Review Artikel Jurnal Kelompok F - 1LB

 

Nama Reviewer:
  1. Brigitta Nelvina Hardi Utomo - 182230043@std.ulbi.ac.id
  2. Putri Fauziah - 182230009@std.ulbi.ac.id
  3. Muhammad Hanif Al Fakhri- 182230083@std.ulbi.ac.id
  4. Syawal Ibrahim Hakim - 182230150@std.ulbi.ac.id
Jurusan / Semester    : Manajemen Logistik / I
Pelajaran                   : Pengantar Teknologi Digital 
Dosen Pengampu      : Yoseph Sunardi, S.E, M.T. 

REVIEW ARTIKEL



A. Identitas Jurnal

      Adapun identitas artikel dalam jurnal tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Judul    :"Penerapan Enterpise Resources Planning Dalam Efisiensi Pencatatan Penjualan Pada UMKM Warung Ayam Geprek Rasha"
    2. Jurnal   : Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi (JMLT)
    3. Volume : Volume 9 No 2
    4. Tahun   : 2023
    5. Penulis : Krisnawanti, Siti Fatimah Azzahra, Rio Fajar Ananda Mahmud, Dani Zaelani, Aimam Afdillah

B. Hasil Review

  • Abstrak
UMKM Ayam Geprek Rasha adalah sebuah usaha yang bergerak pada bidang makanan cepat saji khususnya ayam geprek. Seiring dengan berjalannya waktu ditemukan beberapa permasalahan dalam mencatat dan mengelolan penjualan mereka secar efisien. Pencacatan yang digunakan oleh usaha ini masih manual sehingga mengakibatkan adanya potensi kesalahan, lambatnya proses bisnis, dan ketidakakuratan informasi. Berdasarkan hasil analisis tersebut, penulis mengusulkan implementasi sistem Enterpise Resource Planning (ERP) menggunakan strategi Big-Bang. Implementasi sistem ERP diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pencatatan penjualan dan proses bisnis secara keseluhan. Dengan adanya sistem ERP, Ayam Geprek Rasha dapat mengintegrasikan berbagai proses bisnis dan memberikan informasi yang lebih baik dan akurat kepada manajemen. 

  • Subjek Penelitian

Subjek penelitiannya yaitu UMKM Ayam Geprek Rasha yang berlokasi di Jl. Sari Asih, Sarijadi Kota Bandung Jawa Barat. 

  • Pengantar

UMKM merupakan sektor penting bagi perekonomian suatu negara.  Salah satu UMKM populer di Indonesia saat ini adalah penjualan ayam geprek. Ayam geprek merupakan makanan yang terbuat dari ayam yang ditumbuk halus dan dilumuri dengan sambal. Pengusaha penjual ayam geprek termasuk UMKM berskala kecil, salah satu contohnya yaitu Warung Geprek Rasha. Warung geprek ini terkenal dengan menu ayam geprek dengan harga Rp 10.000 sehingga mahasiswa suka mengunjungi warung ini. Dalam penelitian ini, masalah utama dalam warung geprek rasha yaitu mengenai pencatatan yang masih dilakukan secara manual, kemudian oleh peneliti permasalahan yang terjadi di warung geprek rasha digambarkan dalam tabel fishbone diagram sehingga didapatkan beberapa faktor yang berkaitan dengan sistem pencatatan yang tidak optimal yaitu pencatatan dilakukan secara acak, tidak menggunakan SOP, pencatatan masih dilakukan secara manual, pekerja kurang memahami teknologi, tidak ada pengadaan bahan baku, pencatatan persediaan tidak dilakukan, ketidakmampuan mengukur atau memantau kinerja operasional, kesalagan dalam pengambilan keputusan, dan faktor cuaca. Dalam penelitian ini, peneliti mengusulkan implementasi sistem ERP. Dikarenakan belum ada yang melakukan penelitian sistem ERP jenis warung makan geprek, maka peneliti mencoba menerapkan implementasi sistem ERP pada Warung Ayam Geprek Rasha. 

  • Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memudahkan proses pencatatan, laporan penjualan mengatur stok, dan mengembangkan usaha untuk membuka cabang baru dengan menggunakan Software Odoo 14.0. Implementasi ERP dengan menggunakan Software Odoo 14.0 dapat membuat sistem menjadi lebih terintegrasi dan pencapaiannya menjadi optimal. Selain itu, nantinya dengan menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning), Warung Rasha dapat mengintegrasikan seluruh aspek operasional mereka, termasuk manajemen persediaan, produksi, distribusi, dan keuangan  sehingga dapat dapat membantu Warung Rasha untuk memperoleh visibilitas yang lebih baik terhadap seluruh operasional usaha mereka, sehingga mereka dapat mengambil keputusan yang lebih cepat dan akurat.

  • Metodologi Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap Mengidentifikasi Masalah, Menentukan Tujuan Penelitian, Pengumpulan Data, Pengolahan Data, Pembahasan dan Analisa, dan tahap kesimpulan dan saran. Tahap mengidentifikasi masalah dilakukan untuk mengetahui situasi dan kondisi berdasarkan fakta dan teori yang berhubungan dengan penelitian. Setelah melakukan pengamatan pada objek yang diteliti maupun wawancara terhadap pihak terkait, maka suatu permasalahan dapat dikenal. Pada penelitian ini, identifikasi masalah dilakukan dengan melakukan Studi Literature dan Studi Lapangan dengan Observasi, Wawancara, Pengumpulan Data dan Analisis pesaing. Tahap Analisis data dilakuakn pada setiap modul penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini akan membantu memberikan saran kepada pemilik warung rasha agar mampu bersaing dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Tahap terakhir yaitu pengambilan kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan langkah untuk menjawab rumusan masalah, dan menjadi langkah terakhir dalam penelitian. Kesimpulan dalam penelitian harus dibahas secara logis, karena mencakup keseluruhan hasil yang didapatkan pada penelitian, untuk menjawab permasalahan yang ada pada rumusan masalah. 

  • Hasil Penelitian

Hasil dari penelitian ini yaitu dapat dilihat dalam implementasi ERP pada Warung Ayam Geprek Rasha  dengan menggunakan aplikasi Odoo 14.0 yang digunakan untuk mengelola sumber daya perusahaan, aplikasi ini terdiri dari banyak modul dan pada penelitian ini, peneliti peneliti menggunakan 4 modul yang terdiri dari Modul Manufacture, Modul Purchase, Modul Inventory, dan Modul Sales. Dengan adanya implementasi ERP sangat memberikan manfaat bagi Warung Rasha, diantaranya dalam sistem penjualan, yang mengurangi kesalahan manusia dan mempercepat proses pencatatan. Secara keseluruhan, implementasi ERP dengan modul Manufacture, Purchase, Inventory, dan Sales diharapkan memberikan berbagai manfaat.

  • Kesimpulan

Artikel dalam jurnal ini dapat disimpulkan bahwa teknologi sangatlah berperan penting dalam dunia bisnis saat ini. Mengingat bahwa pencatatan di Warung Rasha masih dilakukan secara manual, ada masalah dalam proses pencatatan yang perlu diperhatikan. Pencatatan manual membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar, rentan terhadap kesalahan, dan menimbulkan risiko kehilangan atau kerusakan data. Oleh karena itu, solusi yang lebih efisien dan terstruktur, seperti penerapan sistem ERP, diperlukan untuk mengatasi masalah ini dan meningkatkan efisiensi dan keakuratan proses pencatatan di Warung Rasha. UMKM Geprek Warung Rasha harus mempertimbangkan untuk menggunakan modul Odoo ERP lainnya, seperti modul Akuntansi dan Pelaporan Keuangan. Dengan memanfaatkan modul ini, mereka dapat memiliki visibilitas keuangan yang lebih baik, melacak arus kas, dan menghasilkan laporan keuangan yang lebih akurat. Selain itu, menjaga kelengkapan dan keakuratan data sistem sangat penting. UMKM Geprek Warung Rasha harus terus meningkatkan pemahaman dan keterampilan karyawannya tentang penggunaan Odoo ERP. 

C. Kelebihan dan Kekurangan

  • Kelebihan

Artikel dalam jurnal ini memiliki beberapa kelebihan antara lain artikel ini memberikan kontribusi yang relevan dalam memahami manfaat implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya pada kasus Warung Ayam Geprek Rasha. Dengan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi UMKM dalam pencatatan dan pengelolaan penjualan, jurnal ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sistem ERP dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi proses bisnis secara keseluruhan. Lalu kelebihan lainnya yaitu artikel ini memberikan wawasan yang relevan tentang implementasi ERP dalam konteks UMKM, yang dapat menjadi panduan bagi UMKM lainnya yang ingin meningkatkan efisiensi dan pertumbuhan bisnis mereka melalui sistem ERP. Hal ini memberikan nilai praktis yang tinggi bagi pemangku kepentingan UMKM. Selain itu artikel ini menggunakan metode penelitian yang komprehensif, termasuk identifikasi masalah, penentuan tujuan penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, pembahasan dan analisis, serta kesimpulan dan saran. Dengan demikian, jurnal ini memberikan landasan yang kuat untuk analisis dan rekomendasi yang diberikan.

  • Kekurangan

Artikel dalam jurnal ini memiliki beberapa kekurangan antara lain artikel ini tidak memberikan informasi yang cukup tentang metodologi penelitian yang digunakan. Meskipun jurnal menyebutkan bahwa metode survei dilakukan melalui wawancara via WhatsApp dan pencarian data historik, namun tidak dijelaskan secara rinci bagaimana proses survei dilakukan, berapa banyak responden yang terlibat, dan bagaimana data historik tersebut diperoleh. Seharusnya informasi ini penting untuk memastikan validitas dan reliabilitas hasil penelitian.Kekurangan lainnya yaitu artikel ini yaitu tidak memberikan informasi yang cukup tentang batasan penelitian. Penjelasan yang lebih rinci tentang batasan penelitian dapat membantu pembaca memahami sejauh mana hasil penelitian ini dapat diterapkan pada konteks UMKM lainnya

Sumber Terkait:
LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...