Pentingnya Keilmuan Logistik Terkait Event Esport

 

Pentingnya Keilmuan Logistik Terkait Event Esports


Keilmuan logistik terkait event esports yang diselenggarakan, memang sangat penting. Apalagi belakangan ini, banyak peristiwa yang menyangkut hal itu.

Pemahaman terhadap manajemen logistik pada area acara esports, seharusnya diperhatikan dengan seksama. Mulai dari transportasi barang atau jasa, persediaan, pergudangan, produksi, dan lain-lain.

Belum lagi, penonton atau penikmat acara esports yang hanya menikmati jalannya pertandingan saja. Mereka, mungkin belum merasa relevan dengan hal tersebut.

Padahal, pemahaman terhadap manajemen logistik setidaknya harus dipahami meski sedikit. Terlebih, untuk para penonton yang datang beramai-ramai ke suatu acara event.

 

 

Pemahaman Logistik Penting untuk Dipahami Terutama Jika Ada Perkumpulan Massa di Event Esports



Logistik secara sederhana, bisa dijelaskan sebagai sebuah pengaplikasian konsep manajemen di dalam bidang kelogistikan. Di mana, tujuannya adalah untuk mengatur berbagai pergerakan entitas dalam sistem. Mulai dari orang, barang, atau dokumen, agar lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran.

Tentu, pemahaman logistik sangat penting untuk dipahami, terutama jika ada perkumpulan massa di event esports. Mengingat banyaknya orang yang terlibat dalam laga tersebut, tentu harus ada aturan yang mengatur alur jalan orang-orang itu.

Sehingga, kamu pun bisa meminimalisir kerusuhan atau kekacauan. Dengan begitu, acara pun dapat berjalan dengan lancar.

 

 

Bisa Libatkan Konsultan


David M. Herold dkk dari Institute of Transport and Logistics Management, Vienna University of Economics and Business, mengeluarkan riset mengenai manajemen logistik olahraga pada 2019 lalu. Ia merilisnya dengan judul “Sport Logistics research: reviewing and line marking of a new field.”

Dalam hasil risetnya tersebut, ia mengusulkan kerangka logistik olahraga yang terdiri dari empat pilar manajemen logistik. Di mana terdiri dari lokasi acara yang diselenggarakan, alat olahraga, atlet, dan penonton.

Herold dalam publikasinya yang diterbitkan pada 2021, menuliskan bahwa pengaturan operasional acara olahraga tingkat apa pun, sangat bergantung pada praktik manajemen logistik.

Sayangnya, seperti yang sudah disebutkan di awal, pemahaman terhadap keilmuan logistik masih sangat minim. Meskipun begitu, bukan berarti tidak ada ahli yang menguasai bidang ini.

Ya, sebenarnya, ada ahli yang bisa disebut sebagai konsultan, yang sudah melalang buana di bidang logistik acara ini. Sebut saja seperti DB Schenker yang bisa menangani acara pertandingan olimpiade, paralimpiade, Piala Dunia FIFA, Asian Games, dan masih banyak lagi.

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...