Tips merencanakan liburan

 


    

    Jika anda sedang merencanakan untuk liburan, sebaiknya rencanakan liburan dari sekarang. Perencanaan liburan yang baik dapat berdampak pada kegiatan liburan tersebut. Jika memiliki perencanaan yang baik, maka liburan akan terasa sangat menyenangkan. Sebaliknya, jika tidak memiliki perencanaan yang baik, maka liburan tersebut tidak memiliki tujuan.

          Berikut beberapa Tips untuk Merencanakan liburan.

  • Tujuan liburan.

    Tips yang pertama adalah anda harus memiliki tujuan untuk berlibur. Menentukan tujuan liburan lebih awal bisa mempersiapkan segala kebutuhan lainnya seperti logistik, tempat penginapan dan mempersiapkan anggaran.

  • Menentukan jenis liburan yang diinginkan.

    Jenis liburan yang dipilih sangat berpengaruh pada perencanaan, Terutama dalam menyiapkan anggaran, menentukan logistik yang diperlukan. Logistik yang diperlukan bila liburan dipantai tentunya sangat beda dengan di gunung.

  • Merencanakan Transportasi.
      Rencanakan transportasi apa yang ingin anda gunakan, perhatikan juga jarak perjalanan tersebut, jika akan berpergian ke luar negeri sebaiknya gunakan transportasi udara karena jika menggunakan transportasi yang lain mungkin akan membuang waktu perjalanan yang banyak.

  • Menyesuaikan waktu berlibur.
    Semakin sedikit waktu yang dimiliki, maka semakin dekat jarak untuk berlibur. Anda harus mempertimbangkan waktu yang anda miliki untuk beristirahat setelah melakukan perjalan yang melelahkan.

  • Mempersiapkan anggaran dan menyesuaikan dengan rencana awal.
    Tanpa memiliki anggaran, mungkin tidak akan bisa pergi untuk berlibur dan berkunjung ke salah satu lokasi wisata. Mempersiapkan dana atau biaya untuk berlibur perlu dilakukan jauh-jauh hari. Bila sebelumnya telah membuat perencanaan pengeluaran kebutuhan selama liburan, maka pada tahap ini anda bisa menyesuaikan target uang dengan berapa lama waktu liburan tersebut.

    Melakukan perjalan wisata sangat menyenangkan, setelah semua tips untuk merencanakan liburan sudah anda ketahui. Hal paling utama yaitu mempersiapkan barang kebutuhan yang paling penting secara matang. Berikut 5 hal yang harus dibawa saat pergi berlibur.

    1. Kartu identitas diri pribadi
    Jika anda ingin berlibur ke luar maupun dalam negeri, anda tidak boleh melewatkan atau meninggalkan kartu identitas diri seperti KTP. Pasalnya, dokumen ini sangat penting untuk memastikan identitas diri anda aman dan terlindungi. Anda bisa memprioritaskan keberadaan kartu identitas pribadi ini ke mana saja. Simpan denga naman pada dompet atau card holder. Setelah itu masukkan pada tas tangan atau tote bag yang dibawa.

    2.  Handphone
    Meskipun tidak semua orang memiliki smartphone modern, tetapi keberadaan handphone sangat membantu saat liburan. Selain untuk membagikan momen paling membahagiakan di sosial media, hanphone juga dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan teman/keluarga saat liburan.

    3. Perlengkapan pribadi
  Perlengkapan pribadi perlu dipersiapkan, anda bisa memperhitungkan kebutuhan perlengkapan pribadi sesuai dengan perkiraan waktu liburan yang ingin anda habiskan. Beberapa perlengkapan pribadi tidak boleh terlewatkan, seperti pakaian ganti, peralatan mandi, make up, parfum, dan berbagai kebutuhan lain.

    4. Snack ringan.
    Meskipun bisa mendapatkan aneka makanan ringan pada saat di perjalan Ketika liburan, mempersiapkan berbagai snack selama perjalanan tidak menjadi masalah. Sebab, bisa saja merasa lapar Ketika di perjalanan sedangkan kondisi masih jauh dari rumah makan.

    5. Obat-obatan
  Obat-obatan pribadi harus dipersiapkan selama pergi berlibur. Tujuannya untuk mengantisipiasi apabila selama liburan susah menemukan apotek. Simpan obat-obatan pada bagian depan atau samping tas agar mudah ditemukan pada saat dibutuhkan.

 Setelah mengetahui tips untuk mempersiapkan logistik untuk liburan, anda juga perlu mengetahui beberapa hal berikut untuk kententuan barang bawaan anda selama menggunakan transportasi untuk pergi berlibur.

    Untuk menjamin keamanan dan keselamatan penerbangan, terdapat peraturan-peraturan yang wajib dipatuhi oleh para penumpang pesawat udara, diantaranya tidak membawa benda/senjata tajam serta benda tumpul yang dapat menyembabkan potensi cidera bagi penumpang lain. Tidak membawa benda yang mengandung gas yang dapat memicu suatu ledakan pada suatu tekanan tertentu. Tidak membawa benda cair yang melebihi batas 100ml dalam suatu kemasan ke dalam kabin pesawat, sehingga perlu disimpan kedalam bagasi check-in, kecuali untuk makanan bayi atau obat-obatan yang harus dikonsumsi pada saat melakukan penerbangan.

   Pada kapal pelni, barang bawaan atau yang biasa disebut dengan bagasi memiliki ketentuan tersendiri. Barang bawaan penumpang yang beratnya tidak lebih dari 40kg tidak dikenakan biaya tambahan, sedangkan barang penumbang yang memiliki berat diatas 40kg penumpang akan dikenakan over bagasi. Dan over bagasi itu bisa langsung dilaporkan di terminal karena disana ada petugas yang bertugas untuk melaporkan bagasi yang berlebihan.

     Ketika menggunakan kereta api, tidak semua barang bisa dibawa sebagai bagasi. Barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa sebagai bagasi seperti Binatang, narkotika psikotropika/zat adiktif lainnya, senjata api dan tajam, barang yang mudah terbakar, dan barang yang berbau busuk/amis karena sifatnya dapat mengganggu kenyamanan pelanggan lain. Jika barang bawaan yang dibawa melebihi dari 40kg atau 200dm3 (70 cm x 48 cm x 60 cm) tidak diperbolehkan dibawa ke dalam kabin kereta dan disarankan menggunakan jasa pengiriman barang salah satunya anak usaha KAI yaitu KAI Logistik.

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...