Artikel Traveling terkait di Bidang Logistik

 Destinasi Wisata di Sumut


Keindahan alam yang menawan



1. Daya tarik yang luar biasa

Danau Toba, terletak secara megah di  pegunungan Sumatera Utara, memukau dengan keindahan dan skalanya yang luar biasa. Pemandangan pegunungan  hijau disekitarnya menambah pesona dan ketenangan.


2. Pulau Samosir

Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan. Dikelilingi oleh perairan dan tanaman hijau, pulau ini menampilkan keunikan kehidupan masyarakat  Batak setempat dan kearifan lokalnya.

Luas Pulau Samosir sekitar 63.000 hektar atau sekitar 640 kilometer persegi. Pulau Samosir memiliki luas hampir sama dengan  Singapura, sekitar 72.150 hektar. Pulau ini terletak di ketinggian 1.000 meter. Sebelum  pemekaran, Pulau Samosir termasuk dalam wilayah Kabupaten Toba-Samosir (Tobasa). Setelah  pemekaran, Pulau Samosir menjadi kabupaten tersendiri yang diberi nama Kabupaten Samosir


3. Keindahan matahari terbenam

Menyaksikan matahari terbenam di atas Danau Toba adalah pengalaman yang ajaib. Warna senja yang terpantul di  danau menciptakan suasana  romantis dan tak terlupakan.


Petualangan alam yang tak terlupakan


1. Bukit Holbung:


Salah satu daya tarik utama Bukit Holbung adalah pemandangannya yang menakjubkan. Dari puncak bukit, akan disuguhi panorama alam yang indah. Detikers bisa menyaksikan perbukitan hijau, pemandangan Danau Toba, dan langit biru yang luas. Apalagi saat matahari terbit atau terbenam, pemandangan ini menjadi semakin spektakuler dengan warna-warni yang indah. Bagi para petualang, Holbung Hills juga memiliki jalur pendakian yang menantang. Mendaki gunung akan memberi Anda pengalaman  mendalam tentang alam sekitar. Ingatlah untuk membawa perlengkapan pendakian yang sesuai dan berhati-hati sepanjang perjalanan.

Selain mendaki ke puncak bukit, sebagian besar wisatawan juga mengunjungi bukit ini untuk berkemah. Biasanya tempat camping yang paling populer adalah di puncak gunung yang paling dekat dengan pintu masuk. Bermalam di kawasan perbukitan ini sambil berkemah merupakan pengalaman yang sangat berkesan. Detikers bisa menikmati segarnya udara  malam dari atas bukit sambil menikmati keindahan alam yang tiada habisnya. Namun sayangnya tidak ada tempat untuk menyewa tenda dan perlengkapan camping di sini camp lain. Jadi ingatlah untuk membawa perlengkapan berkemah  sendiri  jika ingin bermalam di sini.


2. Sibea bea


Bukit Sibea-bea sebenarnya merupakan tempat wisata religi bagi umat Kristiani, karena tujuan utamanya adalah untuk memajang patung Yesus. Patung Yesus di Bukit Sibea-bea diperkirakan tingginya sekitar 61 meter. Ketinggian ini menjadikannya patung Yesus tertinggi di dunia. Patung ini diharapkan  menjadi simbol Samosir dan melampaui tinggi  patung Yesus Kristus Penebus yang terkenal di Rio de Janeiro, Brasil, yang tingginya hanya sekitar 30 meter.

Sebelumnya, Indonesia juga mempunyai patung Yesus yang telah meninggal. Burake tingginya 23 meter di Toraja, Sulawesi Utara dan patung Yesus Pemberkatan di Manado tingginya 30 meter. Bukit Sibea-bea menjadi terkenal bahkan sebelum dibuka resmi. Memang masyarakat mau tidak mau dibuat takjub dengan keindahan dan keindahan alam Danau Toba lewat foto-foto yang tersebar di media sosial. Foto-foto tersebut memperlihatkan  jalan berlatar alam  aspal berkelok-kelok dan tanjakan terjal. Jalur ini kemudian menjadi jalur utama wisatawan untuk mencapai destinasi wisata religi, patung Yesus Kristus  di puncak bukit. Melalui jalur ini, pengunjung dapat menyusuri hijaunya Danau Toba dan indahnya pemandangan hijau perbukitan.

Budaya yang kaya dan menarik

1. Tor-Tor dan Sigale-Gale

Upacara tradisional Batak seperti Tor-Tor (tarian tradisional) dan Sigale-Gale (patung kayu  bergerak) merupakan warisan budaya yang menarik. Pengunjung dapat menyaksikan  bahkan berpartisipasi dalam upacara ini.


2. Museum Huta Bolon Simanindo

Museum ini adalah jendela  masa lalu Batak. Pameran  mendalam termasuk seni tradisional, peralatan rumah tangga, dan sejarah lisan membantu memperkaya pemahaman kita tentang budaya Batak.


Kuliner Klasik di Danau Toba

1. Saksang




Sangsang (baca: saksang) adalah masakan khas  Batak] yang terbuat dari daging babi, anjing atau  kerbau yang dipotong kecil-kecil dan dibumbui, kemudian dimasak dengan  darah  hewan yang disembelih.daging (margota) atau bumbu-bumbu biasa diolah tanpa darah (naso margota). Rempah-rempah yang terdapat pada bumbu saksang antara lain: jeruk purut dan daun salam, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai, merica, serai, jahe, lengkuas, kunyit dan andaliman.

 Karena mengandung daging babi atau anjing. dan darah, maka hidangan ini tidak halal menurut ajaran Islam atau ajaran agama yang tidak memperbolehkan memakan daging babi, daging anjing atau darah. Lazimnya dalam pesta pernikahan adat Batak, tamu-tamu muslim dipisahkan dari penyajian hidangan dan prasmanan hidangan khas Batak.


2. Ikan Mas Arsik.

Ikan mas arsik atau dalam bahasa Batak Dekke Na Niarsik merupakan masakan khas Batak Toba artinya ikan kering yang dimasak. Ikan arsik ini merupakan simbol anugerah kehidupan  masyarakat Batak. Ikan arsik disajikan dalam sejumlah ritual dalam siklus hidup masyarakat Batak, seperti  saat perkawinan dan persalinan. Dekke Na Niarsik  diberikan dengan harapan agar yang menerima ikan tersebut suci hati dan jiwanya. hati dan jiwamu. perilaku. Ukuran ikan yang digunakan seringkali berbeda-beda pada setiap orang. Dari siku hingga ujung jari  merupakan dimensi terpanjang dari ikan ini. Sedangkan ukuran terkecil adalah sepanjang satu setengah  tangan orang dewasa. Sejak ikan ini mulai langka, kini digantikan oleh ikan mas. Selain hemat biaya, ikan mas juga mudah dipelihara. Ikan ini wajib selalu hadir dalam upacara adat Batak.


Akses Kendaraan Logistik dan Transportasi Menuju ke Danau Toba

1. Jalur laut

Pelabuhan Ajibata

Berdasarkan surat Camat Ajibata, Bupati Toba Nomor: 300/451/Trantib-Ajb/2023 tentang ajakan gotong royong untuk aksi bersih, PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Danau Toba melakukan aksi sendiri yang bekerjasama dengan berbagai instansi seperti Basarnas, Puskesmas Ajibata, Kecamatan Ajibata dan masyarakat sekitar Pelabuhan Ajibata. Kegiatan aksi bersih ini fokus pada pembersihan wilayah yang luas. pengelolaan sampah plastik  dan pemeliharaan taman di lingkungan Pelabuhan Ajibata. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Danau Toba  menjaga kebersihan lingkungan pelabuhan untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa yang ingin berkunjung ke Pelabuhan Ajibata.


2. Jalur Udara 

Bandara Silangit

Silangit bukanlah bandara biasa. Bagi wisatawan, dibukanya bandara ini memungkinkan mereka mencapai destinasi wisata Danau Toba dengan sangat mudah. Bandara SIlangit terletak di Siborongborong, Kabupaten Tapanuli, Sumatera Utara. Hingga saat ini, siapa pun yang ingin berkunjung ke Danau Toba harus menempuh perjalanan 6 hingga 8 jam jika berkendara dari Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara dan melintasi Pelabuhan Kota Parapat sekitar satu jam  jika ingin menikmati keindahan Danau Toba. . Pulau Samosir.

LihatTutupKomentar

Review : Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice.

  Judul Perencanaan rute dan jadwal pengiriman es kristal untuk meminimasi biaya distribusi di PT Bandung Ice. ...