Golden Disc Awards Akan Hadir di Indonesia! : Peran Logistik dan Transportasi Segera Dipersiapkan.

Acara Penghargaan Golden Disc Awards ke-38

Dalam industri musik, logistik dan transportasi memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran distribusi dan promosi karya musik. Logistik dan transportasi memungkinkan karya musik dapat diangkut dari studio rekaman ke tempat-tempat konser dan penjualan. Selain itu, logistik dan transportasi juga memungkinkan karya musik dapat didistribusikan ke berbagai platform digital seperti Spotify, Apple Music, dan YouTube Music. Layanan pengiriman cepat dan efisien yang ditawarkan oleh penyedia layanan musik juga memungkinkan karya musik dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas dan lebih cepat.

Logistik mencakup keseluruhan kegiatan dari proses pengelolaan seumber daya dapat diperoleh, disimpan, dan diangkut sampai pada tujuan akhir yang telah ditetapkan. Di Indonesia sendiri, logistik menjadi peran utama yang mendukung pergerakan manufaktur dan marketing. Dikarenakan prosesnya ini, maka logistik sangat erat kaitannya dengan transportasi. Transportasi adalah alat penggerak kegiatan ekonomi yang paling penting di antara komponen sistem logistik bisnis. Sekitar sepertiga hingga dua pertiga dari pengeluaran biaya logistik perusahaan dihabiskan untuk transportasi.

Dalam rangka memastikan kelancaran distribusi karya musik, transportasi dan logistik juga memungkinkan penyedia layanan musik untuk menawarkan layanan pengiriman cepat dan efisien. Layanan pengiriman cepat dan efisien ini memungkinkan karya musik dapat diakses oleh khalayak yang lebih luas dan lebih cepat. Selain itu, transportasi dan logistik juga memungkinkan penyedia layanan musik untuk menawarkan layanan pengiriman khusus seperti pengiriman karya musik dalam format fisik seperti CD dan vinyl.

Penyelenggaraan Golden Disc Awards di Indonesia


Panggung Golden Disc Awards di Jepang


Dilansir dari situs resmi GDA atau bisa disebut Golden Disc Award, acara ini ialah acara penghargaan musik bergengsi asal Kore Selatan . Acara ini awalnya didirikan sejak tahun 1986 dan seiring berjalannya waktu acara ini pun turut memberikan kontribusi yang signifikan pada perkembangan industri musik di Korea Selatan. Aajang bergengsi ini menjadi pencapaian tinggi bagi para musisis Korea, yang dimana acara ini melihat para pemenang melalui  besar kecilnya penjualan album dan streaming digital.

Kabar yang membawa berita tentang acara penghargaan bergengsi Korea Selatan semakin membuat gencar seluruh pecinta musik dan seni, khususnya warga negara indonesia. Bgaiamana tidak, Indonesia telah berhasil mendapatkan kesempatan untuk menyelenggarakan acara yang megah dan bertaraf internasional. Topik pembahasan ini masih hangat dibicarakan di antara kalangan penggemar K-POP yang sangat menantikan ajang bergengsi Golden Disc Award dan tidak sabar untuk menyaksikan acara ini. Acara Penghargaan itu sendiri mempunyai arti yakni dimana piala -piala dari beberapa nominasi akan diberikan kepada para pemenang dari nominasi-nominasi tersebut. Tidak hanya itu saja, biasanya pada acara penghargaan terdapat segmen beberapa artis menunjukkan karya-karya yang telah mereka buat dalam karir mereka.


Line Up Selebriti Korea Selatan

Informasi terkait diadakannya ajang tersebut telah diumumkan langsung melalui media sosial Instagram resminya pada Selasa (31/10/2023). “Acara penghargaan musik pop paling bergengsi! Golden Disc Awards ke-38 akan diadakan di Jakart, Indonesia pada 6 Januari 2024,” @golden_disc. Diketahui juga konser tersebut akan diselenggarakan di Jakarta International Stadium (JIS). Acara Golden Disc Award sudah pernah diadakan di beberapa negara yakni Jepang, Tiongkok, Malaysia dan yang terakhir di Thailand. Hal ini membuat penggemar musik di negara indonesia sangat antusias menyambut acara penghargaan ini.

Telah diketahui bahwa promotor dari ajang penghargaan Golden Disc Award (GDA) ke-38 adalah Nusa Indah Ceria Entertainment 9NICEEntertainment). Melalui unggahan pada akun Instagramnya yaitu @niceevents.id mengumumkan  satu persatu sederet arti-artis ternama sebagai bintang tamu dalam penampilan di ajang Golden Disc Award nantinya. Tentunya hal tersebut mendapat respon positif dari para penggemar sehingga mereka berharap dapat bertemu dan menyaksikan penampilan idola mereka pada acara tersebut.

Progres Persiapan Pada Bidang Logistik dan Transportasi 

Disebabkan oleh semakin dekatnya ajang Golden Disc Award yang akan diadakan di Jakarta, Indonesia. Seluruh pantia acara dan orang-orang yang terlibat demi keberlangsungan acara ini kian mematangkan berbagai persiapan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, pengaruh dari bidang logistik harus terus ditingkatkan supaya acara ini dapat mendapat hasil yang masksimal. Misalnya, struktur panggung yang kokoh harus dikoordinasi seperti pondasi-pondasi sebagai penyanggah panggung atau lainnya. Jika persiapan ini tidak optimal maka tidak dapat dipungkiri suatu kemungkinan bisa saja membahayakan para bintang tamu dan penonton. Selain dari konstruksi panggung, perlu adanya penataan properti yang baik dan penyediaan kursi yang cukup bagi para penonton dan juga para artis yang hadir.


Peta Venue Stadium

Dalam segi transportasi, bidang ini memiliki peran penting dalam memastikan kelancaran distribusi, promosi karya music, dan aspek penting lainnya. Beberapa jenis transportasi yang dapat digunakan dalam industri musik antara lain:

  1. Truk: Truk digunakan untuk mengangkut peralatan musik seperti gitar, drum, dan peralatan audio ke tempat konser.
  2. Kapal: Kapal digunakan untuk mengangkut peralatan musik dan merchandise ke negara yang dituju.
  3. Kereta api: Kereta api digunakan untuk mengangkut peralatan musik dan merchandise yang dibutuhkan.

Penghargaan Golden Disc Award ke-38 akan menjadi produksi acara terbesar dalam sejarah konser K-POP di Inonesia. Promotor yang menyelanggarakan acara ini akan memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik untuk para penggemar. Mereka juga telah bekerja sama dengan standar internasional tertinggi  di Asia Tenggara untuk memproduksi acara dan menciptakan panggung yang megah dan mewah.

Pembelian Tiket Online

Untuk saat ini harga tiket resmi Golden Disc Award berkisar antara Rp800.000 hingga Rp2,9 juta. Tetapi, harga tiket bisa saja berubah sesuai dengan kebijakan penyelenggara. Untuk menunjang tingkat efisiensi pada proses pembelian tiket, berikut layanan yang disediakan oleh pihak penyelenggara yang telah bekerja sama dengan beberapa pihak :

  1. goldendiscawardsjkt.com
  2. Aplikasi Livin’ by Mandiri
  3. MyPertamina

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...