Rookie Star: Tren Fashion Look in NewJeans K-Pop Era

 Rookie Star : Tren Fashion Look in NewJeans K-Pop Era

Penulis: Najwa Hayfa Amanda Mulud_182230181


Profil

NewJeans adalah sebuah grup idol K-Pop yang berasal dari korea Selatan. Girlband ini beranggota 5 orang terdiri dari Hanni, Minji, Danielle, Haerin, dan Hyein yang dibuat oleh independent label ADOR yaitu anak Perusahaan dari Hybe Corporation. NewJeans merupakan anggota generasi ke-4 dalam industri K-Pop. Grup ini telah memulai debut pada tanggal 22 Juli 2022 merilis single pertamanya Attention. Setelah itu pada tanggal 1 Agustus 2022 merilis mini album dengan judul NewJeans.

Dijuluki rookie Monster karena dikenal sebagai salah satu grup rookie yang sukses memecahkan rekor baru dengan jumlah pra-pesan album tertinggi dan sudah meraih penghargaan di acara musik di awal debut mereka. 

Sebelum mereka resmi debut, NewJeans telah menarik perhatian para penggemar K-pop karena dengan keunikan pada genre lagu-lagu yang dirilis, yang terkesan modern dan sangat easy listening. Dan juga konsep yang unik beda dari grup K-Pop Idol yang lain. NewJeans sangat dominan dengan konsep Y2K pada tren fashion dan NewJeans hadir dengan konsep fashion yang fresh dan edgy sebagai girl group muda. Kini NewJeans berhasil menjadi ‘kiblat’ fashion bagi para remaja dunia.

Outfit Look NewJeans

NewJeans telah menghadirkan kembali tren fashion gaya Y2K yang personal dan unik dari masing-masing member. Mulai dari konsep album, video album, tata rias, sampai gaya outfitnya seperti kembali ke tahun 2000an.

Ada lima tren gaya yang dihadirkan Kembali oleh NewJeans yang menjadi viral saat ini di kalangan remaja.

1.  Sporty Outfit


New jeans tampil dengan gaya sporty menggunakan kaus jersey dalam MV lagu Attention. Gaya fashion tersebut terkesan seperti oldie but goodie. Dengan sentuhan dari stylist, kaus jersey yang biasa mampu memberi kesan look yang cool fresh and young dengan kombinasi warna yang mencolok sehingga sangat cocok dipakai dan sesuai dengan umur para member NewJeans.

2. Denim Outfit



Sesuai dengan nama grup mereka yang iconic dengan outfit Jeans menjadi pilihan yang tepat dalam fashion style. NewJeans memilih tampilan minimalis dan klasik yang berbalut dengan outfit Denim jeans. Di zaman sekarang denim masih melekat dalam dunia fashion tidak akan pernah ketinggalan zaman seperti jaket denim, celana denim, rok denim, hingga tas denim juga menjadi hits di tahun 2023 ini.

3. Y2K fashion look


Fashion Y2K ini sangat diminati para remaja karena outfit ini bernuansa akhir tahun 90-an memasuki tahun 2000 yang identik dengan warna-warna cerah dan pakaian yang eksentrik.  Dikombinasikan dengan aksesoris seperti bandana, ikat rambut, gelang warna-warni, rambut dikepang, rambut keriting juga termasuk dalam ikonik tren fashion Y2K. Fashion Y2K juga akhir-akhir ini dipakai oleh para idol K-Pop yang terinspirasi dari NewJeans. Y2K juga jadi icon grup NewJeans.

4. Preppy Look


Preppy look merupakan gaya outfit yang terinspirasi dari pelajar amerika tahun 60a-an sampai 80-an. Gaya ini sangat identik dengan warna hitam outfit seperti pleated jaket, long outer, tartan skirt, atau biasanya disebut dengan gaya anak sekolah.

Konsep ini juga sudah lama ada namun Newjeans Kembali menghadirkan tren outfit ini sehingga outfit look Preppy Look yang dikenakan NewJeans terkesan fresh and catchy.

5. Black and White


Perpaduan dua warna netral ini memberikan kesan yang elegan, misterius, dan percaya diri. Pada outfit yang dikenakan NewJeans menambahkan aksesoris dan gaya rambut stylist agar tidak monoton. Black and white juga bisa dikombinasikan dengan pakaian yang warna netral yang cocok. Dan kini konsep ini selalu digunakan untuk gaya outfit minimalism.

Peran Logistik dalam dunia fashion

Logistic adalah aliran barang dari suatu titik asal yang berakhir pada titik konsumsi untuk memenuhi permintaan konsumen. Logistik dalam dunia fashion melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian aliran barang dari tahap produksi hingga konsumen akhir. Logistik juga memastikan produk mode sampai tepat wakrtu dan dalam keadaan yang baik, memainkan peran kunci dalam menjaga rantai pasok fashion agar tetap efisien dan respons terhadap perubahan tren dan permintaan pasar.

1. Logistik Pengadaan

Sistem logistik pengadaan mencakup beberapa bagian dalam pengelolaan yaitu pembelian, perencanaan produksi, manajemen inventaris, transportasi, dan pergudangan.

Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan mempertahankan otonomi perusahan, meminimaliskan biaya pengadaan serta memaksimalkan keamanan rantai pasok.

2. Logistik Produksi

Logistik produksi adalah bagian dari rantai pasok yang berhubungan dengan perencanaan, implementasi, dan pengendalian aliran bahan baku, dan produk jadi dalam proses produksi. 

Tujuannya untuk memastikan kelancaran dan efisien operasional dalam memproduksi barang.

Resiko logistik dalam industri fashion

1. Globalisasi

ketika Globalisasi menawarkan perusahaaan untuk menjangkau pelanggan baru, akan berdampak pada cara kerja dalam rantai pasokan dan menghadapi kompleksitas karena perlu ditingkatkan seluruh aspek bisnis untuk memenuhi permintaan.

2. Masalah prospek yang lebih pendek

Perusahaan terpaksa mengambil alih ke jalur minimalis karena umur pada barang yang jangka pendek dan ekpektasi pasar yang berubah seperti kasus kebutuhan pakaian pengiriman cepat. contohnya waktu yang singkat memungkinkan perusahaan dalam mempercepat pengiriman dan mempersingkat waktu dalam memenuhi pelanggan.

3. Barang fashion yang mudah rusak

Permasalahan utama dalam logistik fashion yaitu produk fashion yang mudah rusak. Akibatnya kebutuhan pelanggan yang sulitn diperkirakan dan waktu yang lama.

4. Fast Fashion atau mode cepat

Fast Fashion adalah bagaimana desain yang dikeluarkan dengan cepat dari runway untuk menghasilkan pola tren fashion terkini. biasanya disebut dengan peniru. konsep fast fashion ini ditampilkan pada runway show atau pada acara catwalk untuk meningkatkan area tertentu dari sistem logistik agar dapat berkembang.

Kesimpulan

Dalam dunia fashion yang berperan dalam logistik memiliki konsekuensi yang berpengaruh mudah rusak, kebutuhan tidak dapat diprediksi dan jadwal produksi. Maka dari itu industry fashion harus menentukan barang mana yang akan diproduksi dengan jangka waktu panjang sebab barang produksi fashion mudah rusak sehingga tren sering kali tidak dapat bertahan lama.


Sumber

https://www.beautynesia.id/fashion/mendadak-jadi-idola-baru-intip-6-gaya-dari-girl-group-newjeans-berikut/b-268706/2

https://www.idntimes.com/korea/kpop/senja-1/tren-gaya-newjeans-c1c2

https://fashinza-com.translate.goog/supply-chain/logistic/dangers-of-logistics-in-fashion-industry/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc&_x_tr_hist=true

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...