FAKTOR PRODUKSI,PENGERTIAN, JENIS,DAN TUJUAN



PENGERTIAN 

   Faktor produksi adalah istilah ekonomi yang menggambarkan input yang digunakan dalam produksi barang atau jasa, Faktor-Faktor peoduksi penting untuk dijadikan pertimbangan perusahaan atau produsen dalam mengambil kebijakan. secara sederhana, faktor produksi adalah berbag
ai unsur atau input yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
   dengan kata lain,produksi adalah sumber segala daya yang diperlukan untuki memperlancar proses produksi. Faktor-Faktor produksi ini pada umumnya memiliki pengaruh besar dalam menciptakan barang atau jasa, sehingga harus selalu tersedia.  
     dikutip dari situs web.kementrian pendidikan dan kebudayaan (kamendikpud), faktor-faktor yang digunakan dalam proses produksi diantaranya sunber daya alam (SDA), sumebr daya manusia (SDM), sumber daya modal, dan sumber daya pengusaha atau kewirausahaan.kombinasi faktor-faktor ini berperan penting dalam menentukan apa yang didapat diproduksi, sejauh mna produksi tersebut dapat ditingkatkan dan bagaimana sumber daya dapat dioptimalkan untuk mencapai tujuan ekonomi dan bisnis.

JENIS-JENIS FAKTOR PRODUKSI
  • SUMBER DAYA ALAM
faktor produksi yang paling utama menurut pendekatan secara ekonomi adalah suber daya alam. hal ini karna ketersediaannya mempengaruhi jalannya produksi. meski begitu faktor produksi sumber daya manusia dan modal juga tidak kalah penting.sumber daya alam merupakan potensi alama yang dapat dikembangkan dalam proses produksi untuk memahami kebutuhan manusia beberapa contoh faktor produksi sumberdaya alam diantaranya tanah,air,udara,tumbuhan,hewan,dan bahan tambang.pemanfaatan sumber daya alam sering kali tergantung pada lingkungan geografis dan kondisi ekonomi suatu negara. 
 sumber daya alam yang tidak mendukung kebutuhan perusahaan atau produsen akan membuat biaya produksi naik dan hal tersebut mengakibatkan harga jual tinggi dan tidak kompetitif.

  •  SUMBER DAYA MANUSIA 

Faktor produksi sumber daya manusia atau yang bisa disebut sebagai tenaga kerja juga sangat dibutuhkan untuk proses produksi tenaga kerja artinya pekerjaan manusia yang melibatkan dalam produksi. tenaga kerja menusia merupakan segala kegiatan manusia baik jasmani maupun rohani dalam proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa tenaga kerja dapat di bagi menjadi tiga kelompok yaitu tenaga kerja terdidik,tenega kerja terampil, dan tenaga kerja tidak terdidik dan idak terlatih.

  • SUMBER DAYA MODAL

Modal adalah sebuah barang fisik yang digunakan dalam produksi. Modal tidak harus berupa uang, namun juga berupa mesin,peralatan,bangunan,kendaraan,dll. dalam pengertian ekomi, modal adalah barang atau hasil produksi yang digunakan untuk menghasilkan produk lebih lanjut untuk menjalakan bisnis.modal adalaha hal yang mutlak harus dimiliki oleh produsen.

  • SUMBER DAYA TEKNOLOGI

Teknologi mencakup metode, proses, dan pengetahuan yang digunakan dalam produksi. kemajuan teknologi dapat mengubah cara produksi berlangsung dan meningkatkan produktivitas.

TUJUAN FAKTOR-FAKTOR PRODUKSI

Faktor produksi memiliki tujuan utama dalam kontek ekonomi, yang melibatkan produksi barang barang dan jasa. tujuan utama dari faktor produksi adalah sebagai berikut:

  • MENGHASILKAN BARANG DAN JASA

Tujuan paling penting mendasar dari faktor produksi adalah menciptakan barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat.faktor produksi, seperti tenaga kerja, modal, dan sumber daya alam, digunakan bersama-sama dalam proses produksi untuk menghasilkan berbagai produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

  • MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

 Faktor produksi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas produksi. ini berarti mencoba menghasilkan lebih banyak barang atau jasa dengan menggunakan jumlah yang sama atau lebih sedikit dari faktor-faktor produksi. produktivitas yang lebih tinggi dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  •  MENGOPTIMALKAN PENGGUNA SUMBER DAYA

Salah satu tujuan penting faktor produksi adalah mengoptimalkan pengguna sumber daya yang tersedia. ini termasuk memastikan bahwa tanah, tenaga kerja, dan modal digunakan secara efisien dan berkelanjutan untuk mendukung produksi jangka panjang.

  • MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA

 Faktor produksi, khususnya tenaga kerja, berperan dalam menciptakan lapangan kerja, untuk membantu mengurangi tinggakat pengangguran dan meningkatkan pendapat masyarakat.


 

  •  MENGHASILKAN KEUNTUNGAN

Dalam konteks perusahaan atau usaha bisnis, tujuan faktor produksi adalah untuk menghasilkan keuntungan. faktor produksi seperti modal,digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada biaya produksi, sehingga menciptakan keuntungan

 


 



LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...