K-POP; Logistik dan Info Menarik

 K-Pop; Logistik dan Info Menarik



    Perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan teknologi memegang peranan penting dalam memberikan informasi kepada khalayak. Adanya teknologi ini memungkinkan siapa pun dan di mana pun dapat mengakses berbagai informasi atau pun ilmu akan banyak hal, seperti musik, olahraga, seni, budaya, dan sebagainya. Nah, pembahasan musik dan seni akan lebih dibahas dalam artikel ini, khususnya musik k-pop dan seni yang tersaji di dalamnya.


Musik K-POP dan Pencapaiannya

    Istilah K-POP sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Dalam industri musik global K-POP menjadi fenomena yang luar biasa, karena tidak hanya mendominasi chart musik di Korea Selatan, tetapi juga mendominasi chart musik Internasional. Fenomena ini juga dikenal dengan istilah Korean Wave atau Hallyu Korea. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari kerja keras para musisi & staff yang terlibat, fans yang loyal dan juga peran logistik. Beberapa pencapaian Idol K-Pop di antaranya;

  1. Penjualan Album yang Tinggi; BTS menjadi Idol grup di urutan pertama dengan penjualan album tertinggi, yaitu menjual 39,5 juta copy album sejak debut pada 2013 dan Map of the Soul: 7 adalah album terlaris mereka yang terjual sebanyak 5 juta copy album. Diikuti Seventeen dengan total penjualan sebanyak 27,18 juta copy, dan Straykids telah menjual sebanyak 16,5 juta copy album.
  2. Rekor YouTube; Video musik K-Pop mencapai miliaran penayangan di antaranya, PSY - Gangnam Style 4,31 miliar, diikuti Blackpink - Ddu-du-Ddu-du 1,8 miliar dan Blackpink - Kill This Love 1,51 miliar.
  3. Kolaborasi dengan Artis Internasional; kolaborasi dengan Artis Internasional diantarnya ada BTS dengan Steve Aoki, BTS dengan Coldplay, Seventeen dengan Anne Marie, dan Tomorrow X Together dengan Salem Ilese.
  4. Penghargaan Internasional; Pada tahun 2022 lalu, BTS memenangkan penghargaan Billboard Music Award di kategori Top Duo/Group, Top Song Sales Artist dan Top Selling Song. Selain itu, pencapaian lainnya dapat dilihat dari chart pada billboard. TXT mencetak rekor sebagai boy grup K-Pop kedua dengan memuncaki 5 chart Billboard dan memetakan 2 lagu secara bersamaan di Global 200. Album terbaru “The Name Chapter: FREEFALL” debut di No. 1 chart Top Album Sales Billboard dan debut pada No.3 di chart 200 Album Teratas Billboard. 


Peran Logistik

    Dalam industri K-Pop, logistik memegang peranan dalam mendistribusikan produk yang berkenaan dengan K-Pop. Jasa logistik memastikan bahwa produk tersebut sampai dengan lancar dan aman ke tangan penggemar. Produk yang berkaitan dengan K-Pop di antaranya; merchandise, album fisik, dan produk kolaborasi antara Idol dan merk tertentu. Produk kolaborasi ini biasanya produk kecantikan seperti skincare dan makeup, pakaian kasual, pakaian sport, makanan, minuman, dan brand mewah lainnya. Dalam pendistribusian produk tersebut, album fisik menjadi produk yang harus diperlakukan khusus. 


    Album fisik K-Pop tidak hanya berisi musik (CD), tetapi juga berisi photobook, poster, photocard, stiker dan produk pelengkap lainnya. Maka dari itu, proses produksi, pengemasan dan distribusinya harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati untuk memastikan agar produk tetap terjaga sampai ke tangan penggemar (konsumen). Dalam penjualan album dan merchandise K-Pop, biasanya agensi bekerja sama dengan beberapa perusahaan penjualan atau Toko yang menyediakan berbagai produk K-Pop, seperti Soundwave, Powerstation, Ktown4u, M2Urecord, Musicplant, WithMuu, Everline dan lainnya. Namun, ada juga agensi yang mempunyai platform yang menjual langsung produknya, seperti HYBE dan Weverse Shop sebagai platformnya. 

    Selain itu, logistik juga berperan dalam menyokong konser dan world tour Idol K-Pop. Konser ini sering kali melibatkan perpindahan Idol grup, staff/crew, peralatan musik dan properti pertunjukan dari suatu daerah ke daerah lainnya atau dari suatu negara ke negara lainnya. Hal ini memerlukan perencanaan logistik yang matang agar semua dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti dan dapat terpenuhi dengan tepat waktu. Pengaturan dan koordinasi transportasi, akomodasi, dan kebutuhan lainnya harus direncanakan dan dipersiapkan dengan teliti dan cermat agar konser berjalan dengan lancar.

Storyline dan Konsep dalam Musik Video K-Pop

    Sebagai seorang penggemar K-Pop atau dikenal dengan K-Popers, tentunya sudah tidak heran lagi dengan berbagai storyline dan konsep yang unik pada musik video K-Pop. Setiap Idol grup memiliki storyline dan konsep yang berbeda untuk setiap albumnya. Berikut merupakan contoh Idol grup dan storyline-nya;

1. Tomorrow X Together


    Tomorrow X Together atau dikenal juga dengan nama TXT, merupakan artis yang berada di bawah naungan HYBE Labels khususnya Bighit Music yang debut pada tanggal 4 Maret 2019. TXT beranggotakan 5 orang, yaitu Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun dan Hueningkai.  TXT debut dengan album “The Dream Chapter : Star” dengan title track yang berjudul “Crown” yang mencapai 15 juta view pada 24 jam pertama sejak dirilis. 

    

The Star Seeker

    TXT dikenalkan ke publik satu persatu dengan teaser yang memiliki kode morse yang berbeda di setiap teasernya; dreaming, tomorrow, secret, hope, promise, dan clue. Storyline pada musik video TXT digambarkan dengan cerita yang kompleks dan imajinatif. Setiap musik video memiliki konsep berbeda dengan narasi yang berisi akan teori dan perjalanan emosional yang saling berhubungan satu sama lain antara musik video. Musik video TXT bercerita tentang perjalanan mencari jati diri, persahabatan, kehidupan remaja dan juga penerimaan diri sendiri. Cerita dalam musik video TXT juga dikemas dengan latar cerita fantasi yang berhubungan dengan dunia sihir. Selain musik video, TXT memiliki laman website cerita komik di Webtoon yang juga menceritakan tentang storyline musik video mereka. Judul dari Webtoon tersebut adalah “The Star Seekers”.

    

2. ENHYPEN

    


    ENHYPEN merupakan Idol grup yang terbentuk dari ajang survival I-LAND. ENHYPEN berada di bawah naungan HYBE Labels khususnya BELIFT LAB yang debut pada tanggal 30 November 2020. ENHYPEN beranggotakan 7 orang, yaitu Jungwon, Heeseung, Jay, Jake, Sunghoon, Sunoo, dan Ni-Ki. Debut dengan album “Border Day : One” dengan title track yang berjudul Given-Taken yang mencapai 9,38 juta view pada 24 jam pertama sejak rilis. 

    


    ENHYPEN menunjukkan penampilan perdananya di acara MAMA Awards. Mereka menampilkan VCR yang menjadi awal mula perjalanan dari storyline mereka yang nantinya akan terhubung dengan musik video yang akan datang. Diceritakan 7 anak laki-laki yang hidup bersama sedari kecil dan tidak ada yang tahu asal usul masing-masing, ingatan mereka hanya berisi kehidupan panti. Hingga suatu saat terjadi peristiwa yang membuat mereka berakhir pada mansion kuno dan akhirnya mereka mengetahui jati diri mereka. Nah, storyline ENHYPEN dikemas dengan latar cerita mitologi dengan karakter utama Vampire. Selain itu, ENHYPEN juga memiliki laman website cerita komik di Webtoon dengan judul DARK MOON : The Blood Altar. Cerita ENHYPEN juga terinspirasi dari seri manga asal Jepang, yaitu “The Promised Neverland”

    

 Info Menarik

 1. SBT


    Seiring dengan ramainya fenomena K-Pop yang tidak luput dari merchandise, album fisik, photocard dan sebagainya. Maka dari itu dikenal juga sebutan sbt. Sbt adalah singkatan dari sell, buy dan trade. Pada platform Twitter atau X disebut dengan sobat sbt. Jadi disini kita bisa menjual, membeli ataupun bertukar barang K-Pop. Apabila ingin membeli barang tertentu dapat menggunakan pencarian pada X dengan kata kunci wtb (want to buy) disertai dengan barang yang akan dibeli. Kemudian jika ingin menjual barang bisa menggunakan kata kunci wts (want to sell) disertai dengan barang yang dijual. Terakhir ada wtt (want to trade) apabila kita memiliki barang tertentu kemudian menginginkan barang yang lainnya, kita bisa memakai kata kunci ini. Misalnya;

 wtt/want to trade

have : beomgyu reality

want : soobin reality

2. GO


    GO atau Grup Order. Dalam grup order ini biasanya para penggemar secara bersama-sama membeli produk, tetapi melalui GO. Jadi, penggemar tidak perlu repot membeli langsung pada penjual di Korea, tetapi bisa melalui GO. Di dalam GO ada seorang owner dan juga admin. Seorang owner biasanya akan mengurus pembelian barang (barang Preorder dan Fanmade) dan memberikan info mengenai estimasi barang, sedangkan admin biasanya mendata pembelian barang, mengatur pembayaran dan memberikan informasi terkait barang. 

3. Wishlist


    Wishlist  atau wl adalah istilah untuk photocard atau barang yang diinginkan, tetapi agak sulit didapatkan. Faktornya karena barang tersebut langka atau jumlahnya sedikit. Di GO kita bisa meminta tolong kepada admin untuk mencarikan wl kita tentunya dengan biaya jasa (fee).

4. Phoca-date


    Bagi K-Popers istilah ini familiar ditelinga. Phoca-date adalah melakukan kegiatan; biasanya rekreasi, liburan, makan bersama, main bersama atau datang ke acara tertentu dengan membawa Photocard. Biasanya para penggemar akan saling memotret phoca yang mereka bawa. 

5. Fanmade

Studio.inji

    Fanmade adalah karya berupa biasanya berupa merchandise, tetapi sifatnya tidak resmi karena buatan fans. Fanmade dapat berupa keychain, keyring, cardholder, dan sebagainya. 


Penutup
    Keberhasilan industri musik K-Pop tidak luput dari peran logistik dalam produksi, pengemasan, pendistribusian hingga penyediaan barang. Selain itu, perpindahan properti pertunjukkan juga memerlukan pengaturan transportasi yang cermat agar semua dapat berjalan dengan lancar. Oleh karenanya, dapat dikatakan  logistik memiliki peranan dalam bidang yang luas. Tentunya penulisan dalam artikel ini belum sempurna. Maka dari itu, penulis menerima kritik dan saran supaya ke depannya dapat menjadi acuan dalam menulis. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih.

Referensi
LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...