PERKEMBANGAN E-SPORT DI MASA KINI

 

PERKEMBANGAN E-SPORT DI MASA KINI



PENDAHULUAN

GameMobile adalah permainan yang berbasis teknologi digital yang memberikan cara mudah dan cepat untuk memberikan hiburan dan relaksasi yang dapat diakses kapan saja.

 

 

MANFAAT GAME BAGI ANAK MASA KINI

Game dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan, seperti meningkatkan keterampilan kognitif, membangun keterampilan sosial melalui permainan daring, dan menyediakan hiburan serta pengalaman belajar yang interaktif. Selain itu, beberapa game juga dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kerja sama. Namun, penting untuk menjaga keseimbangan antara bermain game dan aktivitas lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

 

DAMPAK NEGATIF DARI GAME

dampak negatif game melibatkan risiko kecanduan, kurangnya aktivitas fisik, dan potensial isolasi sosial jika berlebihan. Selain itu, beberapa game yang mengandung konten kekerasan atau tidak sesuai bisa berdampak pada perilaku agresif atau tidak pantas. Penting untuk memahami batas waktu bermain game dan memilih game yang sesuai dengan nilai-nilai dan usia pengguna. Keselamatan dan keseimbangan tetap kunci dalam menikmati game tanpa membahayakan kesejahteraan.



Esport adalah salah satu istilah olahraga yang menggunakan peralatan eletronik.



 

 

PERKEMBANGAN GAME E-SPORT DI DUNIA

Mobile Legends: Bang-Bang, atau yang biasa dikenal dengan singkatan MLBB ataupun ML merupakan permainan online berjenis Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Game ini dapat dimainkan melalui smartphone, baik Android maupun IOS.

Mobile Legends menawarkan permainan multiplayer yang dimainkan oleh 10 pemain yang akan dibagi menjadi dua tim. Masing-masing tim akan saling bertarung menggunakan karakter yang sudah dipilih untuk mempertahankan base turret, serta menghancurkan base turret milik lawan.

 

Pada saat ini, game tersebut merupakan salah satu game online yang paling banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Banyaknya tim tim esport terkenal seperti EVOS, RRQ, AURA, BTR, ONIC dan lainnya kini sudah membentuk tim divisi mobile legend dikarenakan perkembangan dan juga banyak tim esport besar yang sudah bergabung, turnamen mobile legends memiliki hadiah prize pool yang bisa di bilang sangat besar.

Bahkan bukan hanya itu mobile legends juga mengadakan banyak turnamen salah satunya M World Champion turnamen ini mempertemukan tim esport dari seluruh dunia dengan hadiah yang sangat fantastis:

Juara 1: USD 300.000 atau 4,7 milyar Rupiah.

Peringkat 2: USD 120.000 atau 1,88 milyar Rupiah.

Peringkat 3: USD 80.000 atau 1,25 milyar Rupiah.

Peringkat 4: USD 55.000 atau 863 juta Rupiah.

Peringkat 5/6: USD 40.000 atau 627 juta Rupiah.

Peringkat 7/8: USD 30.000 atau 470 juta Rupiah.

Peringkat 9-12: USD 20.000 atau 313 juta Rupiah.

Peringkat 13-16: USD 15.000 atau 235 juta Rupiah.

Peringkat 3-8 Wildcard: USD 10.000 atau 157 juta Rupiah.

MVP Grand Final: USD 5.000 atau 78 juta Rupiah.

dan juga ada turnamen yang mempertemukan tim asia tenggara yang dinamakan MSC dan MPL ID merupakan turnamen (Mobile Legends Profesional League) yang sudah diselenggarakan dari tahun 2018 hingga sekarang turnamen ini sudah berjalan 12 season dan yang terakhir perolehan yang sangat membagakan bagi Indonesia karena telah mencapai peraihan mendali emas di sea game 2023.

 

PERKEMBANGAN E-SPORT DI INDONESIA



 


Perkembangan e-sport di Indonesia telah memberikan dampak signifikan terhadap industri game dan publikasi. Industri game di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat seiring dengan popularitas e-sport, dengan banyak game yang menjadi populer di kalangan pemain e-sport, seperti Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Hal ini menciptakan peluang lapangan kerja baru di bidang e-sport dan gaming, serta menjanjikan pemasukan yang besar bagi para pemain, developer game, dan publiser

Selain itu, e-sport juga telah membuka peluang bagi adanya federasi e-sport di Indonesia, seperti PBESI (Pengurus Besar Esport Indonesia), yang telah memiliki cabang di 34 provinsi dan 512 kabupaten di seluruh Indonesia.

Dampak positif lainnya termasuk peningkatan popularitas game buatan Indonesia, yang berhasil masuk peringkat 10 besar game terpopuler di Tanah Air.

 

 

 

KESIMPULAN

Dalam beberapa tahun terakhir, e-sport telah menjadi industri besar dan menarik banyak perhatian masyarakat. Perkembangan ini diperkirakan akan terus berlangsung dan mengalami kebangkitan di masa depan. E-sport juga sangat  berkembang pesat baik di Indonesia maupun di dunia. Tinggi minat masyarakat terhadap e-sport, yang bermunculan sebagai olahraga yang menarik dan menjanjikan pemasukan luar bisa.

Bermain game juga pada masa kini dapat menjadi sumber mata pencarian yang mempunyai nilai nominal uang yang sangat fantasis, Seperti menjadi youtuber gamer yang melakukan live di youtube sambil bermain game seperti youtuber Gamer Eko julianto yang mempunyai nama akun youtube OURA GAMING memiliki 8,14 juta subscriber, dan Brando franco windah yang memiliki nama akun youtube Windah Basudara memiliki 12,1 Juta subscriber. game akan bermanfaat jika kita betul-betul memainkannya dengan cara yang tepat agar bisa menjadi sumber mata pencarian dan menghasilkan uang.

 

 

 

 

 

 

 

 

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...