How Improved Logistics Will Grow Your Fashion And Apparel Bussines
Bagaimana Peningkatan logistik Akan mengembangkan
Bisnis Fashion Dan Pakaian Anda
Dunia saat ini sangat bergantung pada
pengiriman yang cepat dan andal. Khususnya untuk industri fashion dan pakaian
jadi, yang mencakup rantai pasokan multi-langkah yang kompleks, Anda perlu
mengetahui bahwa produk bisnis Anda akan sampai ke tujuan dengan cepat dan
efisien. Proses pengiriman yang cepat dan terorganisir memungkinkan
perusahaan fashion mengikuti perubahan tren dan permintaan
konsumen.
Sama seperti bidang lainnya, manajemen rantai
pasokan di industri pakaian jadi sangatlah penting. Logistik dapat membawa
operasi Anda selangkah lebih maju, memastikan perencanaan dan prosedur
pengiriman Anda terorganisir dan seefisien mungkin.
Logistik rantai pasokan melihat bagaimana
sumber daya dan produk diperoleh dan diangkut, dengan memberikan perhatian
khusus untuk menemukan pemasok dan distributor yang paling efektif.
Tanpa logistik yang tepat, bisnis
Anda bisa tersendat dalam metode pengirimannya. Beberapa masalah umum yang
timbul dari rantai pasokan fashion yang bergerak cepat meliputi:
- Kekurangan sumber daya: Penundaan rantai pasokan pada titik mana pun dalam proses akan
menghentikan seluruh operasi. Jika bisnis Anda mengalami kekurangan
sumber daya yang tidak terduga saat membuat atau menjual produk, Anda akan
mendapatkan keuntungan dari strategi logistik yang lebih baik.
- Kurangnya transparansi: Karena meningkatnya kekhawatiran mengenai etika
fast fashion , banyak konsumen yang menuntut transparansi rantai
pasokan. Pembeli ingin mengetahui dari mana pakaian mereka berasal
dan kondisi di mana pakaian tersebut diperoleh dan diproduksi. Merek
yang menyembunyikan informasi ini dapat menghadapi dampak buruk dari
pembeli yang menganjurkan praktik fashion yang lebih etis.
- Perkiraan permintaan yang tidak akurat: Karena tren fashion sering berubah,
perusahaan harus mengikuti persiapan musim depan. Tren baru mungkin
sulit diprediksi, karena preferensi konsumen, serta masukan dari media dan
influencer, dapat menambah atau mengurangi lamanya popularitas
gaya. Untuk memenuhi permintaan yang tidak terduga, bisnis sering
kali mengirimkan kelebihan inventaris ke toko, yang dalam beberapa kasus
berguna, namun sering kali menyebabkan inventaris
toko terlalu banyak menimbun sehingga tidak terjual.
Logistik dapat mengatasi banyak
masalah rantai pasokan di atas. Meningkatkan logistik pengiriman
perusahaan Anda mempersiapkan Anda dengan pandangan ke depan dan rencana
cadangan yang efektif, sehingga Anda dapat memproduksi dan mengirimkan barang
dagangan dalam berbagai keadaan. Menggunakan logistik juga membantu
perusahaan Anda menentukan prioritasnya sehingga Anda dapat fokus pada beberapa
tujuan utama dan melakukannya dengan baik.
Beberapa
manfaat logistik praktis meliputi:
1. Penghematan Biaya
Gunakan logistik rantai pasokan untuk
menghemat biaya di seluruh operasi Anda. Anda dapat melakukannya dengan
langkah-langkah seperti ini:
- Lihat kapan Anda dapat memanfaatkan opsi pengiriman kurang dari muatan truk (LTL) untuk menghemat biaya pengiriman.
- Simpan
pakaian Anda lebih dekat dengan pelanggan atau toko untuk mengurangi biaya
transportasi.
- Analisis
logistik Anda untuk melihat apakah Anda dapat mengurangi tenaga kerja
dalam operasi Anda, sehingga menghemat biaya tenaga kerja.
Penggunaan logistik di industri fashion juga dapat memberikan manfaat bagi pelanggan dengan praktik pengiriman yang lebih baik, sehingga berpotensi menghasilkan pembeli yang kembali dan lebih banyak penjualan.
2. Fleksibilitas
Logistik pengiriman memberi Anda fleksibilitas di semua titik dalam rantai pasokan. Karena Anda akan memiliki kendali yang lebih baik atas operasi Anda, Anda akan dapat beradaptasi dengan insiden tertentu atau perubahan industri jika diperlukan. Peningkatan fleksibilitas dapat datang dari berbagai bidang, seperti memilih untuk bermitra dengan perusahaan pelayaran terpercaya yang dapat mengirim ke berbagai lokasi geografis.
3. Kemampuan Memantau Permintaan Konsumen
Peningkatan visibilitas ke dalam
proses perusahaan memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan inventaris dengan lebih
akurat. Daripada menimbun toko secara berlebihan, Anda dapat menggunakan
lokasi lain, seperti gudang pelabuhan, sebagai area penyimpanan sementara dan
memindahkan inventaris ke toko sesuai kebutuhan.
Anda juga dapat menggunakan
analitik tingkat lanjut untuk memprediksi tren pasar berkembang dengan lebih
baik dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang perlu Anda
kirimkan, ke mana, dan kapan. Pengetahuan permintaan yang lebih baik
mengurangi peluang Anda memiliki persediaan terlalu banyak atau terlalu
sedikit.
4. Peningkatan Transparansi
Peningkatan teknologi dan logistik
membuat pelacakan berbagai langkah dalam rantai pasokan menjadi lebih mudah
dari sebelumnya. Perusahaan Anda kemudian dapat menerjemahkan pengetahuan
ini kepada pelanggan Anda, memberikan mereka informasi yang tersedia untuk
pengambilan keputusan yang etis. Transparansi juga membantu bisnis Anda
lebih memahami tingkat inventaris, operasional, dan biayanya, untuk melakukan
perbaikan lebih lanjut dalam jangka panjang.
5. Potensi Keberlanjutan
Karena semakin banyak konsumen yang
menghargai praktik perusahaan yang berkelanjutan, khususnya dalam industri fashion, perencanaan dan persiapan menjadi
faktor penting dalam keputusan pembeli. Dengan membantu perusahaan berjalan
lebih efisien dan bekerja lebih baik dengan pemasok, peningkatan logistik juga
memberikan peluang bagi perusahaan Anda untuk mendedikasikan lebih banyak waktu
dan sumber daya untuk menerapkan praktik ramah lingkungan. Fokus tersebut
dapat menghormati nilai-nilai pelanggan dan mengurangi dampak lingkungan Anda.
Kesimpulan
Sistem logistik fashion memiliki tiga tantangan
signifikan: mudah rusak, kebutuhan tidak dapat diprediksi, dan jadwal produksi.
Toko pakaian harus mengidentifikasi barang mana yang diproyeksikan berkorelasi
dengan pola masa depan dan harus tersedia untuk beberapa bulan ke depan. Namun,
barang fashion sangat mudah rusak karena tren sering kali hanya bertahan
beberapa minggu.