Perkembangan Fashion

 Nama : Asisya Sofyan

PERKEMBANGAN FASHION

Fashion secara umum diartikan sebagai gaya berbusana yang populer dan diadaptasi oleh suatu budaya. Fashion telah menjadi bagian yang penting dari gaya, trend, serta penampilan keseharian setiap orang. Menurut Lypovettsky, fashion merupakan bentuk perubahan yang bercirikan oleh rintikan waktu yang cepat, sehingga fashion merupakan kekuatan dari individualitas dengan mengizinkan seseorang untuk mengekspresikan dirinya dalam berbusana. Fashion mempunyai beberapa fungsi diantaranya:

1      Mengekspresikan keadaan hati seseorang yang menggunakannya.

2      Fenomena budaya.

3      Menunjukkan nilai sosial dan status.

4      Meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

5      Kesopanan dan daya tarik.

Terdapat berbagai macam jenis fashion yang digunakan dalam momen-momen tertentu, antara lain:

1      Casual style

Casual style merupakan jenis fashion yang menampilkan gaya yang santai. Fashion casual style dapat diterapkan dengan menggunakan pakaian yang senyaman mungkin, misalnya menggunakan kaos.

2      Formal style

Formal style merupakan jenis fashion yang menampilkan gaya formal. Jenis fashion ini biasanya digunakan pada acara-acara penting, resmi, dan perkantoran.

3      Romantic style

Romantic style merupakan jenis fashion yang cocok untuk digunakan ketika ingin menciptakan momen romantic bersama pasangan. Gaya fashion ini biasanya didominasikan dengan warna-warna soft yang menimbulkan efek manis bagi yang mengenakannya.

4      Glamour style

Glamour style merupakan gaya fashion yang menunjukkan setara ekonomi atau kedudukan seseorang dimasyarakat.

5      Flamboyant style

Flamboyant style merupakan fashion yang dominan warna-warna terang.

6      Eksotis style

Eksotis style merupakan fashion dengan desain dan motif yang unik karena memberikan kesan misterius ketika dilihat.

7      Classic style

Classic style merupakan fashion dengan karakteristik dengan jahitan yang rapi, warna yang simpe, dan terkesan elegan.

Dalam fashion terdapat trend-trend yang selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Fashion adalah sesuatu yang berputar dan terus berganti setiap tahun. Faktor yang mempengaruhi trend fashion adalah sosial media, dunia entertainment, internet, dunia bisnis, dunia music, serta gaya hidup dan karakter Masyarakat. Berikut merupakan tabel perubahan trend fashion dari tahun ke tahun.

TAHUN

FASHION

1990-an

Pada tahun 90-an, trend fashion di tandai dengan gaya yang unik dan khas seperti baju dimasukkan ke dalam celana, seragam dengan kancing dibuka dan kaos cerah, kaos kaki panjang dan basic sneakers, jaket kulit dan jepitan warna-warni, dan penggunaan sapu tangan dan scarf cerah.

2000-an

Pada tahun 2000-an, fashion yang digunakan yaitu scarf bandana yang menjadi atasan, rambut highlight pirang, pakaian dengan motif bunga-bunga, dan rok mini.

2010-an

Pada tahun 2010-an, fashion yang sering di gunakan yaitu pakaian bermotif garis, celana pendek, rok kulit, pakaian bermotif, kaus kaki panjang, dan gaya ranbut berponi.

2020-an

Pada tahun 2020-an, fashion yang biasa digunakan yaitu pakaian tie-dye, kaos oversize, hijab pashmina, dan terdapat fashion-fashion tahun 90-an dan 2000-an yang kembali menjadi trend di tahun ini salah satunya yaitu, celana cutbray. Selain itu masker juga masuk pada fashion pada tahun ini, karena adanya wabah Corona.

 


'


Dengan banyaknya trend-trend fashion yang di iringi dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi, banyak perusahaan-perusahaan industri yang memproduksi berbagai macam style. Hal ini memberikan dampak besar kepada setiap individu untuk mencari kebutuhan fashion yang di inginkan. Setiap orang dapat mencari atau membeli kebutuhan fashion yang dia inginkan melalui toko offline maupun toko online. Terdapat beberapa aspek dalam dunia fashion antara lain:

1      E-commerce dan toko online

Pertumbuhan e-commerce dapat merubah cara setiap orang untuk berbelanja. Banyak toko online yang menawarkan berbagai macam produk fashion, yang memungkinkan konsumen untuk membeli pakaian atau kebutuhan fashion dari rumah.

2      Sosial media dan influencer marketing

Media sosial, seperti Instagram dan tiktok telah menjadi platform utama untuk membagikan tren model dan gaya. Influencer fashion memainkan peran besar dalam mempopulerkan merek dan produk tertentu.

3      Fast fashion

Model bisnis fast fashion menawarkan produk-produk mode dengan harga terjangkau dan siklus produksi yang cepat.

4      Fashion rental

Konsep penyewaan pakaian telah berkembang pesat, terutama dalam kalangan konsumen yang ingin tampil modis tanpa harus membeli pakaian baru.

5      Customization and personalisation

Beberapa toko online ada yang menawarkan layanan kustomisasi atau personalisasi, yang memungkinkan konsumen untuk merancang pakaian mereka sendiri sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi.

Perkembangan teknologi memudahkan para konsumen untuk dapat membeli berbagai macam fashion yang diminati dengan cepat melalui pembelian di toko online. Dengan membeli pakaian di toko online, konsumen bisa menunggu barang yang dibeli dari rumah. Kemudian barang yang di beli tersebut akan di kirimkan melalui jasa pengiriman atau kurir. Proses transportasi dalam pengiriman dari toko online ini yakni penyerahan barang, penyortiran dan penditribusian hingga akhirnya sampai langsung ke tangan pelanggan. Proses pengiriman barang dapat menggunakan berbagai jenis moda transpotasi seperti kapal laut, pesawat, motor, maupun truk. Dengan ini, berbagai macam fashion bisa didapatkan melalui toko online dengan berbagai macam variasi barang.




                         

                                     

 

 

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...