BTS: Brand Ambassador
yang Banyak Mengubah Fashion di Berbagai Negara
Sebelumnya
siapa sih yang ga kenal BTS di zaman fashion music Korea yang sudah masuk ke
seluruh dunia saat ini? Lalu, bagaimana bisa BTS yang populer dapat berhubungan
dengan industri Logistik? Ya, BTS adalah boygrup pertama dari Korea Selatan
yang berhasil memasuki panggung Musik dan Fashion Dunia. BTS sendiri dibentuk
pada 12 Juni 2013 oleh agensi BigHit Entertaiment yang sekarang nama itu
berubah menjadi HYBE Labels, mereka beranggotakan 7 orang, yaitu RM, Jin, Suga,
J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. Mereka hanyalah boygrup biasa di awal debut
mereka, namun karena usaha dan kinerja mereka mampu membuat mata dunia tertuju
kepada mereka. Merek pertama yang berhasil BTS promosikan setelah debut ialah
“PUMA”.
Pada
tahun 2015, BTS diumumkan sebagai Brand Ambassador global PUMA. Kolaborasi yang
dibuat ini melibatkan kampanye dan desain khusus dari BTS dan untuk beberapa
produk PUMA. Dengan nama yang cukup melejit di tahun itu, sangat banyak orang
yang kemudian mengikuti gaya berpakaian anggota BTS, baik itu dari kalangan
remaja, dewasa maupun orang tua. Hal ini tentu saja memberikan dampak positif
yang sangat besar kepada kedua belah pihak.
Setelah
kontrak dengan PUMA di tahun 2020 selesai, BTS kemudian kembali membuka
Ambassador untuk Brand yang akan mereka promosikan. Brand fashion yang masuk
setelah itu ialah FILA dan Louis Vuitton. Selain itu, mereka juga membuka
Ambassador brand untuk para membernya, dimana para member memiliki kesempatan
untuk dapat mempromosikan langsung barang promosi secara pribadi. Member-member
yang menjadi ambassador tersebut ialah RM dengan Bottega Veneta, Suga dengan
Valentino, Jimin dengan Dior, Jungkook dengan Calvin Klein, J-Hope dengan Louis
Vuitton, dan V dengan CELINE. Maka, dengan adanya kolaborasi-kolaborasi ini
tentu saja dibutuhkan industry logistik untuk pemasaran produk-produk tersebut.
Potrait BTS Sebagai Ambassador PUMA
Sumber:
https://images.app.goo.gl/Je8Gzy1V3oyaXnHd7
Pada
pertengahan antara 2015-2020 BTS mendapatkan nama yang cukup besar di dunia,
sehingga mampu membuat nama merek PUMA dikenal oleh banyak orang, baik itu dari
kalangan remaja maupun dewasa. Mereka mampu memberikan peningkatan penjualan,
dampak visual, ataupun pengaruh yang signifikan pada produk PUMA. PUMA sendiri
telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan logistik untuk memenuhi
permintaan yang tinggi ini. Perusahaan-perusahaan tersebut harus bekerja keras
untuk memastikan bahwa produk-produk kolaborasi BTS tiba di tempat tujuan tepat
waktu dan dalam kondisi yang baik.
Potrait BTS Sebagai Ambassador FILA
Sumber: https://images.app.goo.gl/Av1PtfifT5jdHQNx5
Kolaborasi
BTS dan FILA tidak hanya sukses secara komersial, tetapi juga memiliki dampak
positif secara sosial. Hal ini tentu saja karena BTS memiliki basis penggemar
yang sangat besar di seluruh dunia. Setiap kali BTS merilis produk kolaborasi
baru, permintaannya selalu sangat tinggi. Maka dari itu BTS mampu memberikan
beberapa pencapaian penjualan ketika menjadi ambassador brand ini, yaitu Kolaborasi
BTS dan FILA yang menyebabkan peningkatan penjualan produk FILA secara global.
Pada tahun 2020, penjualan FILA di Asia meningkat sebesar 25%, dan penjualan di
Amerika Serikat meningkat sebesar 15%. Kemudian, Kolaborasi BTS dan FILA juga
telah meningkatkan citra merek FILA sebagai merek yang modern, trendi, dan
terjangkau. BTS dikenal dengan gaya mereka yang kasual dan sporty, yang sejalan
dengan citra merek FILA.
Potrait BTS Sebagai Ambassador Louis Vuitton
Sumber:
https://images.app.goo.gl/9kHyTREVrCuJ3GcQ6
Koleksi BTS dengan Louis Vuitton dirilis pada
tahun 2021 dan mencakup berbagai item pakaian, seperti kaus, jaket, dan celana.
Koleksi ini menampilkan desain yang modern dan trendi, dengan sentuhan gaya
khas BTS. Salain itu, terdapat pula koleksi aksesoris BTS dengan Louis Vuitton
yang mencakup berbagai aksesoris, seperti topi, syal, dan tas.
Aksesoris-aksesoris ini menampilkan desain yang stylish dan glamor, dengan logo
BTS yang ikonik. Perlu diketahui pula bahwa kolaborasi ini telah menjadi salah
satu kolaborasi paling sukses dalam sejarah, dan telah memberikan dampak positif
terhadap kedua belah pihak.
Selain group yang memegang brand untuk di promosikan, para member juga sukses untuk menjadi Ambassador dari setiap Brand yang mereka promosikan secara pribadi. Kolaborasi yang mereka berikan tentu memberikan manfaat kepada kedua belah pihak, juga sangat banyak pencapaian yang mereka dapatkan dari promosi barang tersebut. BTS dinobatkan pula sebagai boygroup tersukses di dunia dalam menjadi Brand Ambassador dari produk-produk ternama dunia.
Pengaruh
BTS dalam industri fashion juga telah memberikan dampak pada industri logistik.
Kolaborasi-kolaborasi BTS telah menyebabkan meningkatnya permintaan pengiriman
produk-produk fashion ke berbagai negara di seluruh dunia. Kolaborasi BTS dengan
brand-brand ternama telah menjadi contoh bagaimana industri logistik dapat
memanfaatkan pengaruh budaya pop untuk meningkatkan kinerjanya. Kolaborasi-kolaborasi
ini telah menunjukkan bahwa produk-produk yang dibintangi oleh idola populer
dapat menarik minat konsumen seperti para fans-nya dari berbagai kalangan.
Tentu saja hal ini dapat menjadi peluang yang sangat besar bagi
perusahaan-perusahaan logistik untuk mengembangkan bisnisnya dan menjangkau
pasar yang lebih luas.
Pengaruh
BTS dalam industri logistik di dunia fashion diperkirakan akan terus meningkat
di tahun-tahun yang akan mendatang. Kolaborasi BTS dengan berbagai merek
ternama akan terus meningkatkan permintaan pengiriman produk-produk fashion ke
berbagai negara di seluruh dunia yang tentu saja hal ini membutuhkan industri
logistik didalamnya.