Eksplorasi Traveling Dalam Efisiensi Logistik

 Ekplorasi Traveling Dalam Efisiensi Logistik

Abstrak

 Traveling merupakan salah satu cara bagi orang-orang dalam mengatasi stres atau kegabutan mereka. Orang-orang cenderung melakukan traveling sebagai prioritas untuk rileksasi dan juga untuk membuat kenyamanan mereka sendiri.

Pendahuluan

Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau. kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.

Kelimutu merupakan gabungan kata dari "keli" yang berarti gunung dan kata "mutu" yang berarti mendidih. Menurut kepercayaan penduduk setempat, warna-warna pada danau Kelimutu memiliki arti masing-masing dan memiliki kekuatan alam yang sangat dahsyat.

Danau atau Tiwu Kelimutu di bagi atas tiga bagian yang sesuai dengan warna - warna yang ada di dalam danau. Danau berwarna biru atau "Tiwu Nuwa Muri Koo Fai" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal. Danau yang berwarna merah atau "Tiwu Ata Polo" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang yang telah meninggal dan selama ia hidup selalu melakukan kejahatan/tenung. Sedangkan danau berwarna putih atau "Tiwu Ata Mbupu" merupakan tempat berkumpulnya jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal.

Para penduduk di sekitar Danau Kelimutu percaya, bahwa pada saat danau berubah warna, mereka harus memberikan sesajen bagi arwah orang - orang yang telah meninggal.

Luas ketiga danau itu sekitar 1.051.000 meter persegi dengan volume air 1.292 juta meter kubik. Batas antar danau adalah dinding batu sempit yang mudah longsor. Dinding ini sangat terjal dengan sudut kemiringan 70 derajat. Ketinggian dinding danau berkisar antara 50 sampai 150 meter

Transportasi

Objek wisata Kelimutu sangat mudah dijangkau. Ada beberapa alternatif rute perjalanan ke Kelimutu yang dapat dilakukan baik dengan menggunakan transportasi darat, laut dan udara.Bagi pengunjung yang ingin melakukan perjalanan ke Taman Nasional Kelimutu dapat menikmati keindahan alam, seni budaya dan kehidupan sosial desa-desa tradisional sekitarnya seperti Woloara, Jopu, Ranggase, Koanara, Tenda,  Nuamulu dan Nggela.Selanjutnya, pengunjung dapat meneruskan perjalanan wisata ke tempat lain di kabupaten Ende untuk menikmati pantai-pantai wisata yang indah di pesisir utara dan selatan serta aneka atraksi wisata budayanya.Mari kita menempuh  jalur alternatif  ke Taman Nasional Kelimutu yaitu: :Tiba di bandara udara Haji Hasan Aroeboesman atau Pelabuhan Ippi dan Ende. Kita dapat bermalam di hotel-hotel yang ada seperti Hotel Dwi Putra, hotel Safari, hotel Mentari, Grand Wisata dan lainnya di seputaran kota Ende. Sebelum menuju Kelimutu, wisatawan dapat memperoleh informasi tentang objek wisata kota Ende dan sekitarnya di pusat informasi tentang objek-objek wisata kabupaten Ende, Jalan Soekarno no. 4 Ende, seperti informasi tentang Museum Bung Karno (rumah peninggalan Bung Karno selama masa pembuangan di Ende tahun 1934-1938), Pohon Sukun (tempat dimana Bung Karno merenungkan Pancasila),  makam ibu Amsi (mertua Bung Karno), Taman Kota Raja, Taman Rendo,  Museum Tenun Ikat,  Museum Bahari,  pantai MBu'u Nanganesa, Benteng Baranuri, sanggar seni serta mengunjungi tempat pembuatan tenun ikat di Woloare. Selain itu kita dapat membeli souvenir dan buah-buahan lokal seperti pisang baranga, mangga, nanas,  alpukat, lemon dan buah-buahan lainnya di pasar Mbongawani serta aneka souvenir cantik di Cendana Art Shop.

Dalam Konteks Logistik

Selain itu, pengelolaan logistik juga terkait dengan pengelolaan dan ditribusi barang-barang yang di perlukan dalam industri pariwisata. Hotel, restoran, dan toko-toko di sekitaran Danau Kelimutu perlu memastikan pasokan makanan, minuman, dan barang-barang lainnya yang tersedia dengan baik.Pengelolaan yang efisien dan terorganisir akan membantu menjaga layanan dan kebutuhan wisatwan. Dalam konteks logistik, peran teknologi juga sangat penting. Penggunaan sistem manajemen inventaris, perangkat lunak analitik, dan teknologi komunikasi membantu meningkatkan efisinsi dalam pengelolaan logistik.Mrengoptimalkan penggunaan teknologi dapat membantu mengurangi kesalahan, mempercepat proses, dan meningkatkan kepuasaan pelanggan

Tempat wisata sekitar Danau Kelimutu

1. Pantai Batu Biru

Pantai Batu Birumerupakan sebuah objek wisata pantai yang terletak di Penggajawa, Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.Pantai ini memiliki deburan ombak eksotis yang meikat para wisatawan untuk berkunjung.Flores merupakan suatu pulau yang menyimpan banyak destinasi wisata menarik. Seperti yang kita ketahui bahwa keajaiban dunia Danau Tiga Warna pun juga terdapat di Flores.

2.Air Terjun Murundao

Air Terjun Murundao adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Desa Koanara Kecamatan Kelimutu Kbupaten Ende. Jaraknya dari Ende ibukota Ende adalah sejauh 55 Km atau menempuh waktu 1 jam 30 menit perjalanan menggunakan angkutan darat.Ketinggian air terjun Murundao adalah 15 meter dan berada di lembah sebuah bukit. Memiliki kolam pemandian dengan air jernih dengan kedalaman 1 sampai dengan 2 meter sehingga aman untuk mandi atau aktifitas bermain air lainnya.Air terjun Murundao lokasinya tidak jauh dari Danau Kelimutu sehingga Air terjun Murundao biasanya sebelum atau sesudah ke Danau Kelimutu, para wiasatawan akan singgah di Air Terjun Murundao.

3.Rumah Adat Suku Lio



Rumah adat suku Ende Lio yang disebut Sa'o Ria , Tenda Bewa (Rumah adat, rumah leluhur) tempat kediaman tertua, dipercaya oleh masyarakat Lio sebagai rumah leluhur. Rumah adat ini menggambarkan nilai-nilai dan pandangan kepercayaan lokal.

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...