HOW IMPROVED LOGISTICS WILL GROW YOUR FASHION AND APPAREL BUSSINES

 

How Improved Logistics Will Grow Your Fashion And Apparel Bussines

Bagaimana Peningkatan logistik Akan mengembangkan Bisnis Fashion Dan Pakaian Anda

 


Dunia saat ini sangat bergantung pada pengiriman yang cepat dan andal. Khususnya untuk industri fashion dan pakaian jadi, yang mencakup rantai pasokan multi-langkah yang kompleks, Anda perlu mengetahui bahwa produk bisnis Anda akan sampai ke tujuan dengan cepat dan efisien. Proses pengiriman yang cepat dan terorganisir memungkinkan perusahaan fashion mengikuti perubahan tren dan permintaan konsumen.

Sama seperti bidang lainnya, manajemen rantai pasokan di industri pakaian jadi sangatlah penting. Logistik dapat membawa operasi Anda selangkah lebih maju, memastikan perencanaan dan prosedur pengiriman Anda terorganisir dan seefisien mungkin.

Logistik Rantai Pasokan Didefinisikan

Logistik rantai pasokan melihat bagaimana sumber daya dan produk diperoleh dan diangkut, dengan memberikan perhatian khusus untuk menemukan pemasok dan distributor yang paling efektif. 

Masalah Rantai Pasokan Industri Fashion

Tanpa logistik yang tepat, bisnis Anda bisa tersendat dalam metode pengirimannya. Beberapa masalah umum yang timbul dari rantai pasokan fashion yang bergerak cepat meliputi: 

  • Kekurangan sumber daya: Penundaan rantai pasokan pada titik mana pun dalam proses akan menghentikan seluruh operasi. Jika bisnis Anda mengalami kekurangan sumber daya yang tidak terduga saat membuat atau menjual produk, Anda akan mendapatkan keuntungan dari strategi logistik yang lebih baik. 
  • Kurangnya transparansi: Karena meningkatnya kekhawatiran mengenai etika fast fashion , banyak konsumen yang menuntut transparansi rantai pasokan. Pembeli ingin mengetahui dari mana pakaian mereka berasal dan kondisi di mana pakaian tersebut diperoleh dan diproduksi. Merek yang menyembunyikan informasi ini dapat menghadapi dampak buruk dari pembeli yang menganjurkan praktik fashion yang lebih etis. 
  • Perkiraan permintaan yang tidak akurat: Karena tren fashion sering berubah, perusahaan harus mengikuti persiapan musim depan. Tren baru mungkin sulit diprediksi, karena preferensi konsumen, serta masukan dari media dan influencer, dapat menambah atau mengurangi lamanya popularitas gaya. Untuk memenuhi permintaan yang tidak terduga, bisnis sering kali mengirimkan kelebihan inventaris ke toko, yang dalam beberapa kasus berguna, namun sering kali menyebabkan inventaris toko terlalu banyak menimbun sehingga tidak terjual.

 

 Pentingnya Logistik dalam Industri Fashion

Logistik dapat mengatasi banyak masalah rantai pasokan di atas. Meningkatkan logistik pengiriman perusahaan Anda mempersiapkan Anda dengan pandangan ke depan dan rencana cadangan yang efektif, sehingga Anda dapat memproduksi dan mengirimkan barang dagangan dalam berbagai keadaan. Menggunakan logistik juga membantu perusahaan Anda menentukan prioritasnya sehingga Anda dapat fokus pada beberapa tujuan utama dan melakukannya dengan baik.

Beberapa manfaat logistik praktis meliputi:

1. Penghematan Biaya

Gunakan logistik rantai pasokan untuk menghemat biaya di seluruh operasi Anda. Anda dapat melakukannya dengan langkah-langkah seperti ini:

  • Lihat kapan Anda dapat memanfaatkan opsi pengiriman kurang dari muatan truk (LTL) untuk menghemat biaya pengiriman.
  • Simpan pakaian Anda lebih dekat dengan pelanggan atau toko untuk mengurangi biaya transportasi.
  • Analisis logistik Anda untuk melihat apakah Anda dapat mengurangi tenaga kerja dalam operasi Anda, sehingga menghemat biaya tenaga kerja.

Penggunaan logistik di industri fashion juga dapat memberikan manfaat bagi pelanggan dengan praktik pengiriman yang lebih baik, sehingga berpotensi menghasilkan pembeli yang kembali dan lebih banyak penjualan.

2. Fleksibilitas

Logistik pengiriman memberi Anda fleksibilitas di semua titik dalam rantai pasokan. Karena Anda akan memiliki kendali yang lebih baik atas operasi Anda, Anda akan dapat beradaptasi dengan insiden tertentu atau perubahan industri jika diperlukan. Peningkatan fleksibilitas dapat datang dari berbagai bidang, seperti memilih untuk bermitra dengan perusahaan pelayaran terpercaya  yang dapat mengirim ke berbagai lokasi geografis.

3. Kemampuan Memantau Permintaan Konsumen

Peningkatan visibilitas ke dalam proses perusahaan memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan inventaris dengan lebih akurat. Daripada menimbun toko secara berlebihan, Anda dapat menggunakan lokasi lain, seperti gudang pelabuhan, sebagai area penyimpanan sementara dan memindahkan inventaris ke toko sesuai kebutuhan.

Anda juga dapat menggunakan analitik tingkat lanjut untuk memprediksi tren pasar berkembang dengan lebih baik dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang perlu Anda kirimkan, ke mana, dan kapan. Pengetahuan permintaan yang lebih baik mengurangi peluang Anda memiliki persediaan terlalu banyak atau terlalu sedikit. 

4. Peningkatan Transparansi

Peningkatan teknologi dan logistik membuat pelacakan berbagai langkah dalam rantai pasokan menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Perusahaan Anda kemudian dapat menerjemahkan pengetahuan ini kepada pelanggan Anda, memberikan mereka informasi yang tersedia untuk pengambilan keputusan yang etis. Transparansi juga membantu bisnis Anda lebih memahami tingkat inventaris, operasional, dan biayanya, untuk melakukan perbaikan lebih lanjut dalam jangka panjang. 

5. Potensi Keberlanjutan

Karena semakin banyak konsumen yang menghargai praktik perusahaan yang berkelanjutan, khususnya dalam industri fashion, perencanaan dan persiapan menjadi faktor penting dalam keputusan pembeli. Dengan membantu perusahaan berjalan lebih efisien dan bekerja lebih baik dengan pemasok, peningkatan logistik juga memberikan peluang bagi perusahaan Anda untuk mendedikasikan lebih banyak waktu dan sumber daya untuk menerapkan praktik ramah lingkungan. Fokus tersebut dapat menghormati nilai-nilai pelanggan dan mengurangi dampak lingkungan Anda.


Kesimpulan

Sistem logistik fashion memiliki tiga tantangan signifikan: mudah rusak, kebutuhan tidak dapat diprediksi, dan jadwal produksi. Toko pakaian harus mengidentifikasi barang mana yang diproyeksikan berkorelasi dengan pola masa depan dan harus tersedia untuk beberapa bulan ke depan. Namun, barang fashion sangat mudah rusak karena tren sering kali hanya bertahan beberapa minggu.

 

Writter : Nazwa Laura Silvana (182230128)

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...