Istanbul Hingga Cappadocianya: Eksplorasi Ajaib Traveling dan Transportasi Turki yang Menggetarkan Jiwa

Turki adalah sebuah negara yang terletak di antara bagian Asia dan Eropa. Secara geografis, negara ini terletak dibagian selatan Semenanjung Balkan, tepatnya bagian barat laut hitam, dan bagian timur laut Mediterania. Dan negara ini memiliki luas wilayahnya sekitar 783,562 km dan memiliki populasi sekitar 84 juta jiwa. 

Lokasi geografis negara ini pun memainkan peran penting dalam perkembangan ekonomi, politik, maupun logistik. Karena memungkinkan akses mudah ke pasar dan sumber daya penting lainnya, salah satunya adalah gas alam, minyak bumi, bahan tambang,dan destinasi wisata.

Wisata

Bicara tentang wisata turki sendiri memiliki beberapa tempat wisata yang iconic. Oleh karena itu mari mengenal lebih dalam tentang berbagai wisata, dan transportasi yang tersedia di negara turki ini.

1. Istanbul

Tempat traveling di turki pertama ini yang wajib anda kunjungi adalah Istanbul. Istanbul sendiri merupakan kota terbesar yang ada di turki. Di kota ini bisa melihat bangunan dengan arsitektur yang memukau, berbagai situs bersejarah, pusat belanja, makanan, dan pemandangan kota yang indah. Selain itu pemandangan istana indah ditepi laut dan taman kota bisa anda temukan di area bosphorus. Dan jika annda inggin berbelanja, Grand Bazaar menjadikan salah satu pusat tertua dan terbesar didunia yang bisa menjadi destinasi traveling anda.

2. Cappadocia

Tempat selanjutnya yang wajib anda kunjungi jika berkunjung ke negara turki ialah Cappadocia. Terletak di Antolia tengah turki, Cappadocia sendiri terkenal dengan lanskap dongeng yang tidak biasa menyerupai cerobong asap, kerucut, jamur dan puncak. Sehingga daerah ini terkenal sebagai pahatan batu yang indah, disini anda bisa menemukan wisata seperti museum, istana baru, terowongan bawah tanah, cerobong peri, hingga beberapa gua.

3. Bodrum

Bodrum termasuk salah satu tempat wisata di turki yang bisa anda kunjungi jika berkujung ke turki. Terletak di bagian daerah Mugla Povince di wilayah Aegean selatan turki, Bodrum sendiri merupakan situs kota berbenteng kuno, yang pernah menjadi rumah bagi bangunan marmer, kuil undang-undang, jalan beraspal dan Mausoleum, yaitu salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Bodrum sendiri menjadi salah satu destinasi tujuan masyarakat di dunia yang berkunjung ke turki dengan menyajikan reruntuhan yang eksotis, pantai yang memukau, dan berbagai resort yang memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

4. Side

Tempat traveling selanjutnya ialah Side. Merupakan pelabuhan utama di Pamfilia kuno pada abad ke-4 SM. Side sendiri merupakan kota reruntuhan klasik dan resort modern yang indah yang menghadap ke pantai berpasir putih. Terletak di pantai Mediterania, Side menawarkan traveling yang fantastis, kehiduan malam, dan petualan alam yang luar biasa.

5. Marmaris

Marmaris merupaakan salah satu daerah tepi laut yang lumayan pupuler di turki. Berlokasi strategis degan menyajikan pemandangan pegunugan berbalut pinus, pantai berpasir putih, perairan pinus, dan arsitektur yang bersejarah. Disini pengunjung bisa berjalan-jalan di sepanjang jalan berbatu melihat arsitektur tua yang menarik, mengunjungi kastil, atau naik perahu, dan menjelajahi sekitar teluk yang mempesona.

Transportasi dan Logistik

Setelah mengenal lebih dalam tentang berbagai tempat traveling di turki, sekarang kita mengenal transportasi ataupun logistik yang tersedia di negara turki ini.

1. Istanbul Tram

Istanbul Tram adalah sitem tren modern yang dioperasikan oleh metro istanbul. Bagi anda yang tidak inggin melewatkan tempat-tempat wisata populer di istanbul, jalur T1 adalah andalan anda. Pengunjung dikenakan tarif 15 TL untuk satu kali perjalanan dengan mengunakan transportasi Istanbul Tram ini.

2. Istanbul Metro

Berpergian di kota dengan lalu lintas yang padat, akan sangat terbantu dengan jaringan kereta yang komprehensif ini. Dengan keretaa ini kamu dapat menempuh jarak jauh dalam waktu yang relatif singkat. Tarif Istanbul Metro ini adalah 7.67 TL untuk satu kali perjalanan.

3. Metrobus

Metrobus sendiri merupakan sistem busway dengan jalur lintasan khusus yang mengikuti jalan lingkar kota. Artinya pengunjung tidak perlu takut terjebak oleh macet, dan Metrobus sendiri memungkinkan anda untuk berpergian kemana saja di istanbul dengan total 45 halte. Tarif Metrobus sendiri tergantung dari jumlah halte yang di temuh, mulai dari 5.49 TL untuk satu halte hingga 11.38 TL untuk 34 halte atau lebih.

4. Feri

Terdapat beberapa operator feri di istanbul. Feri ini menawarkan kemudahan traveling dengan sepuluh dermaga utama yang terhubung dengan sistem transportasi lain seperti Istanbul Metro, dan bagian terbaiknya anda akan dapat menikmati pemandangan kota yang menakjubkan sepanjang perjalanan. Tarif feri ini berkisar antara 2.6 TL dan 5.2 TL dengan istanbul card.

5. Taksi

Taksi ini mudah ditemukan di daerah turki dan dapat menjadi pilihan praktis untuk pergi daari satu titik ke titik ke titik lainya. Selain menyetopnya dijalan, kamu juga bisa memangil taksi menggunakan handphone. Untuk Tarifnya sendiri sekitar 6.3 TL per kilometernya.

Kesimpulan

Pesona Wisata Turki dari pesona Istanbul hingga keajaiban alam Cappadocianya, yang semakin didukung oleh sistem transportasi dan logistik yang memadai, memungkinkan perjalanan wisata yang lancar dan effisien diantara destinasi menakjubkannya. Pengunjung sendiri dapat menikmati keindahan sejarah dan keajaiban alam turki tanpa hambatan dan kendala, yang menciptakan pengalaman traveling yang tak terlupakan bagi wisatawannya.

Sumber

https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/pl-transportasi-di-istanbul/174592

https://www.geografi.org/2023/02/geografi-negara-turki.html?m=1

https://www.liputan6.com/hot/read/5307065/12-wisata-di-turki-paling-populer-tawarkan-pesona-alam-yang-menakjubkan?page=3


LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...