Review Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi Kelompok 4 - 1LD

 REVIEW JURNAL


Implikasi Dan Peran Manajemen Pengetahuan Dan Business Intelligence Dalam Perusahaan: A Systematic Literature Review 


Judul                     : Implikasi Dan Peran Manajemen Pengetahuan Dan Business Intelligence Dalam                                       Perusahaan: A Systematic Literature Review

Jurnal                     : Manajemen Logistik dan Transportasi

Volume & Halaman    : Volume 8 no. 2

Tahun                     : 2023

Penulis                     : Moehamad Satiadharma

Reviewer                     : 1. Syarah Amalia

                                      2. Risma fauziah

                                      3. Nisrina Airnanda

                                      4. Dimas Abdurohim

                                      5. Aufa Hasan

Tanggal                     : 5 Januari 2024

Pendahuluan Saat ini organisasi perlu memaksimalkan dan bekerja secara efektif untuk pertumbuhan perekonomian, pembangunan nasional sercara mendukung kegiatan sosial-ekonomi. Dengan memakasimalkan kinerjaperusahaan,perusahaanturut andil dalam pemberantasan kemiskinan dengan cara menciptakan lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja (Saqib & Zarine, 2019). Kinerja perushaan dan organisasi yang baik dapat didukung dengan mengadaptasikan konsep manajemen pengetahuan serta intelejen bisnis. Manajeme pengetahuan merupakan konsep dinamis yang dapat menunjang kebangkitan kegiatan perekonomian (Furmankiewicz & Furmankiewicz, 2015). Sedangkan dengan adanya Intelijen Bisnis, dapat membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan, karena Intelijen Bisnis merupakan serangkaian teknik dan alat yang bertujuan untuk menyediakan analisis binis (Nasra Hamed ALSiyabi & Goel, 2020; Kasemsap, 2016).

Latar Belakang     :“Knowledge Management” dalam suatu organisasi lebih tergantung pada bentuk                                        kepemimpinan itu memandu jalannya perusahaan. Hubungan antara                                                         “Manajemen Pengetahuan” dan kepemimpinan menentukan tingkat kinerja                                               organisasi(Birasnav, 2014; Choughri, 2018). Tingkat kinerja organisasi dapat                                           dipengaruhi dengan manajemen pengetahuan karena dianggap sebagai salah                                           satu metode manajemen modern dan telah menjadi faktor yang mempengaruhi                                        keberhasilan dan keistimewaan organisasi, melalui perencanaan,                                                               pengorganisasian, dan koordinasi pengetahuan dan aset yang terkait dengan                                           modal pengetahuan     sebagai metode manajemen yang bergantung pada                                                   pembangunan basis pengetahuan dengan organisasi, atas dasar mengubah                                               informasi dan pengalaman yang dimiliki oleh organisasi dan karyawannya                                               menjadi bentuk digital yang dapat ditransfer dan  disimpan diantara karyawan                                           pada tingkat administrasi yang berbeda(Jassim&Abd,2020).

Masalah                     :Dari beberapa literatur memberikan penjelasan terkait bagaimana peran                                                     manajemen pengetahuan dan kecerdasan bisnisdalam organisasi, menjelaskan                                         bahwa kecerdasan bisnis dan manajemen pengetahuan memainkan peran yang                                         begitu penting, khususnya dalam memecahkan permasalahan bisnis.


Subjek Penelitian          : Perusahaan Petroleum Development Oman

Tujuan Penelitian          : Untuk mengetahui Bagaimana implikasi dan peran Knowledge Management                                            dan Business Intelligence (BI) dalam organisasi bisnis

Metodologi Penelitian  : Metode tinjauan pustaka secara sistematik (Systematic Literature Review)

Langkah- langkah penelitian : Perencanaan : menentukan  pertanyaan 

                                                  Konduksi      : menentukan strategi dan  data sintesis 

                                                  Report           : menulis report

Berdasarkan metodologi yang dijelaskan dalam jurnal, langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan kajian secara umum terhadap kondisi penyelenggara pos nasional, kemajuan teknologi         di era e-commerce, tren perubahan model bisnis penyelenggara pos, kondisi persaingan kiriman            barang melalui e-commerce, dan undang-undang terkait.

2. Menetapkan parameter persaingan penyelenggara pos, meliputi lingkungan internal terkait                    kapabilitas dan lingkungan eksternal terkait regulasi dan industri.

3. Melakukan pengumpulan data primer melalui survei dan wawancara, serta data sekunder dari                literatur dan dokumen terkait.

4. Menganalisis data yang terkumpul dari perspektif ekonomi untuk menilai kekuatan, kelemahan,            peluang dan ancaman. Juga dilakukan asesmen terhadap kapabilitas penyelenggara pos.

5. Menganalisis data dari perspektif hukum terkait peraturan perundang-undangan yang berlaku di            bidang pos dan persaingan usaha.

6. Menyusun peta kekuatan penyelenggara pos dan rekomendasi strategi pengendalian persaingan            serta kebijakan.

Jadi secara ringkas, langkah-langkah penelitiannya meliputi kajian awal, penentuan parameter, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan hasil akhir berupa peta kekuatan dan rekomendasi.


Kesimpulan    : Dengan menerapkan manajemen pengethuan dan kecerdasan bisnis pada perusahaan                               merupakan salah satu strategi seiringnya peningkatan dan persaingan teknologi dan                                 inovasi, para karyawan akan lebih termotivasi dalam bekerja dan menyelesaikan tugas                            dengan baik. Perusahaan yang mengintegrasikan manajemen pengetahuan dan                                          kecerdasan bisnis dalam perusahaan akan mampu membuat keputusan-keputusan yang
                          lebih efektif dan efisien.

Kekurangan : Jurnal ini tidak membahas hasil penelitian yang telah dilakukan.


LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...