Perkembangan industri Esport: Efektivitas Industri Esport Dalam tumbuhkan perkembangan industri logistik dan Transportasi

 

Perkembangan industri Esport: Efektivitas Industri Esport Dalam tumbuhkan perkembangan industri logistik dan Transportasi


Penulis: Sigit Pratama_182230205

Pesatnya industri e-sport di indonesia, dalam tahun-tahun ini mengalmi ke majuan yang sangat pesat seperti langsung melambung dan menjadi perhatian di kanca dunia.

Indonesiaa telah dikabarkan menjadi salah satu pasar game terbesar di Asia Pasifik dengan angka mencapai sekitar Rp13 triliun dengan populasi online 52,6 juta dan jumlah gamers mencapai 34 juta.

Walaupun masih menjadi pro dan kontra kepada keberadaan e-sport di indonesia, tidak dapat di pungkiri industri ini telah banyak membuka lapangan pekerjaan dan telah berkontribusi kedalam berkembangnya industri logistik dan juga transportasi yang telah mereka gunakan didalam perlombaan baik latihan-latihan sehari-hari yang pemain mereka jalani.

Akan tetapi itu tidak lah menjadi sebuah alasan bagi industri e-sport di indonesia dan malah semakin berkembang dengan sangat pesat ini menjadikan pembuktian bagi industri e-sport di indonesia. Sejarah dari hari ke hari semakin berlanjut dan mendatangkan hal-hal baik kdealam dunia industri e-sport ini ada pula sejarah sebelum dunia e-sport ini berkembang dengan sangat pesat.


Kejuarann Dunia Yang Pernah Dijuarai Oleh Tim Indonesia

1.     Evos legend (M1 Chamhpionship)

Evos legend merupakan tim dari divisi Mobile Legends yang berhasil meraih kejuaraan internasional pada M1 World Championship 2019. Tim macan putih sukses mendapatkan gelar juara dunia setelah berhasil mengalahkan RRQ Hoshi dengan skor tipis 4-3.Pada masa itu, tim-tim esports asal Indonesia memang bisa dibilang yang terkuat dari negara lain. Pasalnya, di ajang M1 World Championship EVOS Esports dan RRQ berhasil mendominasi jalannya turnamen.


2.     Bigetron Red Aliens (PMCO dan PMWI world Championship)

Terakhir datang dari empat anak “ajaib” yang berhasil menyabet dua gelar juara dunia sekaligus. PMCO 2019 dan PMWI 2020 menjadi hari besar dari tim robot yang satu ini. Bigetron Red Alien berhak membawa pulang Rp2,6 Miliar setelah meraih juara dunia turnamen PMCO 2019 di Malaysia. Begitu pula dengan PMWI yang diadakan pada 2020. BTR Ryzen dan rekan-rekan berhasil membawa pulang penghargaan dan uang tunai pastinya yang terbilang sangat banyak.


Sejarah Perjalanan Dunia E-Sport

Dunia esport pertama kali muncul pada tahun 90an.kompetensi e-sport pertama kali diadakan pada tahun 1970-an di Universitas Standford dengan hadiah langganan majalah Rolling Stone selama setahun. Pada saat itu game yang diaminkan adalah Spacewar, game keluaran tahun 1960.

Sebagai salah satu olahraga kompetitif. Salah satu definisi pengertian e-sport adalah Area Kegiatan Olahraga yang dimana orang mengembangkan dan melatih kemampuan skill, mental dan fisik dalam pengunaan teknologi.

E-sport sendiri sudah diakui sebagai salah satu cabang olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) menyatakan bahwa e-sport telah menjadi bagian dari salah satu cabang olahraga di indonesia ini mengartikan perkembangan e-sport di indonesia sendiri telah mengalami banyak perubahan

Indonesia kini telah berada pada urutan ke 17 pasar gaming terbesar dikanca global dengan perkembangan yang pesat, telah banyak gelar turnamen yang telah idonesia raih dan dapatkan seperti Piala Menpora, Piala Presiden,Dsb. Tidak hanya dalam kancah nasional, tim-tim e-sport indonesia juga berhasil menjuari berbagai macam kompetisi internasional seperti SEA Games serta World Championship.


Pengaruh Industri E-Sport Terhadap Bidang Logistik

Dengan perkembangan yang sangat pesat di industri e-sport di indonesia. Prospek masa depan yang cerah akan selalu ada didalam industri e-sport indonesia. Akan terus berkembang di kanca negara dan mendapatkan perhatian serta dukungan dari pemerintah.

Akan tetapi industri e-sport juga telah banyak membutuhkan bidang logistik untuk keperluan dan perlengkapan, industri e-sport sendiri telah banyak membantu bidang logistik di indonesia seperti hal-nya rumah sakit yang mendapatkan akses pada turnamen-turnamen industri e-sport sehingga mereka membutuhkan menyuplai obat-oobatan untuk menjaga-jaga apabila ada suatu kerusuhan bahkan kekerasan yang di alami oleh suporter dan juga pemain.

Selain itu juga pemain membutuhkan alat-alat yang sepadan untuk bermain dengan sangat nyaman dan bagus tentunya membutuhkan alat-alat dari berbagai perusahaan bahkan toko yang harus di persiapkan dengan matang. Bahkan pemain membutuhkan konsumsi seperti minum dan makan itu berkaitan dengan bidang logistik juga transportasi karena dalam membeli makanan atau bahkan membuat makanan akan menyebabkan arus logistik dapat berjalan.

Contoh lainnya seperti hotel, setiap pemain akan diberi penginapan untuk beristirahat dari kompetisi ini menyebabkan arus logistik berjalan dan e-sport pula berpengaruh terhadap keuntungan pihak hotel. Selain dari bidang logistik ada pula dari bidang transportai yang sama sama dipengaruhi oleh kuatnya arus perkembangan dunia e-sport.


 

Pengaruh Industri E-Sport Terhadap Bidang Transportasi


Pada perkmbangan e-sport yang sangat jauh ini mempengaruhi pula kepesatan pada bidang transportasi diakenakan semua pemain membutuhkan transportasi untuk menjuju stage didalam lapangan turnamen dan pihak penyelenggara harus menyiap kan transportasi tersebut.

Seperti pesawat apabila pemai tersebut berada pulau atau negara yang berbeda dan diharuskan untuk menyeberangi negara tersbut. Dan ketika tim atau pemain telah sampai di negara atau pulau yang berbeda harus lah di jemput oleh transportasi untuk menuju penginapan yang telah disediakan. Ini menyebabkan dunia industri e-sport mempengaruhi transportasi pula. Ini menguntungkan dari semua pihak dan saling bergantungan dengan kebutuhannya masing-masing.

Oleh karena itu dunia industri e-sport harus tetap berjalan dan terus diberikan dukungan, karena e-sport telah banyak berkontribusi kepada bidang-bidang lain dan juga telah banyak menyumbangkan segala aspek-aspek yang menguntungkan bagi negara dan kemajuan negara. Industri e-sport juga telah berdampak positif bagi perekonomian negara, industri ini akan tetap tumbuh dan berkembang selalu dalam mewujudkan mimpi-mimpi negara dan juga pertumbuhan negara.

 


LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...