Peran Car Racing di Bidang Logistik

Nama: Naufal Brotodikoro Achbar (182230079)

 


Saat deru mesin dan bau bensin memenuhi udara, Car Racing, kategori balap mobil  utama, memikat penonton di seluruh dunia. Namun yang mungkin tidak disadari oleh banyak penggemar Car Racing adalah bahwa di balik layar, logistik dan transportasi memainkan peran penting dalam memastikan sepeda motor dan pengendara tiba di setiap venue balapan dengan selamat dan tepat waktu. Kesuksesan balapan  Car Racing tak  lepas dari keinginan Dorna selaku  penyelenggara untuk memastikan segala sesuatunya berlangsung sesuai regulasi Car Racing saat ini.

 

 Selain itu,  negara penyelenggaranya lomba juga harus mempersiapkan fasilitas dan dukungan lainnya agar lomba dapat berjalan dengan lancar. Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam ajang balap besar seperti Car Racing adalah kebutuhan logistik, baik bagi tim balap maupun para pebalap, tim serta jurnalis yang  meliput balapan tersebut. Logistik sangat penting di Car Racing, karena tanpanya mustahil terselenggaranya kompetisi.

Logistik Car Racing

 


 Car Racing adalah seri balap global, dengan balapan berlangsung di berbagai lokasi di seluruh dunia. Hal ini menimbulkan tantangan logistik yang signifikan bagi tim karena mereka harus mengangkut mobil,  peralatan, dan personel dari satu lokasi ke lokasi lain dengan cepat dan efisien.

 

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi tim adalah jarak antar balapan. Misalnya balapan Car Racing  2023 yang akan berlangsung di Qatar, Indonesia, Thailand, Spanyol, Prancis, Italia, Catalonia, Jerman, Austria, Inggris, Belanda, St. Louis, dan St. Louis. Marin, Aragon, Jepang, Malaysia, Australia, Valencia (Spanyol). ) dan Portugal. Artinya tim harus menempuh jarak ribuan kilometer antar balapan, seringkali hanya dalam beberapa hari.

 

Untuk mobil biasanya dikirim melalui laut ke setiap lokasi balapan beberapa minggu sebelumnya untuk memungkinkan pengujian dan persiapan. Hal ini juga memungkinkan tim untuk menghindari tingginya biaya  yang terkait dengan angkutan udara untuk barang-barang berukuran besar seperti mobil dan peralatan.

Setelah sampai di lokasi perlombaan, Tim menggunakan transportasi Udara untuk mengangkut personel dan barang. barang-barang kecil seperti suku cadang dan peralatan. Hal ini memungkinkan mereka untuk segera sampai ke lintasan dan bersiap untuk sesi latihan.

Saat ini Dorna Sports bekerja sama dengan DHL dalam proses distribusi logistik car racing. Sebagaimana tercantum dalam situs resmi DHL, setiap tahun pada bulan Maret hingga November, DHL  berkeliling dunia mengirimkan logistik Car Racing dari putaran ke putaran, baik melalui  udara, darat, atau laut. . Total jarak tempuh logistik selama satu musim kompetisi bisa mencapai 90.000 km.

Sedangkan rata-rata berat logistik car racing  yang diangkut dari satu putaran ke putaran lainnya mencapai 385 ton. Jarak terjauh yang pernah ditempuh  logistik di car racing adalah 13.100 km, termasuk waktu pengiriman logistik  dari trek Losail, Qatar, ke trek AS.                      


Untuk logistik  udara, logistik biasanya dikirim dengan 4  pesawat kargo raksasa Boeing 747. Barang diangkut dengan pesawat kargo yang berisi 150 alat bongkar muat (ULD) atau kontainer, 800 bagian terpisah (BMW Safety Car).

                          

Sedangkan oli mesin sebanyak 1.400 liter akan diangkut melalui laut sebagai bahan bakar berupa oli dan ban. Barang-barang tersebut  hanya dapat dibuka oleh petugas bea cukai sebelum diturunkan oleh tim balap car

Logistik juga merupakan seni pengiriman barang dengan cara yang modern, dengan langkah-langkah dan fungsi yang berguna untuk mencapainya. tujuan tertentu. Ada empat tujuan  logistik yang membawa banyak manfaat bagi mereka yang membutuhkan.

 

1. Tujuan umum

Secara umum, logistik sangat berguna dalam menyediakan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang tepat dan dalam kondisi yang tepat dengan biaya yang terjangkau, pada waktu yang tepat. sekaligus menciptakan keuntungan bagi penyedia jasa logistik. Kegiatan logistik sendiri bertujuan untuk menyediakan barang yang tepat pada waktu dan tempat yang tepat.

 

2. Tujuan operasional

Tujuan operasional adalah tujuan pertama dari operasi logistik dimana jumlah barang yang disimpan harus cukup untuk memenuhi permintaan dalam beberapa hari ke depan. Setiap perusahaan logistik memiliki gudang yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar tidak terjadi kekurangan maupun kelebihan barang.

 

3. Tujuan finansial

Biaya logistik perjalanan dan tuntutan balapan di Car Racing sangat tinggi. Selama ini, masing-masing tim akan mempertimbangkan  biaya yang dikeluarkan untuk memindahkan barang dari satu rute ke rute lainnya. Oleh karena itu, mereka akan memilih pengiriman dengan sistem logistik yang lebih ekonomis dibandingkan jasa pengiriman  lainnya.

 

4. Tujuan Keamanan

Keamanan kargo merupakan prioritas utama bagi setiap tim balap, termasuk sepeda motor yang mereka bawa hingga garis finis. Untuk itu kami menggunakan jasa logistik dengan standar keselamatan yang tinggi dan ketat mulai dari  pengemasan, penyimpanan hingga pengiriman, selalu memastikan mobil dan barang-barang kebutuhan pengendara, jurnalis dan di Dorna selalu dalam kondisi baik tanpa kerusakan.

 


 

Kesimpulan

Singkatnya, logistik dan transportasi memegang peranan penting dalam seri balap Mobil. Sifat global dari seri ini menimbulkan tantangan yang signifikan bagi tim dalam hal manajemen jarak dan biaya. Namun, melalui solusi seperti pengiriman peti kemas dan kemitraan dengan penyedia logistik lokal, tim dapat mengatasi tantangan ini dengan lebih efektif sekaligus memastikan mobilr dan personel tiba di setiap lokasi lomba dengan aman dan tepat waktu. Seiring dengan semakin populernya Car Racing di seluruh dunia, akan menarik untuk melihat bagaimana logistik dan transportasi terus berkembang dalam acara olahraga yang menarik ini.

 

 

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...