Review Jurnal Kelompok B - Kelas 1LB

    

Review Jurnal 

Nama Reviewer:

  1. Harkaffi Wilmar (182230190@std.ulbi.ac.id)
  2. Elfa Firdy Gunawan (182230115@std.ulbi.ac.id)
  3. Farhan Nur Hidayat (182230045@std.ulbi.ac.id)
  4. Huria Salsabila (182230102@std.ulbi.ac.id)
  5. Nayla Afriza Abdullah (182230028@std.ulbi.ac.id

     1. Identitas
    Judul                : Pengukuran Kinerja Pengiriman Hasil Susu Sapi di Koperasi Unit Desa                               Sarwa Mukti Untuk Mengurangi Keterlambatan Pengiriman

    Jurnal               : Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi

    Volume            : Volume 7 No 1

    Tahun Terbit    : 2021

    Penulis            : M. E. Lestiani, Alfredo Pasaribu, dan Tulus Martua Sihombing

      2. Hasil Review

    Abstrak 

  Koperasi Unit Desa (KUD) Sarwa Mukti merupakan sebuah koperasi yang mengumpulkan susu di daerah Cisarua, Bandung. Mereka menjadi salah satu pemasok susu bagi perusahaan besar dan kecil serta mengumpulkan susu dari para peternak yang menjadi anggota koperasi. Daam mengirim susu, koperasi ini menghadapi resiko seperti kekurangan bahan baku, kerusakan produk, serta masalah dalm penyimpanan dan pengiriman yang bisa menyebabkan kerugian. Penelitian ini menggunakan penilaian dengan metode SCOR untuk mengevaluasi kegiatan pengiriman susu dari koperasi ke perusahaan. Pengolahan data dilakukan dalam 3 level dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan.

    Pengantar

    Pengantar dari jurnal ini membahas pengukuran kinerja hasil susu sapi di Koperasi Unit Desa Sarwa Mukti untuk mengurangi keterlambatan pengiriman. Metode yang digunakan adalah SCOR, dengan hasil kinerja sebesar 75,69 (cukup). Penelitian ini menggunakan pengolahan data dengan menyusun Key Performance Indicator (KPI), melakukan pembobotan KPI dengan AHP, dan melakukan perhitungan normalisasi untuk mendapatkan penilaian aktual dari tiap-tiap indikator kinerja. Selanjutnya, dilakukan perhitungan kinerja Supply Chain menggunakan metode SCOR. Model SCOR merupakan kerangka penggambaran aktivitas bisnis antara komponen dalam rantai pasok untuk memenuhi permintaan pelanggan. Jurnal ini juga mencakup sumber-sumber yang berkaitan dengan manajemen rantai pasok, pengukuran kinerja, dan bisnis koperasi, Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi.

    Tujuan Penelitian 

    Tujuan Penelitian pada jurnal ini yaitu untuk melakukan pengukuran kinerja pengiriman hasil susu sapi di Koperasi Unit Desa Sarwa Mukti dengan menggunakan metode SCOR, serta untuk mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki dan supply chain, seperti perancanaan pengeluaran biaya, pengaturan kegiatan pengiriman, dan pengelolaan aset. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kinerja supply chain menggunakan Key Performance Indicator (KPI) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk mendapatkan nilai aktual dari tiap-tiap indikator kinerja.

    Metodologi Penelitian 

    Metodologi penelitian yang digunakan dalam jurnal ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitif dengan menggunakan metode SCOR (Supply Chain Operations Reference) untuk mengukur kinerja pengiriman hasil susu sapi di Koperasi Unit Desa Sarwa Mukti. Penelitian ini juga menggunakan pengolahan data dengan menyusun Key Performance Indicator (KPI) dan melakukan pembobotan KPI dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Selain itu, penelitian ini juga melakukan perhitungan normalisasi untuk mendapatkan penilaian nilai actual dari tiap-tiap indikator kinerja.

    Hasil Penelitian

    Hasil Penelitian dari Jurnal ini yaitu menunjukkan bahwa kinerja pengiriman hasil susu sapi di Koperasi Unit Desa Sarwa Mukti memiliki skor sebear 75,69 yang menunjukkan kinerja yang cukup baik secara keseluruhan. Dalam model SCOR (Supply Chain Operations Reference) terdapat lima proses utama yaitu Plan, Source, Make, Deliver, dan Return. Hasil penelitian ini memberikan informasi tentang kinerja pengiriman hasil susu sapi di koperasi tersebut dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan di beberapa area yang perlu diperhatikan.

    Kesimpulan

    Kesimpulan dalam jurnal ini dari penelitiannya yaitu pentingnya melakukan pengukuran kinerja dalam supply chain untuk mengidentifikasi area-area yang perlu diperbaiki. Dengan melakukan perbaikan pada perencanaan pengeluaran biaya, pengaturan kegiatan pengiriman, dan pengelolaan aset, koperasi dapat mengurangi keterlambatan pengiriman dan meningkatkan efisiensi operasional. Penelitian ini memberikan wawasan dan rekomendasi yang berguna bagi koperasi dan juga dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut dalam pengukuran kinerja dan pengembangan sistem penilaian kinerja. 

    Kelebihan

1.   Metode yang digunakan: jurnal ini menggunakan metode SCOR untuk mengukur kinerja pengiriman hasil susu sapi. Penggunaan metode ini memberikan keandalan dan validitas dalam pengukuran kinerja.

2.  Pendekatan kuantitatif: penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan menggunakan data yang terukur dan dapat dihitung.

3.    Keterkaitan dengan praktik bisnis: penelitian ini dilakukan pada Koperasi Unit Desa Sarwa Mukti, yang merupakan keberadaan bisnis nyata. Hal tersebut membuat jurnal ini memiliki nilai praktis bagi pembaca dalam bidang manajemen rantai pasok.

    Kekurangan
    Kekurangan dalam jurnal ini yaitu kurangnya penjelasan mengenai sampel penelitian yang digunakan. Jurnal ini tidak memberikan informasi tentang jumlah orang atau objek pengamatan yang terlibat dalam penelitian. Informasi ini penting untuk memastikan seberapa tepat hasil penelitiannya bisa mewakili orang-rang atau situasi umumnya.


Sumber:

https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog 

https://juna.ulbi.ac.id/index.php/stimlog/article/view/164 

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...