Cara kerja Logistik Dan E- Commerce fashion bekerja secara bersamaan?

Bagaimana logistik dan e-commerce bekerja secara bersamaan?Dan apa hubungan antara fashion dengan logistik?

\



Untuk menjawab pertanyaan diatas diketahui bahwa logistik dan rantai pasok adalah bagian dari satu sama lain yang berhubungan dan terikat. Rantai pasok dan logistik akan sama sama tidak berguna apabila tidak dipindahkan dari hulu ke hilir.Sehingga mereka bergantung antar satu sama lain.

Untuk memberikan informasi kepada pembaca,saya akan memberikan salah satu contoh yaitu Wal-Mart, perusahaan nomor satu berdasarkan pendapatan dan perusahaan fisik terbesar. Lalu ada Amazon yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar didunia yang sama sama saya ambil berdasar pendapatan dan  kapitalisasi pasar yang lebih dari satu triliun dolar nilainya.

Namun ternyata Amazon satu kali lebih maju dibanding Wal-Mart karena dapat menghemat waktu dan secara logistik lebih efisien untuk mengirim barang dengan mengklik satu tombol. Sedangkan Wal-Mart tidak menerapkan kebijakan yang sama seperti Amazon. Jadi,lebih ekonomis dan efisiensi perusahaan Amazon yang dapat memangkas biaya produksi logistik jauh lebih banyak.

Untuk memahami lebih dalam bagaimana cara kerja logistik dengan e-commerce ,gunakan kembali Amazon sebagai contoh yang mana Amazon bekerja sama dengan FBA.  Beberapa produsen yang jumlah nya sangat banyak menghubungi Amazon agar dapat memajangkan produk mereka ,Setelah karyawan amazon mengecek beberapa produk an cocok dengan spesifikasi amazon lalu teknisinya akan menampilkan produk secara online,sambil menampilkan algoritma khusus untuk menampilkan produk fashion atau produk lainnya. Setelah itu para konsumen yang memesan biasanya memberi ulasan penilaian atas apa yang telah dibeli dan digunakan oleh konsumen. Maka bila semakin banyak yang membeli produknya maka semakin banyak pula produk yang akan dapat ditampilkan dan makin meningkat pula pendapatan produsen.

Setelah konsumen melakukan pemesanan pada Amazon selanjutnya Amazon akan memberi tahu produsen bahwa terdapat pemesanan dari konsumen yang masuk agar produsen dapat mempersiapan  produk fashion atau produk lainnya untuk segera di pick-up oleh truck Amazon. Rute yang akan dilalui nya biasanya Truck Amazon akan membawa barang dari produsen menuju ke DC khusus Amazon yang disebut rumah pemenuhan. Untuk komisi yang dibayarkan produsen  biasanya bervariasi tergantung dari produknya.

Alasan produk yang diangkut dari produsen harus menuju DC khusus Amazon adalah untuk mencapai efisiensi logistik dan pemotongan biaya dalam hal penyortiran  dan pengemasan agar dapat menjangkau pelanggan dengan tepat dan memberikan kualitas yang baik.

Untuk menjelasakan pertanyaan mengenai  apa hubungan antara fashion dengan logistik?  Sebetulnya dalam rantai pasok melibatkan tiga poin utama yaitu keandalan,volatilitas dan frekuensi. Rantai pasokan adalah jaringan terkoordinasi perusahaan dan layanan bisnis yang terlibat dalam pengadaan, manufaktur, pengiriman, penyimpanan, dan penjualan produk. Aktivitas rantai pasokan meliputi perancangan produk, pengadaan bahan mentah dan suku cadang, evaluasi dan pemilihan pemasok, perencanaan permintaan, manufaktur, pengiriman (termasuk transportasi dan manajemen armada), pergudangan, dan pengelolaan pesanan pelanggan. Rantai pasokan saat ini sering kali tersebar di seluruh dunia, mencakup aktivitas perdagangan seperti bea cukai, tarif, dan penyeberangan perbatasan

Untuk memamhami nya  akan saya bahas mulai dari bahan ,mentah,misalnya kapas,Dalam bisnis fashion ini terdapat ketidakstabilan seperti dalam penilaian benih kapas, Pasokan air dan pupuk,tenaga kerja yang bekerja di bidang pertanian,hama bahkan pestisida apa yang akan digunakan petani untuk menjual hasil panennya ke perusahaan fashion. Perusaan fashion biasanya akan beroperasi di berbagai titik untuk dapat memproduksi fashion dan mereka memiliki resiko dengan kapas itu sendiri dan lindung kontrak.

Jelasnya seorang petani tidak menjual ke pabrik secara langsung namun ke distributor terlebih dahulu . Begitupun dengan distributor fashion mereka akan menjual ke distributor kecil lalu akan menjual ke distributor besar yang berada dikota. Lalu akan menjual kepada pelanggan akhir. Sebagai catatan bahwa rantai pasok diukur dengan kekuatan rantai terlemah.
 
Terdapat beberapa cara utama logistik untuk dapat memungkinkan dekarbonisasi distribusi fashion yaitu 

1. Mengurangi limbah melalui visibilitas rantai pasokan.

Meskipun menghindari kehabisan stok sangatlah penting, beberapa perusahaan memproduksi produk berbulan-bulan sebelumnya (kelebihan stok) untuk memastikan bahwa stok mencapai lokasi  gudang yang membutuhkannya meskipun pengiriman mereka mengalami gangguan atau penundaan. Namun, visibilitas rantai pasokan yang lebih baik dapat memberikan kendali yang di inginkan oleh perusahaan fashion, sehingga mereka dapat menghilangkan kebutuhan untuk memproduksi terlalu banyak di awal, yang berpotensi menyebabkan produk tidak terjual.

2, Memberikan kejelasan mengenai cakupan tiga emisi bisnis.

pertama perusahaan harus memahami kondisi emsi perusahaan saat itu dan hal ini merupakan tugas yang berat ketika bekerja sama dengan banyak penyedia layanan. Namun,perusahaan dapat memulai perjalanan mereka yang menuju visibilitas secara ;enih nyata dalam bekerja sama dengan mitra yang  menawarkan layanan  pada pelacakan emisi.

3. Menegaskan kembali untuk menentukan moda reansportasi yang dapat berdampak lebih rendah.

Salah satu manaat terbesar bekerja sama dengan para penyedai logistik terintegrasi adalah perushaan dapat bereaksi dengan cepat terhadap informasi baru dan memberikan respons yang telah sesuai untuk menyesuaikan pengiriman yang mungkin akan berpengaruh oleh penundaan atau dengan mudah dapat dimasukkan ke dalam perjalan transportasi baru.







LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...