Perjalanan dan Pengaruh Fenomenal JKT48 dalam Industri Musik dan Budaya Idol di Indonesia

Perjalanan dan Pengaruh Fenomenal JKT48 dalam Industri Musik dan Budaya Idol di Indonesia


JKT48 mungkin nama yang tidak asing di telinga, Idol grup yang berpusat di jakarta yang baru saja menggelar konser anniversary ke-12 yang bertajuk Flowe12ful pada 17 desember kemarin di Graha Unesa Surabaya dengan 4 ribu penonton offline dan 11 ribu penonton online via livestream youtube.


Setelah berdiri kurang lebih 12 tahun JKT48 tentu saja membawa beberapa fenomena baik dalam Industri Musik baik Budaya Idol di dalam negeri kita pada blog ini penulis ingin membahas perjalanan  Idol Grup Ibukota dan Pengaruh yang terjadi di dalam Industri Musik dan Budaya di Indonesia.


Perjalanan Awal


JKT48 pertama kali diumumkan pada 11 September 2011 di sebuah acara yang bernama Makuhari Messe di Chiba Jepang. JKT48 mengadopsi konsep AKB48 “Idol You Can Meet” Pengumuman mengenai akan dibentuknya JKT48 disambut dengan sangat baik, dari 1.200 orang pelamar yang diwawancara, 51 orang berhasil lolos pada tahap kedua. Audisi tahap akhir dilaksanakan pada 2 November 2011 dan hanya 28 orang peserta yang dinyatakan diterima menjadi JKT48 Generasi 1 yang kita kenal sekarang.


JKT48 pertama kali tampil di televisi nasional pada konser program musik 100% Ampuh, acara yang ditayangkan di GlobalTV (sekarang GTV) pada 17 Desember 2011. JKT48 mendapatkan sambutan hangat dari fans musik tanah air sejak saat itu JKT48 menjadi salah satu grup musik paling dominan di industri musik tanah air.


Seiring berjalannya waktu generasi ke generasi JKT48 mengalami banyak perubahan baik dari sisi anggota mulai dari Generasi 1 hingga yang terbaru Generasi 12 JKT48 masih sama sama menghadirkan keceriaan, semangat, dan daya tarik para anggotanya kepada penggemar bahkan slogan khas JKT48 “Idol You Can Meet” berubah menjadi “Idol Who Will Come and Meet You” pada tahun 2018 tetapi esensi dari konsep grup ini tidak berubah.


Masa Pandemi


Pada masa pandemi hampir seluruh aktivitas di berbagai industri melarang adanya pertemuan tatap muka, hal itu tentu menjadi masalah yang cukup krusial bagi JKT48 karena pendapatan utama JKT48 berasal dari event-event offline mereka seperti handshake, theater, dan lain lain, untuk mengatasi hal tersebut JKT48 mengusung tema baru yang bernama JKT48 New Era, mau tidak mau terjadi juga pengurangan member dan staff JKT48, seluruh event yang tadinya dilaksanakan secara offline, menjadi dilaksanakan secara online contohnya Handshake diganti menjadi Video Call, Theater menggunakan Live Streaming. Pada masa pandemi juga JKT48 dipindahkan manajemennya dari Dentsu Inter Admark Media Group Indonesia menjadi IDN Media tepatnya pada 27 Juni 2022. 


Pasca Pandemi


        Setelah Pandemi berakhir JKT48 kembali menggelar acara acara yang dulu rutin dilaksanakan tanpa menghilangkan program yang dilaksanakan selama pandemi. masa masa Pasca Pandemi nama JKT48 mulai muncul dimana mana mulai dari acara tv, festival, iklan, dll. JKT48 mulai mendapatkan kejayaannya kembali setelah pandemi, menjadi satu satunya grup Idol yang mendominasi di tanah air.


Pengaruh JKT48 Terhadap Industri Musik dan Budaya Idol di Indonesia


        Tentu saja setelah 12 tahun JKT48 beberapa  kali membawa fenomena baik pada sisi Industri Musik dan sisi Budaya Idol di Indonesia mari kita simak fenomena-fenomena yang terjadi pada Industri Musik dan Budaya Idol di Indonesia

  1. Interaksi antara artis dan penggemar

JKT48 telah membawa minat baru di kalangan penggemar musik tanah air, contohnya interaksi antara penggemar dengan artisnya. Dengan konsep “Idol Who Can You Meet” JKT48 aktif melibatkan penggemar dalam banyak hal, seperti partisipasi fans dalam pemilihan member yang akan dipilih menjadi pembawa single berikutnya, hal tersebut berhasil menciptakan komunitas fanbase yang kuat di sekitar JKT48.

konsep theater rutin yang dilaksanakan tiap minggu juga menjadi model bisnis yang sukses dengan mengandalkan interaksi antara penggemar dengan anggota JKT48 secara langsung. hal ini menciptakan pendekatan yang lebih intim antara personil JKT48 dengan penggemar.

  1. Inovasi pemasaran dan promosi

JKT48 memiliki cara unik dalam memasarkan dan mempromosikan grup. Manajemen JKT48 selalu mengikuti tren digital dan berkolaborasi dengan merek merek terkenal, selain mempromosikan grup JKT48 juga seringkali mempromosikan member secara individu melalui event event off air yang dilaksanakan secara rutin. hal hal tersebut memberikan pandangan baru tentang bagaimana grup musik atau musisi individu dalam memanfaatkan media sosial dan teknologi untuk mendorong popularitas dengan efisien.

JKT48 juga memiliki keanggotaan official yang menawarkan berbagai keuntungan bagi yang berlangganan, mulai dari ucapan ulang tahun dari personil, prioritas dalam pembelian seluruh tiket, dll, melalui teknik pemasaran yang unik tersebut JKT48 dapat mempertahankan penggemar penggemar loyal.

  1. Pemberdayaan perempuan muda

JKT48 juga memberikan kesempatan kepada perempuan perempuan muda di indonesia untuk memulai karir mereka sebagai idol di industri hiburan tanah air, di JKT48 menjadi teladan bagi gadis muda yang bercita-cita menjadi idol atau sekedar penyanyi. hal tersebut tentu membawa pengaruh positif terhadap pemberdayaan perempuan di industri hiburan tanah air.

Dikarenakan audisi yang terbuka untuk seluruh kalangan JKT48 menjadi platform bagi gadis gadis muda untuk tampil, berkarya, berkreasi, dan dapat menjadi inspirasi bagi mereka yang berusia muda. dengan rata rata anggota di bawah 20 tahun JKT48 menjadi wajah baru untuk membuka peluang bagi seniman untuk berkembang.

  1. Membuka pintu untuk konsep musik “idol” di indonesia

    JKT48 merupakan pelopor dalam membawa konsep musik idol di Indonesia, keberhasilan JKT48 dibuktikan dengan sambutan hangat dari penggemar musik tanah air juga dengan munculnya berbagai grup musik berkonsep idol di Indonesia seperti Cherrybelle, Smash, 7icon, grup grup musik ini berhasil memberikan warna baru bagi industri musik tanah air di Indonesia.

Konsep musik idol yang diadopsi dari Jepang berhasil menarik minat banyak penggemar, banyak yang bilang karena lirik dari lagu lagu tersebut terasa relate dengan kehidupan mereka, ada juga yang bilang keragaman genre yang dibawakan oleh JKT48 membuat penggemarnya dapat mendengarkan musik mereka dalam suasana apapun, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi JKT48 dan diadopsi oleh banyak musisi saat ini.


Seperti halnya dengan grup musik di industri hiburan lainnya, JKT48 juga menghadapi berbagai macam rintangan seiring berjalannya waktu, salah satu tantangan terbesar saat ini adalah mempertahankan popularitas mereka yang sedang naik naiknya. Namun dengan dedikasi dan usaha manajemen dan personilnya JKT48 telah membuktikan dengan berhasil bertahan selama 12 tahun di industri hiburan tanah air.


JKT48 merupakan fenomena sangat besar dalam industri hiburan tanah air, JKT48 membawa gelombang baru yang segar dalam musik mereka yang berkonsep Idol mereka juga berhasil membawa nama idol tanah air ke level yang lebih tinggi, hal tersebut tentu dapat dicapai dengan bantuan kuat penggemar dan strategi pemasaran unik yang selalu dilakukan JKT48 selama 12 tahun terakhir.


Dalam beberapa tahun ke depan, akan menarik bagaimana perkembangan JKT48 di industri musik tanah air. Satu hal yang pasti adalah JKT48 merupakan contoh nyata bahwa musik idol memiliki tempat yang kuat di industri musik tanah air.


sumber:


https://kurasimedia.com/ulang-tahun-jkt48-ini-perjalanannya-di-indonesia/

https://www.kompasiana.com/mochamad03465/648ab68208a8b5291b56e7d2/jkt48-dan-pengaruhnya-terhadap-industri-musik

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/JKT48

https://mocopat.com/jkt48-fenomena-grup-idol-terbesar-di-indonesia/


LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...