Fashion Mengekspresikan Diri Kita Yang Sebenarnya

 


Abstrak

Istilah “fashion” tentu sudah tidak asing dalam kehidupan sehari-hari. Banyak anggapan yang berpendapat bahwa fashion hanyalah sebuah pakaian yang dikenakan dalam keseharian. Namun dibalik itu semua, fashion juga bisa dikatakan sebagai cara kita untuk menunjukkan diri kita. Melalui fashion yang dikenakan, dapat memberi tahu atau memberi informasi komunikasi kepada siapapun tentang diri kita, bagaimana keadaan diri kita pada setiap waktu. Terkadang dengan menggunakan fashion yang sesuai dengan keinginan kita, dapat membuat suasana hati atau diri menjadi lebih senang dan membuat diri kita percaya diri.

Cara setiap individu memilih dan mengenakan fashion tentu berbeda-beda. Semua bergantung pada kesukaan dan ketertarikan yang ada pada diri sendiri. Dalam mengembangkan fashion yang ada pada diri sendiri, terlebih dahulu harus memahami ketertarikan pada diri sendiri tidak bisa adanya paksaan. Bagaimanapun, dengan adanya fashion yang kita sukai membuat diri akan menjadi lebih berani untuk tampil di sekitar. Terdapat individu yang hanya memakai fashion dengan simple, namun ada juga yang memakai fashion mewah. Hal tersebut termasuk dalam mengekspresikan diri kita dalam setiap keadaan.

Penggunaan fashion juga tentu harus disesuaikan dengan sebuah keadaan, watktu, tempat, dan siapa yang memakainya. Tepat dikatakan bahwa fashion cara kita mengekspresikan diri sendiri, namun hal tersebut juga harus dikondisikan. Karena ada beberapa keadaan yang membuat kita harus berpenampilan sesuai dengan kondisi yang terjadi. Contohnya seperti dalam keadaan berduka, tentu saja kita tidak mungkin menggunakan pakaian dengan warna yang mencolok sekitar.

Perkembangan Fashion

Dalam perkembangannya, fashion dapat dikatakan sebagai sesuatu yang berkembang cukup pesat dan cepat. Dengan adanya teknologi, semua fashion dapat masuk ke dalam dunia, baik fashion dari luar maupun dari dalam. Trend fashion inilah yang membuat generasi z semakin bergejolak dalam mengenakan sebuah pakaian yang terbaik menurut dirinya sendiri. Trend fashion ini biasa disebut dengan outfit atau ootd. Fashion yang biasa dilakukan oleh gen z sekarang yaitu dengan menambahkan aksesoris pada pakaian nya, hal itu terjadi baik kepada pria maupun wanita.

Terdapat banyak istilah yang digunakan dalam fashion. Nama-nama fashion yang digunakan pada saat ini seperti gaya kasual, vintage, formal, streetwear, dan masih banyak lagi. Biasanya yang sering memakai fashion secara maksimal terjadi pada kalangan mahasiswa dan mahasiswi. Secara tidak langsung, pada saat ke kampus mereka sudah menunjukkan fashion dari diri mereka sendiri. Sehingga sering terjadi pro kontra bahwa kampus bukanlah tempat untuk menuntut ilmu, melainkan menjadi cara mahasiswa mahasiswi untuk bersaing menampilkan outfit. Namun hal itu kembali lagi pada prinsip yang ada pada setiap individu.

Jenis Fashion

Lalu, apa saja yang menjadi tren fashion dalam perkembangan saat ini? Berikut merupakan beberapa jenis fashion yang sedang menjadi tren saat ini!

1.     Casual Style

Biasanya, perpaduan pakaian yang simple dan nyaman yang memberikan kesan santai namun tetap stylish di pandang oleh sekitar.

2.     Chic Style

Merupakan penekanan warna pakaian dengan warna netral seperti hitam, putih, dan abu-abu. Biasa digunakan dalam acara formal ataupun semi formal. Terlihat santai tetapi elegant.

3.     Streetwear Style

Dengan menggunakan pakaian seperti kaos, jaket, jeans, hoodie, dan sepatu sneakers.

Vintage Style

Mengacu pada pakaian model masa lalu era 60, 70, atau 80-an yang bangkit kembali menjadi tren saat ini. Cenderung pada saat ini, jenis style vintage paling banyak digunakan dan ditemukan.


Dengan beberapa contoh diatas, merupakan style atau fashion yang sedang meningkat digunakan pada masyarakat. Bahkan, penggunaan beberapa contoh fashion diatas tidak hanya digunakan di Indonesia saja, tetapi sudah menjalar hampir ke seluruh dunia. Tetapi, terkadang tidak semua style atau fashion bagus pada tubuh kita. Sebelum memakainya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih fashion agar terlihat menarik. Apa saja yang harus diperhatikan? Yuk simak hal-hal yang harus diperhatikan dibawah ini!

1.  Mengenali bentuk tubuh, dalam setiap orang pasti mempunyai bentuk tubuh yang berbeda-beda. Dengan memahami bentuk tubuh, dapat mempermudah pakaian yang cocok untuk mengekspresikan diri kita.

2. Mencari refrensi outfit, dengan menggunakan teknologi dapat membantu dalam menelaah atau menelusuri outfit yang dikenakan oleh model yang sama bentuk tubuhnya dengan kita.

3. Mix and match busana, setelah itu cobalah untuk menggabungkan beberapa pakaian yang cocok untuk dikembangkan atau digabungkan dengan kombinasi warna tekstur dan potongan yang berbeda.

4. Setelah semua dilakukan, terakhir ialah eksplor gaya diri sendiri. Dengan mengembangkan dan lebih mencari lebih banyak atua beragam mengenai outfit fashion yang cocok pada dirimu, juga bisa meminta pendapat kepada orang lain mengenai outiftmu.

Dampak Positif Negatif Perkembangan Fashion

Dengan perkembangan fashion, tentu saja memiliki dampak positif juga negatif. Dalam setiap hal yang berkembang, tentu akan ada proses perkembangan itu dianggap pro maupun kontra. Sisi positif yaitu dengan menggunakan perkembangan teknologi, setiap individu bebas untuk memilih fashion nya dengan cara mencari, atau bahkan membelinya melalui aplikasi belanja online. Selain itu, setiap individu juga mempunyai kebebasan dalam mengekspresikan dirinya. Namun terdapat dampak negatif, karena akibat perkembangan teknologi juga mempengaruhi yaitu fashion dunia luar akan masuk ke dunia dalam atau asal. Sehingga terkadang terdapat beberapa individu yang kurang tepat memakai fashion yang dikenakan. Selain itu, produk lokal akan jarang digunakan oleh pemakai karena masuknya barang dari luar negeri.

Sisi Logistik Fashion



Selain fashion digunakan untuk mengekspresikan diri kita, fashion juga berkaitan dengan logistik. Dalam hal apa terdapat logistic pada fashion? Terdapat dalam pemasokan pakaian atau aksesoris, terutama yang berasal dari luar sangat melakukan peran logistic yaitu pendistribusian barang. Selain itu juga terdapat kegiatan impor barang atau bahkan sebaliknya. Kemudian, dari proses awal membuat hingga sampai menjadi pakaian yang sebenarnya juga memerlukan proses logistic, bahkan hingga barang tersebut sampai di tangan customer pun memerlukan proses logistic.


Pada akhirnya, fashion menjadi contoh perkembangan yang diikuti oleh perkembangan teknologi. Fashion juga akan terus hidup dalam kehidupan, yang artinya istilah fashion tidak akan pernah ada habisnya. Kemudian, fashion juga akan terus berkembang dan mengeluarkan bentuk atau jenis fashion yang baru, unik, menarik. Dengan fashion juga, setiap individu dapat mengekspresikan dirinya sendiri.

“What you wear is how you present yourself to the world, especially today, when human contacts are so quick. Fashion is instant language.” —Miuccia Prada


Sumber: https://www.kompasiana.com/marcellalie1093/6582a8c8c57afb71cc4fef82/fashion-sebagai- bentuk-komunikasi-diri-kepada-lingkungan.
https://voila.id/blogs/inspiration/style-fashion-ini-bikin-kamu-terlihat-makin-classy


LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...