REVIEW JURNAL KELOMPOK G KELAS 1LB

Reviewer:

1.     Clara Loviyani (182230064@std.ulbi.ac.id)
2.     Estu Hafiz Pamungkas (182230135@std.ulbi.ac.id)
3.     Syamza Hawa Uzlah (182230036@std.ulbi.ac.id)
4.     Rawindradithya Padmanagara (182230162@std.ulbi.ac.id)

Judul

ANALISIS SISTEM DINAMIK PERSEDIAAN GARAM PADA CV. RAJA BAROKAH

Jurnal

Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi

Volume & Halaman 

Volume 6, Nomor 1 (Mei 2020)

Tahun Terbit

2020

Penulis

Yodi Nurdiansyah, Jihan Hanifah Salma, Singgih Rizkya Ndaru

Reviewer

             Clara Loviyani (182230064)

        Syamza Hawa Uzlah (182230036)

        Estu Hafiz Pamungkas (182230135)

        Rawindradithya Padmanagara (182230162)

Link E-Jurnal

https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/108/73

Abstrak

Jumlah penduduk yang bertambah membuat permasalahan seperti kelebihan persediaan masih dapat terjadi pada perusahaan penyuplai garam. Salah satu perusahaan yang memiliki permasalahan ini adalah CV.  Raja  Barokah  yang  bergerak  di bidang distribusi  garam  domestik.

Permasalahan

Permasalahan yang dibahas dalam artikel ini adalah untuk mengatasi permasalahan penumpukan stok yang berlebihan (overstock) pada sistem persediaan garam di CV. Raja Barokah yang dipengaruhi oleh permintaan bulanan.

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian dalam artikel jurnal ini adalah untuk membuat model simulasi dinamis ketersediaan garam dan merancang skenario untuk mengurangi risiko kelebihan persediaan. Penelitian ini juga menekankan pentingnya memahami dinamika sistem dan perlunya pengendalian persediaan yang efektif untuk menyeimbangkan pasokan dan permintaan konsumen

Sumber Data

Sumber data diambil dari survey Pustaka mengenai persediaan, distribusi, dinamika sistem dan model, survey dilakukan dengan mewawancarai pimpinan unit distribusi dan admin gudang.

Metode Penelitian

Metodologi penelitian meliputi tinjauan literatur untuk memahami inventaris, distribusi, dinamika sistem, dan pemodelan simulasi. Fase pemodelan dinamis melibatkan identifikasi variabel dan parameter sistem pasokan dan distribusi garam, yang digunakan sebagai acuan dalam skenario pengambilan keputusan. Penelitian ini juga menggunakan diagram causal loop untuk memvisualisasikan keterkaitan dan umpan balik variabel-variabel dalam sistem inventarisasi garam. Perangkat lunak pemodelan Anylogic digunakan untuk mengembangkan model dan membuat diagram aliran stok berdasarkan diagram lingkaran sebab akibat Model tersebut kemudian diverifikasi dan divalidasi untuk memastikan keakuratan dan konsistensi logisnya dengan sistem sebenarnya Terakhir, penelitian ini mencakup analisis dan perancangan skenario, dengan tiga skenario yang diusulkan untuk meminimalkan risiko kelebihan stok.

Hasil Penelitian

Penelitian ini diakhiri dengan mengusulkan tiga skenario untuk meminimalkan risiko kelebihan stok, dengan skenario yang dipilih adalah skenario pertama. Skenario pertama yang dirancang adalah pendalaman wilayah distribusi garam, dimana sisa stock di  gudang  pada  akhir  simulasi  berada  di  angka  2.489  bal. Studi ini menekankan pentingnya memahami dinamika sistem dan perlunya pengendalian persediaan yang efektif untuk menyeimbangkan pasokan dan permintaan konsumen Penelitian ini juga menyoroti kemungkinan mengurangi akumulasi stok yang berlebihan.

Kelebihan Penelitian

Pada penelitian dalam jurnal astikel ini memiliki beberapa kelebihan. Pertama, penelitian ini menyajikan metodologi komprehensif yang mencakup pemodelan dinamis, diagram causal loop, dan analisis skenario untuk mengatasi permasalahan penumpukan stok berlebihan pada sistem persediaan garam di CV. Raja Barokah. Selain itu, penelitian ini memberikan analisis rinci mengenai diagram causal loop dan implikasinya terhadap sistem persediaan garam di CV. Raja Barokah Studi ini juga menyoroti kemungkinan mengurangi akumulasi stok yang berlebihan, sehingga menawarkan solusi potensial untuk meminimalkan risiko kelebihan stok

Kekurangan

Artikel jurnal di penelitian ini ada beberapa yang perlu diperhatikan. Pertama, penelitian ini kurang memberikan penjelasan rinci tentang keterbatasan dan potensi tantangan yang dihadapi selama analisis sistem dinamis dan pemodelan simulasi. Studi ini tidak membahas secara mendalam implikasi jangka panjang dari masalah kelebihan stok, seperti potensi penurunan basis pelanggan dan hambatan terhadap perputaran modal bulanan. Penelitian ini dapat mengambil manfaat dari eksplorasi yang lebih komprehensif mengenai dampak jangka pendek dari kelebihan persediaan, termasuk potensi kerugian finansial dan beban biaya penyimpanan.


LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...