KAI Logistik Tambahkan Kapasitas Angkut Untuk Pengiriman di Libur Natal dan Tahun Baru

 Nama: Mimiasri Ani Sihombing (182230224)

 


KAI turut mengambil peran untuk menyukseskan momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan memperkuat ekosistem logistik yang dimiliki. Sejak awal Desember, pengiriman barang khususnya paket dan barang lainnya yang dilayani melalui KALOG Express terus mengalami peningkatan dan akan di prediksi memasuki masa puncak pada libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, KAI Logistik telah membuat strategi dan persiapan untuk memastikan pelayanan prima sehingga mampu untuk mengatasi lonjakan pengiriman pada masa tersebut. Hasil prediksi selama masa libur ini, KAI Logistik menambah kapasitas angkut sebesar 25% khususnya pada beberapa kereta yang berpotensi mengalami permintaan pengiriman. Selain itu, KAI Logistik juga telah melakukan penguatan konektivitas jaringan layanan sebagai upaya operasional distribusi. Karena sebelumnya KAI Logistik hanya focus kepada layanan berbasis angkutan menggunakan moda KA, namun saat ini berbagai armada telah KAI Logistik gunakan untuk mempercepat dan memperluas layanan pengiriman barang pelanggan.

 

Mempercepat Pengiriman

Untuk mempercepat dan menjangkau jaringan yang lebih luas, maka diharapkan pelayanan dapat lebih optimal diantaranya dalam waktu pengiriman barang, layanan pengiriman hingga Alamat tujuan diseluruh wilayah jaringan KALOG Express, yang tersebar di 175 titik layanan.

Selama masa libur ini, KALOG Express akan libur beroperasi pada tanggal 24, 25, 26, dan 31 Desember 2023 serta 1 Januari 2024. Guna menghindari penumpukan pengiriman.


Kinerja KAI Logistik


KAI Logistik, Anak Usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus meningkat kinerjanya sepanjang tahun. KAI Logistik telah membukukan mendapatannya sebesar Rp 705 miliar dengan laba sebesar Rp 62 miliar. Tahun lalu KAI Logistik membukukan pendapatan sebesar Rp 1,016 triliun, dan laba tahun berjalan pada 2022 yang tumbuh 10% menjadi Rp 106 miliar dibandingkan 2021 sebesar Rp 96 miliar. Selanjutnya asset perusahaan meningkat 5% menjadi Rp 847 miliar.

“Pencapaian ini merupakan hasil dari kerja keras seluruh insan KAI Logistik (KALOGers) serta dukungan penuh dari shareholders dan stakeholders”.


Peroleh Pengakuan


Dari kinerja yang terus membaik tiap tahun ini, KAI Logistik memperoleh penghargaan Indonesia Best BUMN Award 2023, kategori The Best SOE with Top Financial and Reliability in Handling Logistics Services yang diselenggarakan oleh wartaekonomi.co.id pada 27 September 2023 di Hotel Le Meridien Jakarta.

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...