BESARNYA PELUANG KARIR UNTUK MAHASISWA DI BAGIAN LOGISTIK

 

 Pendahuluan

    Industri logistik Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat sebagai akibat dari munculnya berbagai bisnis online dan marketplace. Perkembangan ini menunjukkan bahwa industri ini memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa pendekatan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam melakukan kegiatan logistik. Dibutuhkan lulusan manajemen logistik yang mahir untuk menjawab tantangan tersebut.

    Jurusan Manajemen logistik mungkin masih asing bagi sebagian orang. Beberapa tahun belakangan, jurusan tersebut baru masuk ke dalam teknik industri ini. saat ini, logistik telah menjadi bidang yang memerlukan perhatian khusus karena sejarah pertumbuhan ekonomi yang semakin kompleks, seperti produktivitas produk yang dihasilkan bisnis, cara pengiriman, penyimpanan, dan pengelolaan hasil produk secara menyeluruh membutuhkan perawatan khusus dan ketat.

Apasih itu logistic ?

Logistik merupakan manajemen aliran barang dan jasa antara titik asal dan titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (Yasseri, Sumi, Rung, Kornai, & Kertész, 2012). Manajemen logistik adalah bagian dari manajemen rantai pasokan, yang mencakup merencanakan, menerapkan, dan mengendalikan aliran dan penyimpanan barang, jasa, dan informasi terkait secara efisien dan efektif antara titik asal dan titik konsumsi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari metode pengiriman, penyimpanan, dan distribusi produk, serta cara mengelola biaya dan risiko dalam proses logistik. Mereka juga akan mempelajari teknologi otomatisasi yang digunakan dalam manajemen logistik.

Peluang Karir Mahasiswa dibagian Logistik ?

Jurusan Manajemen Logistik membuka peluang karir yang menarik diberbagai industri. Berikut adalah beberapa pilihan karirnya :

1. Manajer Rantai Pasokan (Supply Chain Manager)



    Sebagai manajer rantai pasokan kita akan bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian seluruh proses rantai pasokan.

2. Manajer Transportasi (Transportation Manager)

    Untuk mengawasi semua aspek transportasi dan distribusi barang, seperti memilih metode transportasi, perencanaan rute, dan manajemen armada.

3.  Manajer Persediaan (Inventory Manager)

    Orang yang bertanggung jawab atas manajemen inventaris Perusahaan yang akan memantau stok, menghitung pemesanan, dan memastikan bahwa barang tersedia secukupnya.

4. Manajer Gudang (Warehouse Manager)

    Manajer Gudang akan bertanggung jawab atas semua operasi gudang, termasuk penyimpanan, pemindahan, dan distribusi barang.

 5. Manajer Layanan Pelanggan (Customer Service Manager)

    Beberapa lulusan manajemen logistik dapat bekerja di departemen layanan pelanggan, terutama di perusahaan yang berfokus pada kepuasan pelanggan dalam rantai pasokan.

6. Spesialis Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Specialist)

     Sebagai spesialis Manajemen Rantai Pasok Mahasiwa akan diberikan wawasan yang mendalam dalam dan fokus pada area tertentu dalam rantai pasokan, seperti perencanaan persediaan, analisis data, atau manajemen.

7.  Konsultan Logistik (Logistics Consultant)

    Dikenal sebagai konsultan logistik untuk perusahaan konsultan maupun secara mandiri. Mereka memberikan saran strategis, membantu implementasi perubahan, dan membantu perusahaan meningkatkan efisiensi operasi logistik mereka.

8, Pengusaha

    Beberapa lulusan manajemen logistik memilih untuk mendirikan bisnis mereka sendiri, seperti perusahaan konsultan logistik atau perusahaan pengiriman lokal.

Alasan memilih Logistik ?

Terdapat beberapa alasan Mahasiswa memilh jurusan Manajemen Logistik, yaitunya :

1. Prospek kerja yang luas dan menjanjikan

    Lulusan manajemen logistik memiliki banyak peluang pekerjaan karena mereka sangat dibutuhkan di hampir semua industri. Misalnya, industri perdagangan, manufaktur, dan jasa membutuhkan profesional yang dapat mengelola aliran barang dan jasa dengan efisien dan efektif.

2. Peluang karir yang menjanjikan

    Lulusan Jurusan Manajemen Logistik dapat mengejar berbagai pekerjaan, seperti manajer logistik, analis logistik, atau konsultan logistik.

3.  Kemampuan analitis yang kuat

    Lulusan manajemen logistik akan mampu merencanakan dan mengkoordinasikan aktivitas dalam proses logistik serta menganalisis data untuk mengejar efisiensi proses.

4. Kemampuan untuk menguasai teknologi informasi dan otomatisasi.

    Dalam Jurusan Manajemen Logistik membantu memahami teknologi informasi dan otomatisasi yang digunakan dalam manajemen logistik, seperti sistem pemantauan pengelolaan inventerori.

 Universitas dengan jurusan Manajemen logistic ?

    Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), yang merupakan kampus milik PT POS Indonesia. ULBI adalah salah satu dari delapan perguruan tinggi BUMN yang bergabung dalam Aliansi Perguruan Tinggi (Aperti) BUMN, dan kini menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang berfokus pada pengetahuan tentang logistik, manajemen rantai pasokan, e-commerce, dan bisnis.
    Salah satu Program Studynya adalah manajemen logistik yang memiliki banyak peluang karir. Lulusan program ini diharapkan memiliki kemampuan akademik dan praktis dalam menyelesaikan masalah, merancang, menganalisis, menerapkan, dan meningkatkan kinerja sistem logistik.
 

Kesimpulan

Lulusan jurusan logistik memiliki peluang kerja yang luas di berbagai industri, seperti perusahaan ekspor impor, transportasi dan distribusi, industri migas, pergudangan, industri manufaktur, jasa pelayanan logistik, lembaga konsultan dan lainya. Lulusan dapat bekerja di berbagai posisi manajemen logistik di industri manufaktur, distribusi, dan layanan logistik. Jurusan Manajemen Logistik juga menawarkan peluang karir yang menarik bagi mereka yang tertarik dalam mengelola aliran barang dan informasi secara efisien. Oleh karna itu, sebagai Mahasiswa tentunya harus bisa mengembangkan ilmu Logistik yang mereka pelajari agar bermaanfat untuk masa depan dan menghasilkan generasi Logistik yang kebih maju.


A  About me : https://s.id/Syamza-Hawa

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...