Nama : Asisya Sofyan
PERKEMBANGAN FASHION
Fashion
secara umum diartikan sebagai gaya berbusana yang populer dan diadaptasi oleh
suatu budaya. Fashion telah menjadi bagian yang penting dari gaya,
trend, serta penampilan keseharian setiap orang. Menurut Lypovettsky, fashion
merupakan bentuk perubahan yang bercirikan oleh rintikan waktu yang cepat,
sehingga fashion merupakan kekuatan dari individualitas dengan
mengizinkan seseorang untuk mengekspresikan dirinya dalam berbusana. Fashion
mempunyai beberapa fungsi diantaranya:
1 Mengekspresikan
keadaan hati seseorang yang menggunakannya.
2 Fenomena
budaya.
3 Menunjukkan
nilai sosial dan status.
4 Meningkatkan
rasa percaya diri seseorang.
5 Kesopanan
dan daya tarik.
Terdapat
berbagai macam jenis fashion yang digunakan dalam momen-momen tertentu,
antara lain:
1 Casual
style
Casual
style merupakan jenis fashion yang menampilkan gaya yang santai. Fashion
casual style dapat diterapkan dengan menggunakan pakaian yang senyaman
mungkin, misalnya menggunakan kaos.
2 Formal
style
Formal
style merupakan jenis fashion yang menampilkan gaya formal. Jenis
fashion ini biasanya digunakan pada acara-acara penting, resmi, dan
perkantoran.
3 Romantic
style
Romantic style
merupakan jenis fashion yang cocok untuk digunakan ketika ingin
menciptakan momen romantic bersama pasangan. Gaya fashion ini
biasanya didominasikan dengan warna-warna soft yang menimbulkan efek manis bagi
yang mengenakannya.
4 Glamour
style
Glamour
style merupakan gaya fashion yang menunjukkan setara ekonomi atau
kedudukan seseorang dimasyarakat.
5 Flamboyant
style
Flamboyant
style merupakan fashion yang dominan warna-warna terang.
6 Eksotis
style
Eksotis
style merupakan fashion dengan desain dan motif yang unik karena
memberikan kesan misterius ketika dilihat.
7 Classic
style
Classic
style merupakan fashion dengan karakteristik dengan jahitan yang
rapi, warna yang simpe, dan terkesan elegan.
Dalam
fashion terdapat trend-trend yang selalu mengalami perubahan dari tahun
ke tahun. Fashion adalah sesuatu yang berputar dan terus berganti setiap
tahun. Faktor yang mempengaruhi trend fashion adalah sosial media, dunia
entertainment, internet, dunia bisnis, dunia music, serta gaya hidup dan
karakter Masyarakat. Berikut merupakan tabel perubahan trend fashion
dari tahun ke tahun.
TAHUN |
FASHION |
1990-an |
Pada
tahun 90-an, trend fashion di tandai dengan gaya yang unik dan khas
seperti baju dimasukkan ke dalam celana, seragam dengan kancing dibuka dan
kaos cerah, kaos kaki panjang dan basic sneakers, jaket kulit dan jepitan
warna-warni, dan penggunaan sapu tangan dan scarf cerah. |
2000-an |
Pada
tahun 2000-an, fashion yang digunakan yaitu scarf bandana yang menjadi
atasan, rambut highlight pirang, pakaian dengan motif bunga-bunga, dan rok
mini. |
2010-an |
Pada
tahun 2010-an, fashion yang sering di gunakan yaitu pakaian bermotif
garis, celana pendek, rok kulit, pakaian bermotif, kaus kaki panjang, dan
gaya ranbut berponi. |
2020-an |
Pada
tahun 2020-an, fashion yang biasa digunakan yaitu pakaian tie-dye,
kaos oversize, hijab pashmina, dan terdapat fashion-fashion
tahun 90-an dan 2000-an yang kembali menjadi trend di tahun ini salah satunya
yaitu, celana cutbray. Selain itu masker juga masuk pada fashion pada
tahun ini, karena adanya wabah Corona. |
Dengan
banyaknya trend-trend fashion yang di iringi dengan perkembangan zaman
dan kemajuan teknologi informasi, banyak perusahaan-perusahaan industri yang
memproduksi berbagai macam style. Hal ini memberikan dampak besar kepada setiap
individu untuk mencari kebutuhan fashion yang di inginkan. Setiap orang
dapat mencari atau membeli kebutuhan fashion yang dia inginkan melalui
toko offline maupun toko online. Terdapat beberapa aspek dalam dunia fashion
antara lain:
1 E-commerce
dan toko online
Pertumbuhan
e-commerce dapat merubah cara setiap orang untuk berbelanja. Banyak toko online
yang menawarkan berbagai macam produk fashion, yang memungkinkan
konsumen untuk membeli pakaian atau kebutuhan fashion dari rumah.
2 Sosial
media dan influencer marketing
Media sosial, seperti Instagram dan tiktok telah menjadi platform utama untuk membagikan tren model dan gaya. Influencer fashion memainkan peran besar dalam mempopulerkan merek dan produk tertentu.
3 Fast
fashion
Model
bisnis fast fashion menawarkan produk-produk mode dengan harga
terjangkau dan siklus produksi yang cepat.
4 Fashion
rental
Konsep
penyewaan pakaian telah berkembang pesat, terutama dalam kalangan konsumen yang
ingin tampil modis tanpa harus membeli pakaian baru.
5 Customization
and personalisation
Beberapa
toko online ada yang menawarkan layanan kustomisasi atau personalisasi, yang
memungkinkan konsumen untuk merancang pakaian mereka sendiri sesuai dengan
preferensi dan gaya pribadi.
Perkembangan
teknologi memudahkan para konsumen untuk dapat membeli berbagai macam fashion
yang diminati dengan cepat melalui pembelian di toko online. Dengan membeli
pakaian di toko online, konsumen bisa menunggu barang yang dibeli dari rumah.
Kemudian barang yang di beli tersebut akan di kirimkan melalui jasa pengiriman
atau kurir. Proses transportasi dalam pengiriman dari toko online ini yakni
penyerahan barang, penyortiran dan penditribusian hingga akhirnya sampai
langsung ke tangan pelanggan. Proses pengiriman barang dapat menggunakan
berbagai jenis moda transpotasi seperti kapal laut, pesawat, motor, maupun
truk. Dengan ini, berbagai macam fashion bisa didapatkan melalui toko
online dengan berbagai macam variasi barang.