Review Jurnal Kelompok C - Kelas 1LB

 Review Jurnal 



Nama Reviewer:


  1. 1. M. Ammaraysar Izzi. H (182230104)

    2. Rahma Dhani (182230058)A

    3. Maria Anastasia Nago (182230065)

    4. M. Rafli Sofian (182230176)

    5. Rafles A. Nainggolan (182230131)


]

Judul

Penerapan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Dan Perancangan Sistem Pakar (Expert System) Pada Gudang Gulomantung pt. Semen Indonesia Logistik

Artikel

Artikel Manajemen Logistik Dan Transportasi

Volume dan Halaman

Volume. 4, No. 2 Tahun 2018

Tahun

2018

Penulis

Wahyuni

Reviewer

1.      M. Ammaraysar Izzi H (182230104)

2.      Rafles A. Nainggolan (182230131)

3.      Rahma Dhani (182230058)

4.      Maria Anastasia N. (182230065)

5.      M. Rafli S. (182230176)

Tanggal

05 Desember 2023

Abstrak

Manajemen risiko adalah aspek yang sangat vital bagi semua perusahaan karena risiko yang tidak terkontrol dapat merugikan pihak terkait. Produsen semen terkemuka di Indonesia, PT. Semen Indonesia Logistik, menghadapi tantangan dalam manajemen risiko, seperti kurangnya analisis risiko pada proses produksi serta kurangnya pengetahuan pegawai terkait mitigasi risiko. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko dalam proses produksi perusahaan menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Data dikumpulkan melalui kuisioner untuk mendapatkan informasi mengenai kejadian, tingkat keparahan, dan deteksi untuk setiap risiko yang diidentifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kenaikan biaya pengiriman merupakan risiko dengan nilai prioritas risiko tertinggi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan rancangan sistem pakar untuk membantu pekerja dalam mengurangi risiko tersebut melalui proses mitigasi.

Pengantar

Artikel ini membahas pentingnya menganalisis risiko kegagalan dalam proses operasional gudang. Gudang merupakan tempat penyimpanan sementara dan pengambilan inventori yang mendukung kegiatan operasi berikutnya. Risiko kegagalan dalam proses operasional gudang dapat menyebabkan kerugian finansial, penurunan kualitas produk, dan gangguan pada rantai pasok. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis risiko untuk mengidentifikasi dan mencegah mode kegagalan yang mungkin terjadi. Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) digunakan dalam penelitian ini untuk mengidentifikasi kegagalan potensial dalam proses operasional gudang dan efeknya terhadap operasional gudang. Selain itu, perancangan sistem pakar (expert system) juga dilakukan untuk memberikan solusi dalam penanggulangan kegagalan. Sistem pakar dapat menirukan pengetahuan dan pengalaman pakar dalam mengatasi masalah yang rumit, sehingga dapat membantu dalam menanggulangi masalah di dalam proses operasional gudang secara tepat dan cepat.

Tujuan Penelitian

Artikel ini dibuat untuk mengevaluasi risiko yang terjadi di gudang Gulomantung PT. Semen Indonesia Logistik dan menerapkan metode pakar untuk mengurangi risiko. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem ahli yang dapat membantu pekerja dalam proses mitigasi risiko serta meningkatkan sistem manajemen risiko dan operasional gudang Gulomantung serta untuk mencegah atau meminimalkan kemungkinan kegagalan proses.

Metodologi Penelitian

Manajemen risiko adalah pengelolaan risiko agar dapat meminimalisir dampak negatif dari risiko dan meningkatkan peluang yang positif dari risiko tersebut. Semua jenis usaha tidak dapat mengabaikan risiko operasional. Risiko operasional sangat perlu diperhatikan karena risiko ini memengaruhi semua kegiatan usaha. Analisis risiko dapat dilakukan baik secara kualiatif maupun kuantitatif, dimana risiko harus diidentifikasi dan akibat (effect) harus dinilai atau dianalisis.

Failure Mode and Effect Analysis (FMEA):

FMEA adalah metode sistematis untuk mengevaluasi potensi kegagalan dalam suatu proses atau sistem dan menentukan dampak potensial dari kegagalan tersebut. FMEA digunakan untuk mengidentifikasi, menilai, dan memprioritaskan potensi risiko atau kegagalan dalam suatu sistem.

Sistem Pakar (Expert System):

Sistem pakar adalah sistem komputer yang dirancang untuk meniru kemampuan penilaian dan pengambilan keputusan manusia dalam suatu domain tertentu. Penggunaan sistem pakar di gudang logistik dapat membantu dalam diagnosis masalah, memberikan saran, dan meningkatkan efisiensi operasional.

Hasil Penelitian

Hasil Penelitian atau Output dari penggunan FMEA adalah solusi upaya penangglangan terhadap kegagalan proses operasional gudang yang terjadi.

Kesimpulan

Kesimpulan dari Artikel ini adalah:

1. Salah satu tools yang dapat digunakan dalam menganalisis risiko adalah dengan menggunakan metode FMEA. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam analisis FMEA adalah dengan mengidentifikasi jenis-jenis risiko kegagalan yang biasanya dikelompokkan sesuai dengan proses/function/itemnya, pada penelitian ini didapat sejumlah 24 jenis risiko kegagalan yang telah dikelompokkan berdasarkan item/function.

2. Cara untuk menanggulangi masalah di dalam proses operasional gudang secara tepat dan cepat tanpa harus berkonsultasi secara langsung dengan para manajer adalah dengan menggunakan sebuah sistem pakar (expert system). Sistem ini dirancang untuk menggantikan seorang pakar dan mempermudah orang awam dalam menyelesaikan permasalahan kegagalan proses operasional di gudang Gulomantung.

Kelebihan

Artikel ini punya beberapa kelebihan, seperti:

1.      Memudahkan identifikasi mode kegagalan dan tingkat keparahan efeknya.

2.      Membantu mengidentifikasi karakteristik kritis dan karakteristik signifikan

3.      Memberikan saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya, seperti meluaskan jenis kegagalan yang dianalisis dan mengukur keberhasilan sistem pakar.

4.      Memberikan contoh tampilan visualisasi sederhana antarmuka sistem pakar

5.      Dapat digunakan sebagai alat untuk menganalisis risiko dengan menggunakan metode FMEA.

 



Sumber :

https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog
https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/56
LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...