TRAVELING KEDANAU TOBA

 

                                                   TRAVELING KE DANAU TOBA

                                


 

 

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Danau Toba ini terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau yang menyimpan berjuta pesona alam ini tentunya tak terlepas dari cerita sejarah di baliknya. Ya, sejarah mencatat bahwa danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi yang sangat super.Di balik cerita sejarah itu, kini danau Toba menjadi salah satu pusat destinasi yang wajib dikunjungi ketika berkunjung ke Sumatra Utara. Hal ini dikarenakan danau Toba memiliki daya tarik yang sangat luar biasa. Bahkan wisatawan tak hanya menikmati keindahan danau Toba saja. Melainkan kini sudah banyak ragam wisata danau toba yang bisa dinikmati dengan alamnya yang sangat indah.

Bila berkunjung ke Sumatera Utara, kurang lengkap rasanya bila tak berkunjung ke Danau Toba. Di balik keindahan danaunya, ternyata ada cerita dogeng di baliknya. Ya, cerita danau Toba dimulai dari suatu lembah di Sumatra Utara dengan aktor utama si petani pekerja keras dan putri ikan ajaib.Berdasarkan cerita sejarah dari ahli ilmu Geologi bahwa kawah dari danau Toba terbentuk karena terjadi letusan gunung berapi jenis super vulkanik yang terjadi sekitar berpuluh ribu tahun silam. Bahkan letusan tersebut tergolong sangat dahsyat apabila dibandingkan dengan letusan gunung berapi lainnya, dipercaya bahwa ledakan tersebut mencapai ribuan kali letusan. Dampak yang ditimbulkan dari letusan ini berpengaruh dengan iklim di seluruh dunia kala itu.Cerita legenda danau Toba kini sudah tersebar dan diketahui oleh orang di seluruh Indonesia. Kini danau Toba menjadi objek wisata yang sangat populer di Indoneisa. Ini merupakan danau indan nan luas, dengan pemandangan yang eksotis. Terdapat pulau Samosir di tengah danau Toba.Ada beberapa waktu yang paling tepat untuk mengunjungi danau Toba, namun semua itu kemabli dari tujuan wisatawan. Bila kamu ingin berlibur ke danau Toba untuk menikmati festival dan sebagainya, kamu bisa berkunjung ke sini pada bulan September hingga November. Maka kamu akan mendapatkan momen yang sangat berkesan.Tetapi bila kamu hanya ingin menikmati keindahan alam danau Toba saja, kamu bisa saja datang pada bulan Mei hingga September. Ini merupakan waktu yang tepat untuk menikmati indahnya alam wisata danau Toba, karena di bulan ini cuaca sedang masuk musim kemarau sehingga kamu dapat menikmati keindahan alam tanpa terganggu oleh turunnya hujan. Lokasi danau terbesar di Indonesia ini berada di tujuh kabupaten yang mengelilingi kawasan wisata danau Toba yakni kabupaten Tobasa, kabupaten Samosir, kabupaten Semalungun, kabupaten Dairi, kabupaten Tapanuli Utara, kabupaten Karo, dan kabupaten Humbang Hasundutan.

Kaldera Danau Toba merupakan salah satu warisan dunia yang sudah diakui oleh The United Nations Educational Scientific And Cultural Organization (UNESCO) pada 31 Agustus 2020 lalu. Namun tahukah detikers apa itu kaldera?
Secara umum, kaldera diartikan sebagai sebuah cekungan atau lubang besar yang diakibatkan oleh kosongnya ruang magma akibat letusan gunung api. Cekungan atau lubang besar ini dapat memiliki kedalaman yang lebih dari 2 km. Di Indonesia sendiri ada beberapa kaldera yang terbentuk akibat letusan gunung api. Kaldera Danau Toba merupakan kaldera yang paling besar di antara kaldera yang ada.

Objek Wisata Danau Toba Yang Direkomendasikan

Danau Toba yang terletak di provinsi Sumatera Utara merupakan destinasi wisata yang memadukan antara keindahan alam serta keunikan tradisi budaya. Baru-baru ini danau toba masuk sebagai satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP) oleh Kemenparekraf . Keindahan alam Danau Toba seringkali menjadi ikon pariwisata Indonesia. Danau Toba juga telah ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis pada 2 Juli 2020 lalu.Jika anda ingin berwisata ke danau toba, tetapi bingung mau menuju destinasi Objek Wisata Danau Toba yang mana, kamu dapat membaca rekomendasi tempat wisata yang berada di sekitar danau toba ini.

Berikut rekomendasi tempat wisata di danau toba Sumatera Utara yang dapat anda kunjungi saat berliburan:

Pulau Sibandang
Pulau yang lokasinya berhadapan dengan pantai Pulau Samosir ini memang masih belum banyak terekspose oleh media. Kondisi alamnya yang masih alami membuat pulau ini disebut sebagai tempat dimana para bidadari tertidur lelap. Ke arah manapun kamu memandang, Pulau Sibandang akan menyajikan panorama indah Danau Toba yang memikat hati. Pulau ini juga dikenal sebagai produsen mangga yang manis rasanya lho. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik kapal menyeberang Danau Toba.

Air Terjun Sipiso Piso
Objek Wisata Danau Toba Air Terjun Sipiso Piso terletak di muara Danau Toba di Desa Tongging. Air terjun ini memiliki tinggi 120 meter dan terletak 1300 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini mengalir ke bawah dan membentuk garis vertikal yang megah. Berkunjung ke Parapat tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Air Terjun Sipiso Piso.

Bukit Holbung
Jika tidak ingin mendaki Pusuk Buhit, Anda bisa mendaki bukit-bukit di sekitar Danau Toba yang tak kalah indahnya. Salah satunya adalah Bukit Holbung. Untuk mencapai bukit ini, Anda harus melewati pelabuhan Parapati Tiga Raja untuk mencapai Tomok, Samosir. Penduduk setempat membuat jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung. Kemiringannya sangat landai dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk mencapai puncaknya. Pemandangan dari atas bukit adalah pemandangan yang pasti tidak bisa Anda lupakan.

Rumah Pengasingan Bung Karno
Objek wisata ini terletak di Pantai Bebas Parapat, Girsang Simpang Bolon, Tiga Raja, Keci. Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Tempat ini sangat bagus untuk wisata sejarah dan pendidikan dan tentunya anda bisa berfoto selfie di tempat bersejarah ini.

Museum Huta Bolon Simanindo
Museum ini menyimpan berbagai artefak sejarah bagi masyarakat Batak. Anda juga dapat melihat rumah tradisional Batak yang utuh di sini. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan tari tradisional batak di depan rumah adat setiap hari.

Kursi Batu Raja Siallagan Di Desa Ambarita
Di sini Anda dapat melihat dan bahkan melangkah masuk ke dalam rumah adat Batak yang ikonik. Selain itu, Anda juga bisa melihat kursi batu Raja Siallagan yang berisi banyak cerita dan legenda. Hal lain yang bisa kamu nikmati di desa wisata ini adalah jajaran kain ulos yang dapat memikat hati!

Pertunjukan Tari Sigale Gale
Tempat wisata ini terletak di Tomok, Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Harga tiket untuk melihat pertunjukan budaya ini adalah Rp 5000/orang atau Rp. 150.000/rombongan. Disini anda juga dapat melihat dan singgah ke toko untuk membeli oleh-oleh dan kamu bisa selfie di tempat ini.

Desa Tuktuk Siadong

Bila kamu menginginkan liburan sambil mengenal serta merasakan seperti penduduk lokal, kamu bisa memilih wisata danau Toba dengan mengunjungi Desa Tuktuk Siadong. Di desa ini kamu bisa menginap atau hanya sekedar singgah untuk menikmati serta melihat aktivitas penduduk desa tersebut.

Di sini kamu bisa menikmati suasana menawan dengan panorama pinggir danau. Desa Tuktuk Siadong ini terletak di kecamatan Simanindo, kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Di sini kamu bisa melakukan berbagai aneka olahraga air yang seru seperti kano, jetski, waterbikes, atau hanya sekadar berenang dan memancing.

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Bila kamu tak menyukai wisata perbukitan atau sarana air, kamu bisa mengunjungi kebun bunga Sapo Juma Tongging. Sebenarnya Sapo Jumo ini merupakan sebuah penginapan yang ada di pinggir danau Toba. Namun beberapa belakangan ini, tempat wisata danau Toba ini ramai dikunjungi oleh wisatwan karena memiliki bunga-bunga yang cantik. Maka tak heran, banyak wisatwan yang berkunjung ke sini untuk mengabadikan keindahan bunga-bunga dengan berswafoto.

Untuk menikmati keindahan bunga-bunga yang ada di sini, kamu bisa menyusurinya hingga ke tengah karena sudah tersedia jalan setapak yang bisa dilewati. Jadi kamu bisa menikmati bunga-bunga yang cantik ini dari dekat ataupun berswafoto tanpa merusak tanamannya.

Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat merupakan sebuat tempat wisata danau Toba yang menyediakan pemandian air panas yang terdapat di lereng Gunung Pusuk Buhit. Aek Rangat ini letaknya di Pangururan, yang merupakan salah satu daerah dataran tinggi di Pulau Samosir yang beriklim sejuk. Jadi, apabila kamu sedang berada di sekitar daerah ini, kamu akan merasakan suasana sejuk dan bentang alam yang masih sangat alami.

Di sini kamu akan disajikan dengan pemandangan air pemandian yang putih keabu-abuan. Warna airnya yang menarik, membuat beberapa wisatwan berdecak kagum dan turut mengabadikan momen. Selain menikmati pemandian air panas, kamu juga bisa meilihat eksotika kawasan perkampungan etnis Batak yang masih mempertahankan tradisi dan budayanya.

 

TRANSPORTASI

Sebanyak 12 pelabuhan penyeberangan yang ada di kawasan Danau Toba akan dikembangkan yaitu : Pelabuhan Balige, Muara, Ambarita, Ajibata, Simanindo, Tigaras, Sipinggan, Onanrunggu, Onanbaru, Neinggolan, Pakkara, dan Marbuntoruan. Menhub yang tengah mempersiapkan kedatangan Presiden ke Danau Toba pada hari Senin (29/7) mengatakan, saat ini prioritas dari Pemerintah adalah memberikan dukungan di daerah Danau Toba untuk menjadi 10 Bali Baru sama seperti Labuan Bajo, Kuta Mandalika, Belitung, Kepulauan Seribu, Wakatobi, Tanjung Lesung, Morotai, Borobudur dan Bromo. Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, pihaknya membangun 5 kapal besar untuk melayani angkutan penyeberangan di Danau Toba. Satu diantaranya yaitu Kapal Motor Ihan Batak sudah siap digunakan setelah dua tahun proses pembangunan. Namun begitu, Menhub mengatakan akan tetap memperhatikan kapal-kapal kecil milik masyarakat. "Selain membangun 5 kapal, Kemenhub juga memberdayakan kapal disini. Ini bagian dari penghidupan masyarakat jadi kita harus perhatikan juga bahwa masyarakat tidak boleh tersingkirkan. Kita buat kapal-kapal besar tapi kapal kecil masyarakat tetap dioperasikan dengan memperhatikan aspek keselamatan," jelasnya. Menhub mengatakan pada tahun 2020, ditargetkan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di Danau Toba sudah siap semuanya. "Paling penting adalah kita memberikan prioritas kepada danau toba untuk menjadi bali baru. Kita lihat pembangunan sudah dua tahun ini kota lakukan. Kapal ikan batak sudah siap dan kita akan koordinasi dengan fungsi yang lain. Kita harapkan 2020 sudah siap semua," ungkap Menhub Budi. Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat memberikan dukungan transportasi darat untuk pengembangan KSPN Danau Toba, meliputi pembangunan 12 pelabuhan yang terdiri dari : satu pembangunan pelabuhan danau yang akan selesai tahun 2019, enam pembangan pelabuhan selesai tahun 2020, satu pelabuhan lanjutan dan empat pembangunan baru. Sedangkan untuk pengadaan kapal yaitu satu Kapal RO RO telah selesai tahun 2018, satu unit Kapal Ro Ro selesai tahun 2019, satu unit Kapal Ro Ro selesai tahun 2020 dan dua unit bus air selesai tahun 2020. Kemudian, pengadaan fasilitas perlengkapan jalan KSPN Danau Toba tahun 2019-2020 yaitu lingkar dalam Pulau Samosir, Ruas Jalan Kabanjehe-Sidikalang, Ruas Jalan Nasional di Kab. Simalungun dan Ruas Jalan D. Merangir- P. Siantar - Parapat. Selanjutnya, penyediaan delapan lintasan angkutan antarmoda dan fasilitas pendukung KSPN Danau Toba Tahun 2019 dan 2020.

PEMBAHASAN

Pariwisata berpengaruh kepada pengembangan suatu daerah dengan berbagai dampak yang ditimbulkannya. Pengembangan pariwisata di suatu daerah atau negara akan berpengaruh bagi kehidupan penduduk baik itu berdampak positif maupun berdampak negatif. Faktor-faktor, kehidupan yang dipengaruhi oleh perkembangan pariwisata meliputi berbagai aspek kehidupan seperti : aspek kondisi fisik, ekonomi, sosial, kebudayaan, kependudukan, dan aspek lainnya, faktor-faktor tersebut merupakan aspek-aspek bagi pengembangan wilayah. Hal ini mengakibatkan pengembangan pariwisata harus memaksimalkan dampak positifnya dan meminimalkan dampak negatifnya bagi aspek-aspek kehidupan yang terpengaruh agar pengembangan pariwisata membawa daerah tersebut dapat berkembang ke arah yang positif. Untuk mencapai kawasan Danau Toba dapat melalui jalur sirkulasi utama kawasan yaitu Medan – Tebing Tinggi – Siantar dan Parapat. Namun pada jalur tersebut termasuk jalur yang macet, sehingga dapat menganggu perjalanan wisata. Melalui jalur yang lain yaitu dari Medan – Berastagi – Samosir, memiliki jarak yang lebih jauh dengan kondisi jalan yang sempit dan kualitas jalan yang minim menjadi bahan pertimbangan bagi wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba. Berdasarkan kondisi tersebut dapat diketahui bahwa aksebilitas merupakan kelemahan utama dalam pencapaian pusat-pusat kegiatan pariwista di kawasan Danau Toba sekitarnya. Untuk itu diperlukan suatu sistem kemudahan dalam mencapai pusatpusat kegiatan pariwisata di Kawasan Danau Toba dengan memperbaiki sarana infrastuktur jalan yang lebih memadai dengan membuka jalan tol Medan – Parapat, sehingga jarak tempuh menjadi lebih singkat, sehingga akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Danau Toba. Disamping pembangunan jalan tol juga perlu dibenahi akses penerbangan.

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...