Cara Mengatasi Tantangan Dalam Pengiriman Fashion Siap Pakai Dari Garmen




    Memperluas bisnis garment siap pakai dalam skala besar ke pasar luar negeri merupakan suatu tugas yang berat. Pembuatan dan pengiriman garmen siap pakai memiliki kelebihan dan kekurangan. 

    Disatu sisi, ini memungkinkan untuk memperluas klien ritel dengan lebih cepat dan juga dapat membuat dan dapat mengurangi pemain tengan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan jika dapat membuat dan menjual pakaian jadi.

    Membawa produk garment siap pakai ke pasar luar negeri bukan hanya tentang mengurus langkah langkah dasar pengiriman pakaian. ada hal hal yang perlu dipertimbangkan dan beberapa langkah yang perlu diambil untuk menjaga keberlangsungan bisnis dan membangun rantai pasokan gament siap pakai yang sukses ke pasar dalam negeri maupun luar negeri.

    Artikel ini akan membahas tantangan tantangan tersebut secara lebih rinci sehingga para calon eksportir garment siap pakai dapat dengan mudah memasuki pasar dunia. 


Tenggat waktu yang ketat merupakan keteraturan yang penting dalam pengirimn fashion siap pakai


    Seringkali produsen Garment mendapatkan waktu tunggu yang sangat singkat untuk memenuhi pengiriman Tenggat waktu adalah bagian dari proses pengiriman. Setiap bisnis terkadang berada dalam keadaan harus mengatasi tenggat waktu yang ketat untuk memenuhi kebutuhan klien. 

    Tetapi dalam hal ini pengiriman fashion siap pakai adalah hal yang berbeda.  perlu dipahami bahwa klien tidak bertanggung jawab pengadaan fashion siap pakai sebagai bisnis yang sensitive terhadap waktu.

     Jadi tenggat waktu yang ketat dan waktu tunggu yang singkat menjadi prasyarat bisnis pengiriman garmen pakaian jadi. Ada beberapa cara yang dapat menyesuaikan dan memodifikasi bisnis untuk memenuhi putaran cepat pengiriman barang fashion siap pakai ini.


Meningkatkan Kapasitas Produksi




    Meningkatkan kapasitas produksi harus sesuai dengan potensi klien yang dilayani.Peningkatan kapasitas dilakukan dengan beberapa cara, antara lain perubahan metode kerja, penyediaan material supply maupun re-layout sederhana agar proses produksi menjadi lebih efisien dan hasil produksi bertambah. 


Menjaga semua pilihan pengiriman untuk selalu siap dan menemukan mitra jasa pengiriman yang tepat



    Produsen garment perlu memepertimbangkan opsi pengiriman dan waktu transit masing masing untuk memastikan pengiriman fashion siap pakai tersebut dapat tiba ditujuan tepat waktu. Salah satu pilihan pengiriman terbaik adalah angkutan jalur laut dibandingkan angkutan darat atau angkutan udara.

     Angkutan laut dapat mengirimkan kiriman garment dalam jumlah besar ke pasar luar negri. Pengiriman menggunakan angkutan laut dapat diandalkan dan lebih menghemat biaya. Namun, dalam beberapa kasus waktu transit angkutan laut lebih lama dan menjadi hambatan bagi pengiriman fashion siap pakai.

    Oleh karena itu, produsen  garment tidak perlu membatasi operasi pengiriman hanya menggunakan angkutan laut saja. Terutama bisnis yang menangani pesanan siap pakai harus memiliki angkutan udara untuk memastikan tidak ada tenggat waktu yang terlewat.

    Agar pengiriman berhasil produsen harus menemukan jasa pengiriman yang ahli dalam pengiriman garment karena mereka akan mampu menyesuaikan dan mengakomodasi kiriman produk sesuai dengan intruksi yang diberikan. 


Penarikan produk dan biaya logistik untuk fashion siap pakai


    Didalam kontrak dengan klien, produsen garmen seringkali harus memberikan klien hak untuk penarikan kembali produk jika produk tersebut tidak memenuhi standar yang ditentukan. 

    Hal ini sering terjadi pada pengiriman fashion siap pakai. Perbedaan gradasi warna atau perubahan pola dari design yang diberikan klien dan masi banyak lagi. Semua ini adalah kekurangan yang menjadi dasar penarikan produk.

    Produsen harus siap secara mental dan operasional untuk penarikan produk. Produsen harus menanggung risiko ini jika ingin mendapatkan prospek yang menguntungkan dari bisnis fashion garmen.

    Produsen perlu memperhitungkan biaya biaya yang dikeluarkan untuk mengembalikan pengiriman logistic yang ditarik kembali. Oleh karena itu perusahaan perlu mencari rencana alternative untuk produk fashion yang ditarik kembali untuk meminimalisisr kerugian.


Pemilihan mengemas produk dengan kemasan yang tepat



    Pengemasan hal yang sangat penting dalam pengiriman, produsen harus memikirkan kemasan ini untuk jangka Panjang dan jangka pendek dengan segala kondisi. Kemasan harus kuat dan efisien melindungi produk sehingga produk dalam keadaan baik dan aman saat diterima oleh klien.

    Seperti produk dengan bahan satin yang halus dan sangat rentan terhadap kerutan, maka lebih baik untuk memesan wadah GOH (Garment On Hanger).kelebihan dengan posisi menggantung menggunakan GOH yaitu klien dapat langsung menjualnya tanpa mengatasi kerutan pada pakaian. 

    Tetapi, kemasan GOH tidak semua pakaian bisa memakainya. Seperti produk yang terbuat dari jersey, rajutan atau kain elastis lainnya harus dilipat dan dikemas dalam kotak pakaian.


Menjaga koleksi garment tetap aman dan memanfaatkannya secara efektif



    Untuk mencapai pengiriman garmen siap pakai yang sukses, perlu membuata atau menyimpan stok garmen tetap aman agar dapat memastikan tidak terjadi keterlambatan dalam rantai pasokan.

    Agar rantai pasokan pengiriman fashion berhasil dan efektif design stok fasion harus selaras dengan mode dan tren target pasar. dan juga stok harus berisi koleksi produk fashion yang tidak ketinggalan jaman.

    Cara lain untuk mengamankan koleksi fashion adalah dengan membuat produk yang dianggap "abadi" didunia mode dan tidak pernah tertinggal jaman seperti kameja berkancing dan celana jeans.


Menemukan mitra kerjasama yang tepat


    Produsen harus menemukan mitra yang tepat untuk diajak bekerja sama. seperti memiliki importir catatan berpengalaman pada tim kerja yang dapat menangani pengiriman garment ke berbagai tujuan diseluruh dunia.

    Bekerja sama dengan jasa importir atau IOR yang benar benar profesional, Jasa importir  yang berpengalaman akan sangat berguna untuk mengirimkan produk fashion siap jadi ke setiap pelabuhan tujuan dengan tetap memperhatikan undang-undang beacukai dan tarif impor masing masing.


Sekian cara untuk mengatasi masalah pengiriman pengiriman fashion siap pakai dari garment.


Referensi

Major Challenges of Ready-Made Garment/Fashion Shipping By Logistic GCE

https://gcelogistic-com.translate.goog/major-challenges-of-ready-made-garment-fashion-shipping/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc



LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...