Ingin mencari tempat wisata di Malang yang indah? Taman Selecta solusinya!

 Nama : Syifa Safira Nur Sya’bani



Kota Batu mempunyai tempat wisata yang cukup unik. Mengapa unik? Karena hanya di sini terdapat kawasan wisata alam yang memuat sejarah panjang kemerdekaan Indonesia. Kawasan ini sudah ada sejak lama, bahkan sejak Belanda pertama kali menduduki Indonesia, kawasan ini sudah mempunyai nama. Berkat pemandangan alam dan udaranya yang sejuk, rasanya tepat jika memilih kota wisata ini sebagai destinasi. Salah satu tempat wisata favorit di Malang adalah Taman Selecta Malang. Menggunakan konsep taman bunga dengan jenis bunga yang berbeda-beda. Warna yang berbeda beda dan wangi bunga menjadi ciri khas kawasan wisata ini. Selain itu, di bagian depan taman pengunjung akan disambut dengan ikan koi yang sudah berumur tahunan. Ketersediaan pelayanan lainnya juga menambah kesempurnaan kawasan wisata ini sebagai destinasi favorit.


Pemandangan Taman Selecta

Nama Taman Selecta Malang berasal dari bahasa Belanda. Kata Belanda "Selectie" berarti pilihan. Objek wisata ini dibangun selama kurang lebih 8 tahun. Masa konstruksinya antara tahun 1920 sampai dengan 1928.





Dahulu, tempat wisata ini tidak dibuka untuk umum dan hanya diperuntukkan bagi orang Belanda untuk bersantai. Namun setelah direnovasi pada tahun 1950, wisata ini masih dibuka untuk umum. Untuk menjelajahi kawasan ini, wisatawan bisa menyusuri jalanan di antara taman bunga yang indah. Selama perjalanan Anda bisa menikmati puluhan jenis dan warna bunga yang berbeda.

Jenis bunga yang dominan antara lain bunga cana, krisan, ajisai dan berbagai bunga asli Indonesia. Meski banyak terdapat bunga-bunga indah, namun wisatawan tidak diperbolehkan memetik bunga di sini atau membawanya pulang.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat bioskop 4 dimensi di sini yang seru dan menyenangkan. Cimena tergolong baru dan nuansanya berbeda dengan bioskop wisata. Film yang ditampilkan terlihat sangat autentik, jadi persiapkan hati dan pikiran Anda untuk menonton filmnya di sini.

Anda bisa memanfaatkan jembatan cantik yang indah untuk spot foto. Dimana terdapat hamparan bunga indah berwarna-warni di sekitar jembatan ini. Tempat ini biasanya menjadi tempat favorit setiap teman lokal yang kebetulan ada disana. Jembatan ini terlihat sangat istimewa karena di bawahnya terdapat danau yang tenang dan airnya cukup jernih.




Ketika sedang asyik berkeliling di Taman Selecta, perut terasa lapar? Jangan khawatir, di sini terdapat banyak restoran dengan konsep alam yang berbeda dan menu makanan lezat berbeda. Jika ditinjau dari segi harga juga termasuk cukup murah. Berkat rasanya yang super nikmat, lidah anda pasti tidak akan bisa berhenti mengunyah. Selain itu, terdapat lebih dari seratus restoran di area tersebut.

Bermain bunga sambil menyegarkan pikiran, objek wisata ini sangat cocok untuk belajar dan mencari pengalaman wisata baru.





Wisata Taman Selecta

Destinasi wisata ini memiliki banyak fasilitas selain hal terkait lingkungan dan lokasi. Ada banyak pilihan wahana di arena ini. Jika anda lelah berjalan-jalan di taman atau ingin mencari pengalaman, anda bisa mencoba wahana outbond, berolahraga, atau bahkan sekedar hangout dan mengobrol bersama. Berikut ini merupakan uraian singkat mengenai tujuh wahana unggulan di objek wisata Taman Selecta Malang.


Sky Bike – Sepeda Langit di Taman Selecta Malang




Wahana pertama adalah Sky Bike. Sesuai dengan namanya, wahana ini merupakan wahana dimana wisatawan dapat bersepeda di atas angkasa. Spesifik wahana Sky Bike bisa anda gunakan untuk berkeliling kawasan Taman Selecta Malang. Kendaraan ini ibarat sepeda yang mengikuti rute tetap. Rute ini membawa Anda mengelilingi taman bunga yang indah. Wisatawan yang mendaki ke sana bisa berfoto dari atas taman dengan latar belakang bunga berwarna-warni.


Waterpark 



Wahana berikutnya adalah water park. Objek wisata ini berupa kolam renang untuk wisatawan khususnya anak-anak. Berupa kolam besar dengan perosotan dan beberapa wahana bermain lainnya.
Water park ini menarik karena airnya berasal dari mata air pegunungan sehingga sangat jernih. Namun jangan terlalu lama berendam disini karena airnya dingin dan letaknya yang dataran tinggi membuat hawa dingin semakin parah jika daya tahan tubuh anda tidak kuat.





wahana selanjutnya adalah berkuda. Selain menyediakan beragam pengalaman melalui wahana air dan udara, wahana darat juga tidak ketinggalan. Berkuda tersedia untuk penumpang anak-anak dan dewasa. Selain kuda yang tersedia banyak, perlengkapannya juga sangat lengkap seperti sepatu, topi, dan tali kekang.

Wisatawan menempuh jalur menarik untuk menikmati sisi berbeda Taman Selecta Malang dengan menunggang kuda. Kuda yang ada di Taman Selecta Malang juga jinak dan sangat sopan.


Kora-Kora (Perahu Ayun)




Wahana yang kelima adalah Swing Boat atau dikenal juga dengan sebutan kora-kora. Kendaraan berbentuk perahu besar ini bergoyang ke kiri dan ke kanan. Bagi yang menginginkan pengalaman bermain berbeda, perjalanan kali ini akan meninggalkan kesan berbeda. Selain melatih keberanian anak, wahana ini juga membuat mereka gelisah. Wisatawan bergoyang sekitar 90° di dalam perahu. Jika Anda tidak ingin basah atau kedinginan, perjalanan ini cocok karena membuat jantung Anda berdebar kencang.

Bioskop 4D




Wahana berikutnya adalah bioskop 4D. Tidak seperti kebanyakan tempat, bioskop ini menyuguhkan film-film dengan konsep berbeda. Wisatawan bisa merasakan langsung petualangan dan keseruan film tersebut. Berkat konsep empat dimensi ini, film tidak hanya berlangsung melalui indera penglihatan dan pendengaran. Namun, wisatawan atau penonton terkadang merasakan sendiri efek yang dihasilkan serta gerak film tersebut. Menonton film ini bersama teman atau keluarga menambah keseruannya.

Taman ini tepatnya terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu. Jarak yang ditempuh dari Kota Malang sekitar 25 Kilometer, sementara dari pusat Kota Batu sekitar 4 Kilometer. Jika kalian sedang berada di Malang, jangan lupa mampir ke Taman Selecta yaa sahabat!











Sumber :
https://travelspromo.com/htm-wisata/taman-selecta-malang-batu/
https://www.nativeindonesia.com/taman-selecta/#google_vignette




















LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...