Seni Fotografi Perjalanan: Mengabadikan Keindahan Kota Bandung

Sumber: Sudut-Kota-Bandung.jpg (728×455) (bloggerborneo.com)

Kota Bandung merupakan kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Medan. Kota ini sekaligus menjadi ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Kota ini mempunyai catatan penting yang pernah terjadi di Indonesia, yaitu sebagai tempat pertama kali berdirinya perguruan tinggi teknik (Technische Hoogeschool te Bandoeng) yang sekarang dikenal sebagai Insitut Teknologi Bandung (ITB). Tidak hanya itu, Bandung menjadi tempat terjadinya kebakaran besar pada 23 Maret 1946. Hal itu dilakukan untuk mencegah para sekutu yang ingin menggunakan Kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam perang Kemerdekaan Indonesia. Karena kejadian itu, Bandung mendapatkan julukan sebagai Bandung Lautan Api dan dibuatkan lagu oleh Ismail Marzuki dengan judul “Halo Halo Bandung” sebagai bentuk perjuangan rakyat Bandung dan menggambarkan peristiwa Bandung Lautan Api.

Nama “Bandung” menurut sejarahnya berasal dari kata bendung atau bendungan karena terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu. Waktu itu Bupati Bandung menggunakan kendaraan air yang diikat bersamaan yang disebut perahu bendung untuk menyusuri Citarum dan dari sinilah awal nama kota Bandung tercipta. Secara geografis Kota Bandung terlihat dikelilingi oleh pegunungan, hal ini memperkuat fakta bahwa dulunya Bandung merupakan sebuah danau atau telaga. Oleh karena itu, Bandung memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah dan selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang. Terdapat berbagai macam tempat yang pas untuk mengabadikan momen berharga di kota ini dengan spot foto yang aesthetic.

Tempat wisata yang wajib dikunjungi saat di Bandung:

1.   Forest Walk


Sumber: https://images.app.goo.gl/odUXLRiG8xDHMubBA

Forest Walk mempunyai fasilitas bagi para pengunjung untuk menikmati suasana hutan kota yang terbentang sejauh ± 700 kilometer. Disini para pengunjung akan disuguhi oleh banyaknya popohonan yang dibuat dengan konsep kelas dunia. Pengunjung yang datang kesini bisa merasakan udara segar di area hutan. Mereka bisa berolahraga ataupun menjadi tempat swafoto untuk mengabadikan momen saat berkujung ke Forest Walk.

1.                 2. Braga

Sumber: https://images.app.goo.gl/CLY3SMJbdKPqppMs5

Braga menjadi salah satu ikon yang ada di Kota Bandung. Di tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto karena mempunyai view foto yang bagus. Selain itu, Braga juga menjadi salah satu tempat wisata kuliner karena menyediakan berbagai macam makanan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Terdapat banyak restoran, bar coffe shop, sampai gedung-gedung lama sehingga cocok dijadikan tempat untuk mengambil foto karena tampilannya yang bagus.

1.                 3. Orchid Forest Cikole

Sumber: https://images.app.goo.gl/QXZKQRanQV8KBtZm7

Orchid Forest Cikole berada di Lembang, Bandung barat. Tempat wisata ini memiliki jarak tempuh sejauh 20 km dari pusat Kota Bandung. Tempat ini dinobatkan sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 12 hektar. Disini bukan hanya sekedar seperti hutan biasa, tapi terdapat berbagai yang menarik untuk mengabadikan momen seperti, Orchid House, Golden Pine, Wood Bridge, Taman Bermain Anak, Wahana Bermain, dan lain-lain.

        4. Bukit Moko

Sumber: https://images.app.goo.gl/uFkzWTAcqi8ghMPb7

Bukit Moko berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Udara di tempat ini sangat sejuk dan masih segar karena tidak terkena polusi udara. Disini para pengunjung bisa melihat sebuah menara yang berbentuk seperti bintang dan melihat indahnya Kota Bandung dari atas Bukit Moko untuk diabadikan.

        5. Fairy Garden

Sumber: https://images.app.goo.gl/mmHANR932DXjXHia8

Tempat wisata yang satu ini mengusung tema negeri dongeng. Para pengunjung yang datang kesini akan berada seperti di negeri dongeng, mulai dari bangunan, taman, wahana permainan, semuanya dibuat persis seperti negeri dongeng. Anak-anak akan menyukai tempat ini karena penuh dengan warna dan sering dijadikan tempat wisata keluarga. 

        6. Gunung Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung stratovolcano yang masih aktif. Tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata karena terkenal akan legenda Sangkuriang. Terdapat beberapa kawah yang bisa dilihat, seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas

        Transportasi di Bandung:

1.                         Pesawat

Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara menjadi salah satu tempat yang menghubungkan Kota Bandung dengan kota lainnya. Kapasitas terminal bandara sekarang dapat menampung hingga 3,4 juta penumpang setiap tahun, dengan baik di terminal domestik maupun internasional, dari kapasitas sebelumnya hanya 600.000 penumpang. Dengan adanya ini, mempermudah untuk melakukan perpindahan logistik dari satu tempat ke tempat lain.


1.                         Kereta Api

Kota Bandung memiliki dua stasiun kereta api utama, yaitu Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Stasiun Bandung melayani kereta api lokal dan kereta api antarkota kelas eksekutif dan campuran, sementara Stasiun Kiaracondong melayani kereta api antarkota kelas ekonomi.


1.                         Angkutan Kota

                  Masyarakat Bandung biasanya menggunakan angkot untuk pergi ke suatu tempat. Tidak hanya itu, ada juga sarana lain yang digunakan seperti taksi dan Trans Metro Bandung (TMB). TMB adalah inisiatif pemerintah Kota Bandung untuk menyediakan transportasi massal murah dengan fasilitas, kenyamanan, dan tepat waktu.

 

Kota Bandung memiliki berbagai tempat bersejarah dan masih berdiri sampai sekarang, seperti Museum Gedung Sate, Museum Geologi Bandung, Museum Barli, Gedung Merdeka, dan lain sebagainya. Di samping banyaknya tempat bersejarah, terdapat pula berbagai tempat rekreasi dan tempat wisata seperti yang ada pada penjelasan diatas. Deklarasi Pariwisata Bandung Raya adalah komitmen kolektif untuk meningkatkan potensi pariwisata di wilayah tersebut. Dengan bekerja sama, para pihak yang terlibat berharap dapat meningkatkan infrastruktur dan layanan pendukung bagi para wisatawan, mempromosikan daya tarik wisata yang beragam, dan menciptakan paket wisata yang lebih menarik.


About me:

https://s.id/Harkaffi-Wilmar

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...