dari informasi yang tersedia, beberapa kekurangan potensial dari penelitian ini mungkin termasuk:

1.     Generalisasi hasil, penelitian ini mungkin sulit untuk secara langsung menggeneralisasikan hasilnya ke perusahaan distribusi lainnya karena karakteristik unik dari PT. Bandung Ice dan produk yang didistribusikan.

2.     Aspek lingkungan, penelitian ini mungkin idak mempertimbangkan secara mendalam dampak lingkungan dari rute distribusi yang diusulkan seperti emisi gas buang dan dampak lingkungan lainnya.

 Sumber:

Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi (JMLT)

Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.


About us : Kelompok 5

KingFatih Al-Yasyid (182230208)

AnaAmatul Sahiba (182230184)

ChalistaVia Ananda (182230101)

SimonChrisnoel Siahaan (182230257)

Muhammad Refanshah Manggus (182230203)

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...