Review Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi Kelompok 2

REVIEW JURNAL 
PENGANTAR TEKNOLOGI DIGITAL 

(Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Digital)





Disusun Oleh Kelompok 2:

Widia Asih (182230172)
   Ridho Ananda (182230151)
Tiffany Christiani (182230165)
Hardiansyah Prayoga (182230215)


PROGRAM STUDI MANAJEMEN LOGISIK 
UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL
2023

1. IDENTITAS JURNAL

Judul

: Implementasi Model Berlian Porter Dalam Penyusunan Strategi Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Jurnal

: Jurnal Manajemen Logistik Dan Transportasi

Volume dan Halaman

: Volume 9 No 1

Tahun

: Tahun 2023

Penulis

: 1. Budi Nur Siswanto

  2. Nurlaela Kumaladewi

  3. Ilhaam Dwi Prasetyo

Reviewer

: 1. Widia Asih 

  2. Ridho Ananda

  3. Tiffany Christiani 

  4. Hardiansyah Prayoga 

Tanggal

:28 Desember 2023

Sumber Jurnal

: https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/index

Subjek Penelitian

: PT POS INDONESIA


2. TUJUAN PENELITIAN 
    Menganalisis Faktor- faktor yang menyebabkan keuntungan PT Pos Indonesia menurun dan keunggulan yang dimiliki PT Pos Indonesia yang tidak dimiliki pesaingnya untuk dimaksimalkan dengan tujuan strategi yang dapat menambahkan keuntungan perusahaan.

3. METODOLOGI PENELITIAN
     Menemukan hasil dari masalah tertentu, dimana masalah tersebut disebut permasalahan penelitian. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah untuk memperoleh data analisis teoritis dari suatucara atau metode. Juga penyelidikan yang terstruktur guna mengumpulkan sesuatu pengetahuan. Analisis faktor internal dan faktor eksternal menggunakan matrik SWOT dengan dukungan data dari faktor- faktor yang di deskripsikan dengan menggunakan Diamond Porter Model, dan gambaran umum portofolio PT POS dengan para pesaing menggunakan BCG Matriks.

4. ISI REVIEW
    PT Pos Indonesia selama masa pandemi covid-19 mencatat kinerja yang kurang baik sehingga tedapat penurunan pendapatan sebesar 15% dibandingkan sebelum masa pandemi. Penurunan ini terjadi disebabkan daya saing perusahaan kalah dibanding pesaing yang bergerak dibidang yang sama. Faktor penyebab menurunya daya saing perusahaan adalah adanya oknum karyawan yang sengaja terlambat datang, konsumen mendapatkan pengalaman yang kurang memuaskan dari pelayanan yang diberikan, terlambatnya barang yang dikirim, banyaknya pesaing yang bergerak pada industri yang sama, tidak melakukan promosi perusahaan, tidak lagi melakukan sponsor, dan pesaing memberikan banyak promo kepada konsumen. 

    Analisis SWOT merupakan metode sistematis guna mengenali faktor serta mengvisualkan kondisi dimana organisasi atau perusahaan berada.   Perencanaan Strategis digunakan untuk mengoptimalkan faktor yang ada di dalam yaitu kekuatan dan peluang, dan pada saat bersamaan waktu bisa mengurangi faktor dari luar yaitu kelemahan dan ancaman. SWOT bertujuan untuk membangun nilai positif perusahaan, melakukan promosi pada produk yang ada dan melakukan inovasi- inovasi baru serta melakukan tindakan tegas kepada pelanggar SOP.

    Matriks BCG digunakan untuk menentukan produk mana yang akan diprioritaskan dalam bauran produk perusahaan dan untuk mendapatkan dana dan perhatian tambahan. Matriks BCG bertujuan untuk meningkatkan atau menjaga pangsa pasar yang ada dengan melakukan promosi untuk stars dan usulan strategi yang diberikan yaitu pengembangan produk untuk mempertahankannya agar tetap berjalan dan melakukan penciutan atau divestasi jika kondisi produk melemah untuk cash cows

5. KESIMPULAN
    Kesimpulan yang bisa diambil adalah berdasarkan analisis pengolahan data didapatkan faktor- faktor yang menyebabkan daya saing PT Pos Indonesia menurun yang didominasi oleh sumber daya manusia yang masih kurang kesadarannya akan SOP yang diterapkan pada perusahaan. Matriks SWOT digunakan untuk membangun nilai positif perusahaan dengan melakukan promosi pada produk yang ada, melakukan inovasi- inovasi baru serta melakukan tinddakan tegas kepada pelanggar SOP. Pada Matriks BCG usulan strategi yang didapat adalah diperuntukan produk yang disajikan oleh PT Pos Indonesia yang berada pada kategori stars dan cash cows.
    
LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...