Fashion Sepatu Brand terkenal

 

Mochamad Daffa Razzandra Rahadian

182230051

1LA


Sepatu Adidas

             Pada 18 Agustus 1949, Adi Dassler mendaftarkan perusahaan pembuat sepatu barunya, dengan nama “adidas”, sebuah portmanteau huruf kecil sederhana dari nama depan dan belakangnya yang disingkat. Nama bisnis yang tidak rumit mungkin merujuk pada kerangka berpikir pendirinya saat ini, yakni adidas tidak diragukan lagi adalah milik Adi. Huruf kecil “a” pada brand ini mengisyaratkan suatu bentuk kepasifan, yakni keinginan untuk tidak terlalu diperhatikan.

 

Pendirian adidas yang baru lahir dimulai pada tahun 1920, ketika Adi, seorang fanatik olahraga introvert dan jagoan desain, membuat sepasang sepatu sepak bola pertamanya dari sisa-sisa barang yang ditemukan di medan perang Perang Dunia I. Sekitar waktu yang sama, ayahnya mengubah bisnis tenun keluarga menjadi pabrik sepatu, dan di sana Adi terus mengutak-atik desain sepatu sepak bola, yang saat itu cukup kikuk dan rumit untuk dipakai akibat bagian jari kaki baja berat dijepit menjadi tebal dan kaku. Perusahaan lain kemudian menciptakan gaya sepatu yang lebih kecil dan Adi mengikuti model yang lebih ringan ini dengan menambahkan enam atau tujuh kancing yang bisa dilepas ke solnya untuk diganti sesuai cuaca.

 

Pada tahun 1923, kakak laki-laki Adi, Rudolf, menginginkan untuk bergabung dalam permainan tersebut dan menawarkan dirinya yang mudah berteman sebagai penjual perusahaan. Hal ini membuat bisnis keluarga ini menjadi sempurna. Pada tahun 1937, Gebrüder Dassler (Dassler Brothers) membuat 30 model sepatu berbeda untuk 11 olahraga berbeda. Naiknya Hitler ke kursi kekuasaan pada waktu yang sama, pada awalnya menjadi hal yang baik bagi Gebrüder Dassler. Perusahaan pun berkembang pesat, karena Führer mempromosikan klub olahraga dan pesanan masuk. Namun, perpecahan politik antara saudara-saudara menyebabkan pertikaian di antara mereka. Rudolf pertama-tama menuduh Adi yang lebih tertutup menghindari wajib militer, karena Adi tetap tinggal di pabrik untuk membuat sepatu perang dan perlengkapan lainnya. Lalu, Adi menyebut saudaranya sebagai pengkhianat saat pasukan Sekutu datang untuk menangkap kakak laki-lakinya, karena koneksi Nazi-nya pada tahun 1945.

 

Rudolf akhirnya dibebaskan, tetapi hubungan keluarganya hancur. Saudara-saudara memutuskan hubungan dan memisahkan perusahaan. Adi mempertahankan yang lebih besar dari dua pabrik tersebut.

 

Adidas bukan hanya terkenal dengan produk sepatunya, tetapi juga dengan produk pakaian dan aksesoris olahraga. Adolf Dassler memang tidak main-main dalam membuat desain sepatu dan perlengkapan olahraga ini. Kualitas baik produk-produknya terbukti dengan banyaknya atlet ternama yang menggunakan produk Adidas di setiap pertandingannya, seperti David Beckham.

 

Selain David Beckham, banyak juga atlet yang bersedia meng-endorse produk-produk Adidas untuk seumur hidup. Artis-artis terkenal dan juga influencer juga banyak yang turut meng-endorse produk Adidas dalam aktivitas keseharian mereka. Ini menjadi sebuah bentuk jaminan atas kualitas produk yang luar biasa dan nyaman digunakan. Produksi pakaian ini tentunya bukan sebuah hal yang mudah dan bisa sembarangan. Virgin Galactic memilih Adidas, karena ia percaya bahwa Adidas pasti tak akan mengecewakan mereka, dan akan memberikan produk dengan kualitas yang terbaik.

 

Dalam pertandingan sepak bola di televisi, kita juga pasti sering menemukan tulisan Adidas sebagai sponsor atau mungkin logo Adidas pada pakaian yang digunakan oleh seragam tim sepak bola. Hal ini menjadi bukti lain yang menunjukkan bahwa produk-produk Adidas nyaman dipakai oleh para atlet sepak bola. Bukan hanya sepak bola, sepatu dan aksesoris olahraga brand Adidas juga sering kita temukan pada pertandingan bola basket. Oleh karena seringnya mendukung setiap pertandingan pemain basket NBA, banyak yang mengira bahwa Adidas Indonesia berasal dari Jerman.

 

Industri olahraga sudah berkembang sedemikian rupa hingga menjadi bisnis raksasa yang menjaring. Industri olahraga menjadi yang terdepan dalam showbiz global. Nilai pasar olahraga di dunia ini tak tertandingi. Bahkan, industri olahraga tak lagi menjadi sebuah bisnis dan basis prestasi tinggi yang membanggakan. Melalui buku Sports Marketing ini, kita akan mengenal olahraga yang dipakai sebagai instrumen efektif untuk mempromosikan dan memperkuat branding negara.

 

Branding menjadi aset penting bagi sebuah perusahaan. Saking pentingnya, hingga memunculkan satu pernyataan mengenai branding sendiri, yakni “branding is a BIG business“, yang berarti bisnis besar yang tidak ternilai harganya. Brand bisa mengambil perusahaan yang Anda miliki sekaligus pelanggan Anda. Buku ini akan menjelaskan strategi branding yang terbagi menjadi branding strategy 1.0 (tradisional) dan branding strategy 2.0 (modern). Perkembangan dunia branding saat ini sangat pesat, meskipun begitu, ada branding strategy tradisional yang masih eksis dan digunakan sampai sekarang. Sedangkan strategi branding 2.0 (modern) menggunakan media dan strategi yang berbeda.

 

Selain memproduksi produk-produk olahraga dan fashion, Adidas juga dipercaya menjadi pembuat pakaian luar angkasa yang akan dipakai oleh Virgin Galactic.

 

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...