MUSIK dan LOGISTIK: KETERIKATAN ANTARA SEVENTEEN dengan DUNIA LOGISTIK DALAM KONSER dan TUR DUNIA

BE THE SUN SEVENTEEN

Logistik selalu terikat dalam hal apa pun, begitu juga dengan dunia musik. Keterikatan logistik dalam dunia musik sangat besar, didalamnya dapat mencakup manajemen inventaris, distribusi alat musik, rekaman, juga peralatan konser secara efisien.

Logistik memiliki peran besar dalam memastikan produksi, penyimpanan, dan pengiriman yang tepat waktu. Proses ini mendukung industri musik dalam menyediakan peralatan kepada para musisi, memfasilitasi produksi rekaman, mendukung tur konser global, dan perdagangan merchandise secara internasional. Hal tersebut yang menjadikan logistik sebagai tulang punggung dalam industri musik. 

Hubungan antara dunia logistik dengan musik semakin erat mengikuti dengan perkembangan teknologi. Teknologi logistik modern, seperti transportasi udara dan laut membantu industri menjangkau penggemar diseluruh dunia. Keterikatan antara logistik dengan musik dapat dibuktikan dengan perusahaan logistik yang bekerja sama dengan artis musik untuk menyelenggarakan konser dan tur, hal ini membuat perusahaan logistik membantu mengangkut peralatan juga perlengkapan konser.

Logistik membantu mendistribusikan musik secara digital, hal ini membuat logistik menjadi penghubung antara artisnya dengan para pendengar. Logistik membantu dalam memproduksi album musik, dalam hal ini, logistik berperan penting dalam kegiatan operasionalnya karena perusahaan logistik membantu mengangkut bahan baku, seperti instrumen musik dan peralatan studio ke tempat produksi. Lalu bagaimana hubungan logistik dalam perjalanan karir grup musik Seventeen saat mencapai kesuksesannya? Sebelum masuk kedalam hubungan logistiknya dengan karir Seventeen, kita berkenalan terlebih dulu dengan grup ini.

Grup musik Seventeen, yang beranggotakan 13 orang yaitu S.Coups sebagai leader grup tersebut, Jeonghan, Joshua, Jun, Hoshi, Wonwoo, Woozi, The8, Mingyu, Dokyeom, Seungkwan, Vernon dan Dino merupakan salah satu grup musik asal Korea Selatan yang sangat sukses dan fenomenal di masa kini. Grup ini telah berhasil menjangkau penggemar diseluruh dunia melalui musik dan penampilannya yang energik. Perjalanan karir mereka tidak langsung sukses begitu saja, mereka melewati beberapa rintangan dan kesulitan yang dihadapi.


 Mereka debut pada tahun 2015 dibawah agensi Pledis Entertainment, sebelum resmi debut, Seventeen muncul dalam pertunjukkan Seventeen TV sebagai Trainee. Mereka berhasil merilis album pertama nya “17 Carat” dengan title track nya “Adore U”, album pertama ini melibatkan beberapa anggotanya dalam penulisan lirik, aransemen musik, dan juga koreografi, kemenangan pertama mereka diraih lewat lagu “Pretty U”. Ditahun 2016 Seventeen mulai mengawali Asia Tour pertama yaitu “Shining Diamond”, sebelum resmis debut di Jepang, ditahun 2017 6 konser Seventeen dihadiri oleh 50.000 penonton. Kesuksesannya tidak hanya sampai disitu, Seventeen kembali mencapai kesuksesannya ketika album “Heng:garae” terjual sebanyak 1 juta copy dalam kurun waktu kurang dari seminggu. 

SEVENTEEN 'Adore U'

SEVENTEEN 'Heng:garae'

SEVENTEEN 9th Mini Album 'Attaca'

Seventeen dikenal sebagai grup dengan kemampuan vocal yang bagus dan stabil, juga dikenal berkat sinkronisasinya dalam dance padahal jumlah anggotanya yang tidak sedikit. Grup ini telah memenangkan berbagai penghargaan, termasuk Mnet Asian Music Awards, Seoul Music Awards, dan Golden Disc Awards. Kesuksesan tersebut pastinya tidak lepas dari hasil kerja keras para anggota. Dari kesuksean yang sudah mereka raih tersebut, apakah peran logistik ikut andil dalam perjalanan karir mereka?

SEVENTEEN 'Golden Disc Awards'

SEVENTEEN 'Mnet Asian Music Awards'

SEVENTEEN 'Seoul Music Awards'

Logistik berperan penting dalam keberlangsungan karir mereka, seperti dalam produksi album, produksi dan pengiriman merchandise, penyelenggaraan konser dan tur, hingga segala sesuatu yang berkaitan dengan seluruh aktivitas grup. Dalam kegiatan konser dan tur, logistik berperan penting didalamnya, peran dari logistik selain mengangkut peralatan juga perlengkapan konser yang sangat banyak dan beragam, logistik pun ikut andil dalam mengatur transportasi untuk para personel dan kru, juga menjadi layanan logistik bagi penggemarnya. 


SEVENTEEN Set Panggung 'FOLLOW Tour'

Selain itu, perusahaan logistik juga menjadi penyediaan layanan makanan dan minuman, akomodasi, dan kenyamanan. Layanan-layanan tersebut membantu memastikan bahwa konser dan tur Seventeen dapat berjalan dengan lancar dan sukses.


SEVENTEEN World Tour 'BE THE SUN'

Logistik membantu Seventeen menjangkau penggemar diseluruh dunia, hal tersebut dibuktikan dengan tur dan konser yang diadakan di berbagai negara, logistik membantu memastikan bahwa peralatan dan perlengkapan konser dapat diangkut ke tempat konser dengan aman dan tepat pada waktunya.  Logistik membantu Seventeen dalam meningkatkan efisiensi operasional, konser dan tur yang digelar secara rutin, membuat logistik ikut andil dalam membantu Seventeen untuk mengatur transportasi dan akomodasi untuk personel dan penggemar dengan efisien.

Seventeen dan dunia logistik merupakan 2 industri yang berbeda, namun memiliki keterikatan yang erat. Logistik berperan penting dalam kesuksean Seventeen, terutama dalam hal penyelenggaran konser dan tur. Kemintraan antara Seventeen dan dunia logistik merupakan kemitraan yang saling menguntungkan. 

Seventeen mendapatkan manfaat dari layanan logistik yang profesioanl dan efisien, sedangkan dunia logistik mendapatkan manfaat dari promosi yang dilakukan oleh Seventeen. Kemitraan antara Seventeen dengan dunia logistik menjadi bukti nyata bagaimana 2 industri yang berbeda dapat bekerja sama dalam mencapai kesuksesannya. 


Visit me: Nayla Afriza

Sumber: https://www.wowkeren.com/berita/tampil/00287873.html

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/caroline-9/anniversary-13-perjalanan-karier-seventeen-c1c2.

https://thekrazemag.com/latest-updates/2021/10/24/history-of-k-pop-seventeen



               





LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...